Cara Install Desktop Budgie Di Ubuntu 16.04

Budgie yaitu DE (Desktop Environment) flagship yang secara default sudah tersedia khusus untuk distro linux Solus OS dan memang desktop ini bab daripada project Solus OS, desktop budgie di design sebagai desktop linux yang modern dengan mengedepankan design yang simple dan elegan, desktop ini di bangkit from scratch atau dibagun dari awal dan terintegrasi dengan GNOME Stack.


Berikut rujukan screenshoot desktop budgie yang sudah berhasil di install di ubuntu.

 flagship yang secara default sudah tersedia khusus untuk distro linux Solus OS dan memang Cara Install Desktop Budgie di Ubuntu 16.04

Gimana sob, manis kan ? jikalau teman tertarik untuk menginstall desktop environment budgie khas distro linux Solus OS di ubuntu, silahkan simak tutorial ini hingga selesai. Tapi sebelum lanjut ke proses installasinya akan lebih baik jikalau teman mengetahui keunggulan beserta fitur yang di hadirkan pada desktop ini.

Fitur Unggulan Desktop Budgie

Ada 2 (dua) fitur unggulan dari desktop ini yang berdasarkan saya berbeda dari desktop yang lain. Fitur yang saya maksud ini yaitu Budgie Menu dan Raven yang di design dengan modern dan mempunyai fungsionalitas yang baik.

BUDGIE MENU
Desktop Budgie menawarkan menu yang intuitif yang memungkinkan akses cepat ke program yang sudah teman install, ada 2 pilihan tampilan sajian pada desktop budgie, yaitu tampilan berdasarkan kategory menyerupai tampilan sajian khas desktop cinnamon dan juga tampilan sajian mode compact views, teman dapat mengatur nya eksklusif pada Raven.

RAVEN
Raven yaitu action center khas desktop budgie yang terletak disebelah kanan desktop, raven dapat teman susukan dengan mengklik icon notification pada taskbar sebelah kanan bawah, dengan adanya action center raven khas desktop budgie ini ada beberapa hal yang dapat teman lakukan dengan cepat :

  • Mempermudah untuk mengakses gosip menyerupai kalender, volume suara, mengontrol media player menyerupai musik, dan banyak lagi melalui Applets View.
  • Melihat notifikasi aplikasi dan sistem di sajian Notifications.
  • Melakukan kustomisasi desktop budgie dengan cepat menyerupai mengubah GTK Themes, Icon Themes, Cursor Themes, Fonts dan lain-lain.
  • Menambah, menghapus, dan memodifikasi panel dengan mudah.
  • Memungkinkan susukan cepat ke pengaturan sistem, me-restart, logout dan shutdown.

Cara Install Desktop Budgie di Ubuntu 15.10 dan 16.04 LTS

Desktop budgie dapat di install di distro linux ubuntu based dengan menambahkan PPA repository budgie-remix terlebih dulu, untuk menambahkan PPA repository budgie-remix dan menginstall desktop budgie versi terbaru (versi terbaru dikala saya menulis artikel ini yaitu  10.2.7) pada ubuntu 15.10 atau 16.04 LTS, silahkan teman buka terminal linux dan ketikkan perintah dibawah ini satu-persatu :
$ sudo add-apt-repository ppa:budgie-remix/ppa
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install budgie-desktop
Setelah berhasil di install silahkan logout dan login lagi ke ubuntu nya, kemudian di login screen session list teman pilih Budgie Desktop. Berikut screenshoot desktop budgie yang sudah berhasil di install di Ubuntu 16.04 milik saya.

 flagship yang secara default sudah tersedia khusus untuk distro linux Solus OS dan memang Cara Install Desktop Budgie di Ubuntu 16.04

Cara Uninstall Desktop Budgie

Setelah menginstall dan memakai desktop budgie sebagai desktop environment di ubuntu, saya cukup puas dengan lingkungan desktop ini alasannya yaitu terkesan simple, fresh dan tentunya elegan. Semoga saja teman nyaman memakai DE ini, tapi jikalau merasa kurang nyaman teman dapat meng-uninstall nya dengan cara menghapus PPA repository nya terlebih dulu.
$ sudo apt-get install ppa-purge
$ sudo ppa-purge ppa:budgie-remix/ppa
Setelah berhasil menghapus PPA repository nya kini teman dapat menghapus desktop budgie nya dengan mengetikkan perintah berikut diterminal
$ sudo apt-get remove budgie-desktop
Selesai. Oh ya, entah kenapa saya menemukan adanya bug yang cukup mengganggu yaitu dikala klik kanan di desktop datang tiba mouse sama sekali tidak berfungsi, saya belum tahu apakah bug ini cuma di laptop saya atau teman linuxers lain juga mengalamai nya, jikalau teman mengalami hal yang sama dengan saya silahkan ditulis di kolom komentar yah teman ;)

:


Source references :
https://solus-project.com/budgie/
https://scrapdesignsbydonna.blogspot.com//search?q=

0 Response to "Cara Install Desktop Budgie Di Ubuntu 16.04"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel