Mengatur Brightness Di Ubuntu 14.04 Lts Secara Permanen


Assalamu'alaikum wr.wb ..

Selamat siang sob, mumpung lagi sedikit nyantai di kantor saya mau share artikel perihal cara mengatur brightness/kecerahan di OS Ubuntu 14.04 LTS, bergotong-royong sudah aneka macam artikel yang membahas ini, tapi tak apalah untuk catatan pribadi saya juga sebetulnya.

 mumpung lagi sedikit nyantai di kantor saya mau share artikel perihal cara mengatur brigh Mengatur Brightness di Ubuntu 14.04 LTS Secara Permanen

Lho bukan nya mengatur tingkat kecerahan layar di Ubuntu 14.04 LTS itu sama saja dengan OS linux lain nya ya sob ? betul, tapi ada beberapa masalah dikala kita sudah men-set tingkat kecerahan layar nya yg sesuai dengan mata kita tapi sesudah di restart dan di nyalakan lagi tingkat kecerahan nya kembali lagi ke angka 100% yang sangat tidak nyaman dan tidak kondusif juga untuk kesehatan mata kita.

Mungkin hampir semua user yang memakai OS Ubuntu pernah mengalami kejadian menyerupai ini ialah dikala kita sudah mengatur tingkat kecerahan yang sesuai dan nyaman dengan mata kita tetapi begitu di restart PC/Laptop nya maka tingkat kecerahan akan kembali menyerupai semula atau kembali ke tingkat kecerahan 100 %, kemudian bagaimana cara mengatasi nya semoga kita dapat men-set kecerahan nya secara permanen ? monggo lanjutkan baca artikel nya sob.

Sebenarnya hal ini tidak mempengaruhi performa komputasi kita tapi jikalau setiap kita menyalakan PC/Laptop dan harus mengatur ulang kecerahan nya tentu sangat menjengkelkan bukan?

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Ubuntu 14.04 LTS

Cara mengatur tingkat kecerahan layar di Ubuntu 14.04 LTS ini cukup gampang sebetulnya, yang perlu kita lakukan hanya menginstall xbacklight kemudian mengatur tingkat kecerahan nya saja sesuai dengan yang kita inginkan, berikut proses install dan juga mengatur tingkat kecerahan layar nya.

Oke sob, eksklusif aja yah ikuti step step-nya di bawah ini, sahabat harus sudah familiar dengan penggunaan syntax atau command di terminal linux khususnya ubuntu. Buka terminal kesayangan sahabat dengan cara tekan tombol CTRL + ALT + T di keyboard dan masukan perintah di bawah ini satu persatu :
$ sudo apt-get install xbacklight
$ sudo gnome-session-properties    
Setelah itu akan muncul jendela Startup Aplication dan klik tombol Add lalu isikan parameter sebagai berikut sob :

Name           : Brightness
Command   : xbacklight -set 40
Comment    : Brightness

Note : xbacklight -set 40, angka 40 ini dapat kita sesuaikan dengan tingkat kecerahan layar yang sesuai dengan keinginan.

Kalau sudah silahkan klik Save dan close jendela Startup Aplication nya.


Masih bermain dengan terminal kesayangan sobat, untuk menerapkan konfigurasi yang sudah di buat silahkan restart PC sahabat dengan mengetikkan perintah :
$ sudo reboot 
Sekarang silahkan check seharusnya setingan sahabat sudah berhasil dihukum oleh system dan berjalan dengan baik, oh iya cara ini dapat diterapkan untuk mengatur tingkat kecerahan di linux mint juga yah sob, selamat mencoba :-)

0 Response to "Mengatur Brightness Di Ubuntu 14.04 Lts Secara Permanen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel