Cara Menginstall Font Di Gnu/Linux

Cara Menginstall Font di GNU/Linux - Ketika menciptakan sebuah dokumen memakai software pengolah kata menyerupai Ms. office, WPS Writer ataupun LibreOffice, penggunaan font style sangat penting sekali supaya dokumen yang kita buat dapat terlihat rapi dan bagus. Kalau teman memakai distro linux terkadang ada beberapa font yang secara default tidak terinstall.
Contoh perkara saya menciptakan dokumen memakai aplikasi pengolah kata WPS Writer dan saat ingin memakai font Clear Sans ternyata font tersebut tidak ada dan tidak dapat dipakai, kemudian bagaimana solusi nya ? tentunya saya harus menambahkan atau menginstall font yang saya butuhkan secara manual supaya dapat digunakan.

: Cara install WPS office di linux Elementary OS

Cara Praktis Menginstall Font di GNU/Linux

Sebetulnya menginstall fonts apapun di GNU/Linux caranya sama saja, yaitu download, extract, copy paste folder font yang sudah di extract kemudian update font nya. Tapi alasannya yaitu di tutorial ini kita akan menginstall font Clear Sans jadi langkah pertama download dulu font nya DISINI.

Kalau sudah di download buka folder daerah font hasil download tadi berada, klik kanan dan pilih Extract Here untuk meng-extract nya.

 Ketika menciptakan sebuah dokumen memakai software pengolah kata menyerupai  Cara Menginstall Font di GNU/Linux

Setelah di extract kita harus memindahkan folder font hasil extract tadi ke directory /usr/share/fonts/truetype, supaya lebih gampang kita lakukan via terminal saja alasannya yaitu untuk memindahkan folder font tersebut ke directory /usr/share/fonts/truetype diperlukan privileges sebagai user root.

Buka terminal linux teman kemudian masuk ke directory daerah folder font hasil extract tadi berada, kemudian ketik perintah berikut di terminal.
$ sudo mv clear-sans/ /usr/share/fonts/truetype/
Terakhir update fonts nya dengan mengetikkan perintah berikut
$ sudo fc-cache -fv
Font sudah berhasil di install tinggal teman pakai sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat.

artikel menarik lainnya sob :
Perintah - perintah dasar di GNU/Linux
Kamus inggris - indonesia berbasis CLI di linux

0 Response to "Cara Menginstall Font Di Gnu/Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel