Cara Install Teamviewer 10 Di Ubuntu Dan Linux Mint

Ada kala-nya kita membutuhkan software atau fitur remote desktop baik itu untuk keperluan remote desktop PC server ataupun sebaliknya, di sistem operasi berbasis GNU/Linux terutama distro linux ubuntu dan turunan nya bersama-sama sudah tersedia software open source untuk keperluan yang satu ini yaitu remmina remote desktop yang kebetulan pernah aku jelaskan di artikel sebelumnya yaitu ihwal cara Remote Desktop Linux Ubuntu dengan Remmina.

nya kita membutuhkan software atau fitur remote desktop baik itu untuk keperluan remote de Cara Install TeamViewer 10 di Ubuntu dan Linux Mint

Bagi teman pengguna setia software remote desktop teamviewer yang enggan memakai remmina tidak perlu kuatir alasannya ialah teamviewer juga dapat di install di OS GNU/Linux, bagaimana caranya ? silahkan simak tutorial ini hingga jawaban sob.

Apa itu TeamViewer ?

Tapi sebelum kita lanjut ke tahap installasi, ada baiknya aku jelaskan sedikit apa itu teamviewer ? Teamviewer ialah salah satu software remote desktop yang mempunyai kegunaan untuk keperluan meremote PC baik server maupun client dari jarak jauh seperti kita sedang mengendalikan PC tersebut secara langsung.

Kenapa Harus Pakai TeamViewer ?

Sebetulnya cukup banyak software untuk keperluan remote desktop selain teamviewer misalnya RealVNC, UltraVNC maupun remmina remote desktop client yang di khususkan untuk pengguna distro GNU/Linux.

Tapi kelebihan yang paling menonjol dari teamviewer ialah yang pertama yaitu cross platform yang berarti dapat di install pada semua system operasi baik sistem operasi desktop maupun mobile, dan yang kedua teamviewer ialah software remote desktop yang umum dipakai oleh dominan pengguna komputer dikarenakan akomodasi penggunaan nya.

Cara Install TeamViewer di Ubuntu dan Linux Mint

Kalau sudah mengetahui fungsi serta kelebihan software remote desktop teamviewer kini kita lanjut ke tahap installasi nya, pada artikel kali ini aku hanya akan membahas tutorial install teamviewer di distro linux basis debian dan ubuntu saja. Untuk distro lain insyaallah akan aku posting di lain waktu :-)

Cara Install TeamViewer di Linux 32 Bit

Buka terminal linux dengan cara menekan tombol kombinasi Ctrl+Alt+T lalu install gdebi package installer dengan cara dibawah ini, tapi jikalau sudah ada silahkan abaikan saja.
$ sudo apt-get install gdebi
Download dan install teamviewer nya dengan command berikut
$ wget download.teamviewer.com/download/version_10x/teamviewer_linux.deb
$ sudo gdebi teamviewer_linux.deb

Cara Install TeamViewer di Linux 64 Bit

Kalau linux aku 64 Bit bagaimana ? teman perlu menambahkan arsitektur 32 Bit (i386) nya terlebih dahulu dengan cara :
$ sudo dpkg --add-architecture i386
$ sudo apt-get update
Install gdebi package installer, lalu download teamviewer nya dan install dengan perintah berikut :

$ sudo apt-get install gdebi 
$ wget download.teamviewer.com/download/version_10x/teamviewer_linux.deb  
$ sudo gdebi teamviewer_linux.deb
Kalau terjadi error ketika proses installasi, coba fix dengan mengetikkan perintah berikut di terminal

$ sudo apt-get install -f
$ sudo apt-get autoremove --fix-missing

Cara Menghapus TeamViewer di Ubuntu dan Linux Mint

Kalau sudah di install tapi teman merasa tidak nyaman atau tidak cocok dengan software teamviewer, teman dapat dengan gampang menghapus nya dari sistem linux yang teman pakai. Untuk menghapus teamviewer dari linux teman dapat mengetikkan perintah berikut di console terminal.
$ sudo apt-get remove teamviewer*
Praktis bukan ? kelebihan teamviewer dibandingkan dengan remmina remote desktop yaitu dapat kita gunakan untuk me-remote OS lain menyerupai Ms. Windows dan lain-lain. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Install Teamviewer 10 Di Ubuntu Dan Linux Mint"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel