Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server Di Docker

Cara Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker - Di artikel sebelumnya kita sudah mempelajari Tutorial Cara Menginstall Web Server Dasar di Docker, dimana hasil jadinya ialah kita berhasil menginstall web server dan membukanya memakai web browser dengan menampilkan goresan pena It Works. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan coba mempelajari bagaimana cara mengubah tampilan default web server pada docker, jadi kita dapat mengubah tampilan default web server sesuai dengan keinginan. Bagaimana caranya ? gampang kok sob, hening aja.

Cara Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker  Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker

Sebelum mempraktekkan bagaimana cara mengubah tampilan default web server di docker, saya akan menjabarkan teknis cara pengerjaannya terlebih dahulu. Jadi, nanti kita akan memakai sebuah opsi perintah di Docker yang namanya mounting a volume/mount a volume. Apa fungsinya ? fungsinya ialah untuk melakukan linking atau menghubungkan sebuah folder / file yang ada di komputer / server menuju ke kontainer Docker. Hemat saya, jadi dengan fitur ini file / folder yang ada di server / komputer orisinil dapat ada juga di kontainer yang diinginkan, mungkin semacam sharing file ya.

Oh ya, mount a volume ini akan dilakukan bersamaan dengan me-runnig kontainer, jadi nanti untuk command saat me-running ada opsi pemanis yaitu " -v ", dilanjutkan dengan sharing folder / file yang ada di komputer / server ke folder tujuan di kontainer dockernya. 

Sebaiknya kita eksklusif praktek saja sob agar gk pusing, disini kita mulai dari tidak punya file / folder yang ingin disharing ya, jadi kita mulai dari nol (kaya slogan SPBU, mulai dari nol ya mas 😄), yang terang pastikan kalian sudah menginstall dockernya terlebih dulu, lha kalo belum install docker gimana mau praktek, ya kan ?



Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker

Untuk mengubah tampilan default web server pada docker caranya mudah, pertama kita harus menciptakan sebuah direktori, nama direktori ini bebas ya sob, diadaptasi saja dengan keinginan, contohnya disini saya menciptakan direktori yaitu belajar-docker, sehabis berhasil menciptakan direktori selanjutnya berpindah ke direktori tersebut.
idris@idris $ sudo mkdir /home/belajar-docker && cd /home/belajar-docker/
Setelah itu buatlah file dengan nama index.html memakai text editor favorit kalian.
idris@idris $ sudo nano index.html
Lalu isi file index.html tersebut dengan script html dibawah, dapat diadaptasi dengan yang kau mau, pola script html yang saya buat.
<!Doctype HTML>
<html>
<head>
<title> Belajar Docker, Virtualisasi Zaman Now !! </title>
</head>
<body>
<center><h2>Belajar Docker, Virtualisasi Zaman Now</h2>
<br/>
Yeaay jadinya saya sukses mempelajari Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker bersama
</center>
</body>
</html>
Lalu simpan file tersebut dengan mengklik save.

Selanjutnya kita dapat eksklusif running / jalankan kontainer web servernya, sekaligus setting tampilan menjadi ibarat yang telah kita buat barusan, jalankan perintah ini.
idris@idris $ sudo docker run -d -v /home/belajar-docker/index.html:/usr/local/apache2/htdocs/index.html httpd
Pastikan tidak ada errornya, kemudian cek apakah sudah berhasil Up atau masih Down dengan perintah berikut.
idris@idris $ sudo docker ps -a
Ingat-ingat namanya ya jangan hingga lupa.

Sebelum kita test di web browser, kita lihat dulu IP Address kontainer nya, cek dengan perintah berikut.
idris@idris $ sudo docker network inspect bridge
Lalu cari sesuai nama kontainer yang tadi diingat, kemudian salin.

Ketikkan IP Address yang telah disalin tadi di web browser, dan pastikan tampilannya sesuai dengan script html yang sudah dibentuk sebelumnya, hasil jadinya akan terlihat ibarat gambar dibawah.

Cara Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker  Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server di Docker
Sampai disini kita sudah berhasil mengubah tampilan default web server pada docker, gampang kan sob ? Oh ya, pada tutorial selanjutnya kita akan mencar ilmu mengenal beberapa perintah dasar pada docker. Oke cukup hingga sini dulu untuk tutorial kali ini sob, terimakasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Mengubah Tampilan Default Web Server Di Docker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel