Cara Setting Email Dan Kirim Email Di Router Mikrotik

Cara setting email dan kirim email di router mikrotik - Mikrotik merupakan router yang handal dan multifungsi, didalamnya terdapat cukup aneka macam fitur yang sanggup dipakai baik untuk keperluan konfigurasi, troubleshoot maupun untuk keperluan monitoring.

Salah satu fitur yang cukup bermanfaat yaitu email, router mikrotik sanggup dikonfigurasi supaya mengirimkan email baik untuk keperluan backup konfigurasi router secara berkala, self-monitoring dengan watchdog, maupun monitoring host lain dengan netwatch.
Untuk itu kita perlu melaksanakan konfigurasi email pada router supaya router sanggup mengirimkan notifikasi melalui email sesuai dengan yang kita inginkan.

Fitur email pada router mikrotik sanggup dibilang cukup lengkap dan sanggup diandalkan, alasannya yakni kita sanggup leluasa untuk memilih dari alamat mana dan ke alamat mana pesan email tersebut akan dikirimkan, selain itu email yang dikirimkan juga sanggup dilengkapi dengan attachment.

Setting Email di Router Mikrotik

Pada tutorial ini saya memakai akun email dari Gmail sebagai pengirim dan akan dikirimkan ke akun email Yahoo untuk pertanda bahwa router mikrotik sanggup mengirimkan email lintas platform.

Pertama, siapkan akun Gmail (username dan password) yang akan kita gunakan untuk mengirimkan email dari router mikrotik.

Oh ya, apabila kita mengirimkan email dengan akun gmail melalui router mikrotik, maka secara otomatis akan diblok oleh google, ini alasannya yakni kita login ke akun gmail bukan melalui platform resmi milik google (Gmail) melainkan melalui router mikrotik, hal itu akan dianggap tidak kondusif oleh google sehingga akan diblok.

Untuk itu kita perlu melaksanakan sedikit pengaturan untuk mengijinkan supaya akun Gmail sanggup login dari perangkat / aplikasi lain selain platform Gmail, caranya klik tautan dibawah ini.
https://myaccount.google.com/lesssecureapps
Lalu aktifkan tombol Izinkan aplikasi yang kurang aman, menyerupai teladan gambar dibawah. Namun sebelumnya teman harus membaca baik-baik peringatan dan juga resiko yang mungkin saja terjadi akhir dari mengaktifkan pengaturan ini.

Cara setting email dan kirim email di router mikrotik Cara Setting Email dan Kirim Email di Router Mikrotik

Kalau sudah, kini kita sanggup mengkonfigurasi akun Gmail pada router mikrotik, klik sajian Tools > Email kemudian lakukan konfigurasi menyerupai ini.

  • Server : 74.125.200.109 
  • Port : 587
  • Start TLS : Yes
  • From : Nama Pengirim
  • User : email_sobat@gmail.com
  • Password : password_gmailsobat

IP address 74.125.200.109 yakni alamat IP dari smtp.gmail.com, sedangkan 587 yakni port SMTP yang dipakai dengan STARTTLS sebagai enkripsinya. Klik tombol Apply untuk menyimpan konfigurasi.
Cara setting email dan kirim email di router mikrotik Cara Setting Email dan Kirim Email di Router Mikrotik


Mengirim Email Dari Router Mikrotik

Pengaturan email di router mikrotik sudah selesai, kini kita test untuk memastikan apakah router sudah sanggup mengirimkan email atau belum? Caranya klik tombol Send Email seperti teladan gambar diatas, sehabis itu akan muncul jendela menyerupai gambar dibawah.

  • TLS : Centang
  • To : email_tujuan@yahoo.com
  • Subject : Test kirim email
  • Body : Email dikirim dari router mikrotik 

Klik tombol Send Email untuk mengirimkan email ke alamat email tujuan.

Cara setting email dan kirim email di router mikrotik Cara Setting Email dan Kirim Email di Router Mikrotik

Kita juga sanggup mengirimkan email dengan melampirkan attachment, caranya klik kolom Files lalu browse dan pilih file apa yang akan dilampirkan.

Setelah mengklik tombol Send Email silahkan cek inbox, apabila ada pesan email masuk menyerupai ini berarti konfigurasi email pada router sudah berjalan dengan baik.

Cara setting email dan kirim email di router mikrotik Cara Setting Email dan Kirim Email di Router Mikrotik

Sampai disini bersama-sama pengaturan email pada router mikrotik sudah selesai, dengan begitu tool email sudah sanggup dikombinasikan dengan tool lain menyerupai scheduler, watchdog maupun netwatch. Tutorialnya sendiri insyallah akan saya posting dalam waktu erat ini.

:
Tutorial cara monitoring host pada jaringan dengan tool netwatch di mikrotik

Makara pastikan teman tidak ketinggalan ya, silahkan berlangganan dengan cara memasukkan alamat email teman pada kolom Subscribe dibawah artikel ini, kami akan mengirimkan notifikasi melalui surel secara otomatis apabila ada artikel / tutorial gres yang diposting diblog ini.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Cara Setting Email Dan Kirim Email Di Router Mikrotik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel