Mempercantik Terminal Di Linux Ubuntu 14.04

Hallo Sobat .. Gimana kabarnya ? saya harap supaya sehat selalu. Amin

Kali ini saya mau posting tutorial cara mempercantik terminal di linux ubuntu 14.04, kenapa ubuntu 14.04 ? alasannya saya kebetulan memakai OS ubuntu yang versi 14.04 LTS, cara ini juga seharusnya work di versi ubuntu yang lain tanpa ada hambatan.

Apa itu Terminal Linux ?

Terminal ialah command prompt atau shell pada OS berbasis GNU/Linux yang digunakan untuk mengoperasikan komputer memakai antarmuka baris perintah, kenapa harus memakai perintah jikalau kini sudah tersedia GUI di OS berbasis GNU/Linux ? jawabanya alasannya mengoperasikan komputer melalui antarmuka baris perintah jauh lebih cepat dan efisien waktu ketimbang bekerja dengan GUI.

Terminal juga menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang yang gres migrasi dari OS Windows ke OS berbasis GNU/Linux, sebagian orang beranggapan bahwa mengoperasikan komputer dengan antarmuka baris perintah sangat menyulitkan alasannya harus mengetahui perintah-perintah yang akan digunakan nya, jangan takut sob, gotong royong sangat gampang sekali mengoperasikan komputer berbasis GNU/Linux dengan antarmuka baris perintah dan yang kita perlukan hanyalah "kebiasaan" saja.

Ya, apabila kita sudah terbiasa maka semua nya akan terasa mudah, right ? balik lagi ke topik pembahasan artikel kali ini, saya asumsikan sahabat ialah linux user yang hoby berkutat di terminal saat mengoperasikan komputer.

Waduh saya belum terbiasa pakai terminal linux sob, saya belum terlalu paham dengan perintah-perintah di terminal linux sob ! jikalau begitu ada baiknya sahabat mempelajari basic command line linux terlebih dahulu, tutorial nya sudah saya posting juga di blog ini silahkan klik link dibawah ini sob ..

: Perintah-perintah dasar pada terminal linux

Cara Mempercantik Tampilan Terminal Linux

Agar lebih menyenangkan saat kita bekerja atau mengoperasikan komputer dengan terminal linux, sahabat dapat mempercantik tampilan terminal linux dengan menginstall software pihak ketiga ibarat Screenfetch dan Archey, software ini berkhasiat untuk menampilkan gosip berupa OS yang dipakai, versi kernel, CPU, RAM, resolusi layar, GTK theme, icon theme dan lain-lain.

Cara Install Screenfetch di Linux Ubuntu

Langsung saja cara install nya ikuti langkah-langkah dibawah ini :
Untuk install Screenfetch sahabat buka terminal dengan menekan tombol CTRL+ALT+T pada keyboard dan ketikan perintah dibawah ini satu persatu.

$ wget https://raw.github.com/KittyKatt/screenFetch/master/screenfetch-dev $ chmod +x screenfetch-dev $ ./screenfetch-dev 

Agar Screenfetch otomatis berjalan saat kita membuka terminal, maka sahabat harus masuk ke direktori /home kemudian tekan tombol CTRL + H untuk menampilkan file yang di hidden kemudian buka file .bashrc dan tambahkan kalimat ./screenfetch-dev di final kalimat ibarat gambar dibawah ini.


Jika sudah selesai silahkan di save, kini buka lagi terminal kesayangan sahabat dan akhirnya akan terlihat ibarat ini.


Cara Install Archey di Linux Ubuntu

Selain Screenfetch sahabat dapat juga memakai Archey untuk mempercantik tampilan terminal linux, cara install-nya silahkan copy paste perintah dibawah ini ke terminal linux satu persatu.

$ sudo apt-get install lsb-release scrot  $ wget http://github.com/downloads/djmelik/archey/archey-0.2.8.deb  $ sudo dpkg -i archey-0.2.8.deb 

Agar dapat otomatis muncul saat kita membuka terminal caranya sahabat masuk ke direktori /home dan cari file ./bashrc dengan cara tekan CTRL + H, buka file tersebut dan tambahkan "archey" tanpa tanda petik di baris paling bawah.


Oke, selesai hingga disini langkah-langkah cara install Screenfetch dan Archey untuk mempercantik tampilan terminal linux, baca juga tutorial Cara mempercantik terminal linux dengan figlet dan cowsay semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 Response to "Mempercantik Terminal Di Linux Ubuntu 14.04"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel