Remote Router Mikrotik Dengan Ssh Di Ubuntu

Secara default router mikrotik sendiri mempunyai port service yang sudah open, melalui port service ini kita dapat me-remote router mikrotik dan kemudian mengkonfigurasi nya, router mikrotik sendiri dapat kita remote melalui aplikasi winbox, ssh, telnet, ftp bahkan melalui webfig atau remote via web browser, untuk klarifikasi lebih detail mengenai service-service pada router mikrotik sendiri sudah saya posting di artikel sebelumnya yang berjudul mengenal service telnet pada router mikrotik.

 Secara default router mikrotik sendiri mempunyai port service yang sudah open Remote Router Mikrotik dengan SSH di Ubuntu
Image taken from : www.pixabay.com

Sesuai dengan judul artikel, kali ini saya akan membahas cara remote router mikrotik dengan ssh client di ubuntu, kalau di windows untuk melaksanakan ssh client kita dapat memakai tools ssh menyerupai PuTTY, SecureCRT atau tools ssh client lain nya. Lalu bagaimana kalau kita memakai linux terutama ubuntu apakah dapat memakai tools ssh menyerupai PuTTY atau SecureCRT menyerupai yang dapat dilakukan di OS Windows ?

Jawabannya bisa, hanya saja kita harus install aktivitas wine terlebih dahulu biar dapat menjalankan tools client menyerupai SecureCRT di linux ubuntu alasannya ialah software tersebut berekstensi *.exe, tapi tentu saja hal itu sangat merepotkan. Tidak menyerupai OS Windows, di linux sebetulnya sudah tersedia tools untuk telnet client dan ssh client yang dapat kita manfaatkan.

Update !!!
Sekarang software ssh dan telnet client PuTTY sudah dapat di install di OS berbasis GNU/Linux tanpa harus menginstall wine terlebih dahulu, kita hanya perlu mengetikkan perintah sudo apt-get install putty dan software PuTTY pun sudah dapat kita jalankan.

Hampir semua linux user selalu memakai terminal linux dikala bekerja ataupun melaksanakan kegiatan komputasi, alasannya ialah alasan itulah akan lebih mudah dan simple kalau kita melaksanakan remote router mikrotik via ssh maupun telnet eksklusif dari terminal linux saja dan tidak perlu membuka software ssh dan telnet client menyerupai PuTTY misalnya.

Cara Remote Router Mikrotik via SSH di Ubuntu

Kalau sahabat hendak me-remote router mikrotik maupun server, cara nya sangat gampang sekali sob, bagaimana caranya ? Let's check it out..

Buka terminal linux ubuntu kesayangan sahabat dengan cara menekan tombol kombinasi CTRL+ALT+T di keyboard dan ketikan format perintah dibawah ini :
$ ssh username@IP
Cara ini berfungsi bila router mikrotik masih memakai default port 22, referensi :
$ ssh dodi@172.30.0.32 (tekan enter dan masukan password mikrotik sobat)

Lalu bagaimana kalau port ssh di router mikrotik kita sudah dirubah dan tidak memakai default port 22 ? maka perintah yang dipakai pun tentunya berbeda, referensi port 22 kita ganti dengan port 2244. Sobat harus mengetikan perintah dengan format :
$ ssh -l username IP -p 2244
Contoh :
$ ssh -l dodi 172.30.0.32 -p 2244 (tekan enter dan masukan password mikrotik)

Kalau password sudah di masukan dengan benar maka karenanya sahabat sudah dapat login ke mikrotik dengan memakai ssh client di ubuntu.


Kesimpulan


Meskipun router mikrotik dapat kita remote memakai software utility winbox yang sangat memudahkan sekali, tapi dengan ssh kita dapat me-remote dan mengkonfigurasi router mikrotik dengan lebih cepat, efisien dan irit waktu alasannya ialah kita hanya tinggal mengetikkan baris perintah saja tanpa harus klak klik mouse.

:
Cara install winbox di GNU/Linux tanpa wine

Selain ssh kita juga dapat mengkonfigurasi router mikrotik memakai antarmuka baris perintah dengan telnet, tapi saya tidak merekomendasikan nya alasannya ialah protokol telnet ialah protokol yang tidak secure alasannya ialah koneksi yang terjadi tidak diamankan dengan enskripsi sehingga gampang sekali di sniffing dan di sadap.

Ok sob saya rasa cukup hingga disini artikel wacana cara remote router mikrotik dengan ssh client di ubuntu, untuk artikel yang lainnya akan saya posting di lain waktu, semoga bermanfaat :-)

0 Response to "Remote Router Mikrotik Dengan Ssh Di Ubuntu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel