Cara Menciptakan Background Moc Transparan

Selamat malam sahabat Venturaz's Blog !

Sesuai dengan judul nya artikel aku kali ini akan membahas bagaimana cara menciptakan background moc transparan. Ya, moc (music on console) yakni sebuah aplikasi pemutar music berbasis CLI (command line interface) yang berjalan di terminal linux selain ringan tentunya ada pengalaman tersendiri dikala kita memutar music lewat terminal, disini aku tidak akan membahas cara install dan penggunaanya sebab untuk cara install moc sudah pernah aku jelaskan di artikel sebelumnya perihal cara Memutar music di terminal linux dengan MOC, silahkan sahabat install terlebih dulu aplikasi moc nya.

Kalau sahabat sudah berhasil menginstall aplikasi moc, secara default tampilan interface moc akan berwarna biru dikala sahabat membuka nya, sebenarnya sahabat dapat mengganti tema moc dengan menekan tombol kombinasi   Shift+T namun kekurangan nya yakni dikala sahabat membuka aplikasi moc nya lagi otomatis tampilan nya akan kembali berwarna biru, sangat menyebalkan bukan ?

Saya sendiri lebih suka tampilan moc dengan transparan, kemudian bagaimana caranya menciptakan background pada moc menjadi transparan ? sahabat dapat lanjutkan membaca goresan pena ini hingga selesai !

Cara Membuat Background MOC (Music on Console) Transparan

Untuk menciptakan background pada moc transparan kita harus mengubah nya melalui terminal, pertama buka terminal linux sahabat dan buat file config di dalam folder .moc dengan perintah berikut
$ cd /.moc/
$ gedit config
Masukkan baris perintah dibawah dan bila sudah silahkan save kemudian close file config-nya
XTermTheme = transparent-background
Kalau sudah di save file config-nya secara otomatis background pada moc sudah jadi transparan, akan tetapi semoga tidak terjadi error kita harus mengubah hak saluran nya terlebih dahulu dengan mengeksekusi perintah ini di terminal
$ chmod 755 /home/nama_user/.moc/config 
Selesai.. kini silahkan sahabat buka kembali moc nya bila berhasil tampilan nya akan menjadi transparan menyerupai gambar dibawah ini.

 Sesuai dengan judul nya artikel aku kali ini akan membahas bagaimana cara menciptakan backgr Cara Membuat Background MOC Transparan

Praktis bukan ? silahkan dicoba sob.

Kesimpulan

MOC (Music on Console) yakni salah satu music player berbasis CLI yang dapat kita install di distro GNU/Linux, masih ada beberapa music player berbasis CLI yang dapat kita jalankan melalui console terminal linux diantaranya ncmpcpp dan nvlc (yaitu vlc media player versi CLI).

Dari segi fasilitas penggunaan nya sebenarnya sama saja antara moc, nvlc maupun ncmpcpp. Namun ketiga nya mempunyai fitur yang berbeda sehingga sahabat dapat menentukan untuk memakai music player yang mana yang sesuai dengan impian sobat.

Kalau sahabat menginginkan fasilitas dikala proses installasi-nya, sahabat dapat memakai moc dan nvlc, tapi bila sahabat ingin memakai music player berbasis CLI yang lebih advance silahkan pilih saja music player ncmpcpp.

artikel menarik lainnya sob :
Memutar music di terminal linux dengan nvlc
Cara install mpd dan ncmpcpp di ubuntu dan linux mint

Semoga bermanfaat :-)

0 Response to "Cara Menciptakan Background Moc Transparan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel