Cara Install Driver Wifi Broadcom Bcm43142 Di Kde Neon

Cara Install Driver Wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon - Beberapa ahad ini saya sempat vakum menulis, dan hari ini insyaallah akan saya sempatkan waktu untuk menulis lagi, awalnya resah mau membahas topik apa, tapi sebab 2 hari yang kemudian saya sempat install ulang laptop, mengganti OS usang adalah Ubuntu ke OS atau Distro KDE Neon, dan sesudah proses instalasi berhasil saya sempat terkejut sebab wifi dilaptop saya tidak otomatis aktif.

Padahal KDE Neon ini merupakan salah satu distro linux turunan dari Ubuntu, menurut pengalaman saya selama ini, Ubuntu (beserta turunannya) merupakan distro linux yang gampang dan instan, bahkan urusan driver wifi sekalipun sudah otomatis aktif saat proses instalasi selesai.

 Beberapa ahad ini saya sempat vakum menulis Cara Install Driver Wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon

Disatu sisi saya sempat bingung, disisi lain saya merasa "Ah wajar, biasa saja", begitu kira-kira. 

Ini sebab chipset wireless yang saya pakai adalah Broadcom BCM43142 yang mana chipset ini dapat dibilang chipset yang tidak linux-friendly, chipset wireless ini merupakan momok bagi para pengguna GNU/Linux sebab belum kompatibel dengan kernel linux.

Sehingga diharapkan perjuangan ekstra biar chipset ini dapat bekerja dengan baik pada operating system berbasis GNU/Linux, beberapa tahun kemudian saya juga sempat menjajal distro terkenal dikalangan pentester adalah Kali Linux dan menemukan problem yang sama menyerupai yang gres beberapa hari ini saya alami saat memakai distro KDE Neon.

: Cara install driver wifi Broadcom BCM43142 di Kali Linux

Oke lanjut, untuk menginstall driver wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengupdate repository, upgrade system, install linux header dan build essential dan terakhir install broadcom-sta-dkms.

Tutorial Install Driver Wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon

Buka konsole terminal, kemudian lakukan update repository dan upgrade system KDE Neon teman melalui konsole dengan perintah berikut.
$ sudo apt-get update && apt-get upgrade
Berikutnya install linux-headers dan juga build-essential dengan perintah berikut.
$ sudo apt-get install linux-headers-$(uname -r) build-essential
Terakhir, install broadcom-sta-dkms.
$ sudo apt-get install broadcom-sta-dkms
Agar chipset wifi teman aktif, teman perlu me-reboot laptop dengan perintah.
$ sudo reboot
Setelah itu teman sudah dapat mengkoneksikan laptop ke jaringan wifi tanpa hambatan. Oh ya, proses instalasi driver wifi ini memakai koneksi internet untuk mendownload paket-paket yang dibutuhkan, untuk itu teman wajib mengkoneksikan laptop terlebih dahulu ke jaringan internet melalui sambungan kabel LAN.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Cara Install Driver Wifi Broadcom Bcm43142 Di Kde Neon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel