Delisting Ip Address Public Dari Spamhaus

Apa itu Spamhaus ?

Spamhaus yaitu salah satu organisasi nirlaba international yang menangani dilema traffic spam di seluruh dunia, IP Publik yang masuk ke database spamhaus ini dapat jadi rujukan bagi layanan internet lain untuk memblock susukan dari IP Publik kita ke layanan tersebut. Artikel ini aku tulis alasannya yaitu beberapa waktu kemudian aku sempat mengalami IP Publik yang aku gunakan terkena spam yang menyebabkan masuk ke database spamhaus.org.

Indikasi IP Publik Terkena Spam

Indikasi dari IP Public yang terkena spam dan masuk ke blacklist baik itu dari spamhaus, BARRACUDA, RATS NoPtr maupun yang lainnya yaitu kita akan menemukan dimana saat kita membuka sebuah website harus memasukan isyarat verifikasi captha, kesulitan login ke Yahoo Messenger, browsing terasa lambat, tidak dapat mengakses cpanel, bahkan tidak dapat mengirim email keluar yang memakai email dengan domain sendiri baik dengan aplikasi email client menyerupai Ms. Outlook ataupun webmail.

Cara Delisting IP Publik dari Spamhaus

Baiklah mungkin itu sedikit klarifikasi imbas dari IP Publik kita yang masuk ke blacklist spam. Lalu bagaimana cara membersihkan, menghapus atau bahasa keren-nya disebut dengan delisting IP ?

Nah untuk itu disini aku akan jelaskan step by step bagaimana cara delisting IP Publik dari spamhaus, lho kok cuma delisting IP dari spamhaus, kenapa enggak dari BARRACUDA, RATS NoPtr atau yang lain-nya ? Kebetulan kini aku hanya akan menjelaskan cara delisting IP dari spamhaus saja, untuk cara delisting IP dari BARRACUDA dan yang lain-nya akan aku bahas di lain waktu.

Pertama teman harus mengetahui IP Publik yang dipakai yg kebetulan terkena spam, jika belum tahu silahkan masuk ke website whatismyip.com dan otomatis akan muncul IP Publik nya.

Copy IP nya kemudian buka website http://mxtoolbox.com/blacklists.aspx dan paste di kolom yang tersedia kemudian klik tombol MX Lookup untuk mengetahui IP Publik teman masuk ke dalam blacklist apa saja.



Dari rujukan gambar diatas diketahui jika IP Publik nya masuk ke blacklist CBL dan Spamhaus ZEN, untuk menghapus nya silahkan teman masuk ke website http://www.spamhaus.org/lookup/, Masukan IP address nya di kolom Enter an IP Address dan klik tombol Lookup.



Untuk menghapus nya dari blacklist SBL silahkan klik link SBLCSS yang berwarna biru dan teman akan masuk ke halaman menyerupai gambar dibawah ini, masukan IP Publik yang akan di delisting, hostname dari IP Publik nya (ex. hostname.ip.net.id), masukan alamat email dan masukan juga isyarat verifikasi captha kemudian klik tombol Proces.

Note : Email address yang dimasukan harus email address dengan domain sendiri jangan email gratisan dari Yahoo, Gmail, atau Hotmail.


Kalau sudah di klik tombol Process, spamhaus secara otomatis akan mengirimkan email berupa isyarat verification yang nantinya akan kita masukan di kolom Confirmation Code.


Copy Verification/Confirmation Code yang dikirimkan oleh spamhaus ke email teman dan paste di kolom Confirmation Code, untuk kolom IP Address nya harus di isi dengan IP Publik yang sebelumnya telah kita masukan di kolom Blocklist Removal Center. Klik Confirm untuk melanjutkan.


Kalau sudah klik tombol Confirm maka akan muncul halaman yang memberitahukan jika IP address teman sudah sukses di remove dari SBLCSS, teman akan diminta menunggu selama 30 menit biar IP address nya benar-benar bersih, perlu di ingat juga bahwa delisting IP ini tidak bersifat permanen, dalam arti kata jika IP teman terdeteksi melaksanakan spamming maka akan masuk lagi ke database spamhaus dan harus di delisting lagi.


Sekarang silahkan teman check kembali apakah IP nya sudah higienis atau masih terdaftar di database blocklist spamhaus.


Nah sudah dapat di lihat karenanya IP Publik teman sudah berhasil di delisting dari database blocklist spamhaus, dan sudah dapat dipakai untuk send email dan yang lainnya.

Perlu di perhatikan bahwa jika IP address teman sudah sering masuk ke database spamhaus tidak menutup kemungkinan IP address nya akan di blocklist secara permanen, untuk menghindari hal itu sebaiknya pastikan PC user di jaringan teman terbebas dari malware, virus maupun acara spamming yang membahayakan jaringan.



Image source : https://spamemailsexchange.wordpress.com/

0 Response to "Delisting Ip Address Public Dari Spamhaus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel