Mengatasi Port Interface Mikrotik Tidak Menyala

Mengatasi Port Interface Mikrotik Tidak Menyala. Selamat siang sobat, kali ini saya akan share tutorial ringan dan sederhana, tapi meskipun sederhana agar saja bermanfaat ya, saya sempat menemui beberapa kasus dimana routerboard mikrotik baik itu type RB750 maupun RB951Ui-2HnD lampu LED port interface nya tidak menyala sama sekali padahal PC yang dihubungkan ke RB tersebut status nya connected, hemmm .. kenapa ya kok dapat gitu ?

Usut punya usut hasilnya saya menemukan beberapa solusi yg dapat sahabat coba untuk mengatasi port interface pada routerboard mikrotik yang tidak menyala sama sekali. Solusinya apa saja ? silahkan disimak sob.

Cara mengatasi port interface mikrotik tidak menyala

Solusi pertama, login ke routerboard mikrotik via winbox, klik hidangan System > LEDs > klik tanda plus [+] untuk menambahkan. Ada 3 parameter yang harus di tentukan yaitu :
Type = interface activity
Interface = ether2 (isi dengan port interface yang akan di aktifkan)
LEDs = led2 (sesuaikan dengan interface yg akan di aktifkan)
Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.


Lakukan langkah diatas sebanyak port interface yang akan di aktifkan bila sudah, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan konfigurasi.

Sekarang sahabat coba cek lagi, seharusnya port interface routerboard yang tercolok kabel sudah nyala ibarat sebelumnya. Kalau belum nyala juga gimana sob ?

Solusi terakhir, bila dengan cara diatas masih belum nyala juga port interface routerboard nya sahabat harus netinstall routerboard mikrotik-nya, untuk tutorial netinstall akan saya bahas di lain waktu. 

Kesimpulan

LED pada port interface router mikrotik yang tidak berfungsi atau tidak menyala akan menyulitkan bagi kita untuk memilih apakah port interface tersebut bermasalah atau tidak, alasannya ialah LED pada port interface router mikrotik mempunyai fungsi untuk mengidentifikasi bahwa port tersebut dalam keadaan connected dengan perangkat jaringan yang lain atau tidak.

Demikian pembahasan sederhana pada kesempatan kali ini, terimakasih sudah berkunjung, bila ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah.

artikel menarik lainnya :
Cara konfigurasi dasar router mikrotik
Mengamankan port router mikrotik dengan protocol ARP

0 Response to "Mengatasi Port Interface Mikrotik Tidak Menyala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel