Cara Membuka File Epub Di Linux

EPUB merupakan format file standar terbuka untuk buku digital atau e-book yang dikembangkan oleh International Digital Publishing Forum (IDPF).  Pada umumnya e-book biasanya memakai format pdf (Portable Document Format) dan dapat dibuka dengan software pdf viewer.

Namun membaca e-book dengan format pdf berdasarkan penulis kurang nyaman dikarenakan file berformat pdf cenderung kaku dan tidak responsif, maksud nya yakni teks pada e-book tidak dapat menyesuaikan ukuran layar secara otomatis.

Nah, salah satu kelebihan format ePub ini yakni memungkinkan teks pada e-book dapat menyesuaikan dengan layar secara otomatis, contohnya kita membuka file ePub dengan smartphone, netbook, notebook maupun tablet maka teks dari e-book yang kita baca otomatis mengikuti ukuran layar device yang kita gunakan.

Menarik bukan ? pada kesempatan kali ini saya akan memposting tutorial bagaimana membuka file berformat ePub pada sistem operasi berbasis GNU/linux, sebenarnya ada beberapa software yang dapat dipakai untuk membuka file ePub pada linux, namun di tutorial ini saya hanya akan membahas salah satu saja yaitu Calibre.

Sebelum membahas cara installasi calibre di linux dan juga membuka file ePub dengan calibre, berikut yakni tampilan dari software calibre dikala membuka file e-book berekstensi .epub .

 EPUB merupakan format file standar terbuka untuk buku digital atau e Cara Membuka File ePub di Linux

Cara Install Calibre di GNU/Linux

Kebetulan OS yang saya pakai yaitu Ubuntu 16.04 LTS, dan calibre sudah tersedia di repository ubuntu, jadi untuk menginstallnya pun cukup gampang tinggal buka terminal dan ketikkan perintah berikut pada terminal :
sudo apt-get install calibre
Tunggu hingga selesai

Cara Membuka File ePub Dengan Calibre

Setelah berhasil di install kini teman dapat membuka file e-book berformat ePub memakai software calibre, berikut langkah-langkah nya.

Silahkan buka file manager lalu masuk ke folder daerah dimana file ePub tersebut berada, jika sudah ketemu klik kanan file ePub-nya > pilih properties -> klik tab Open With, pada tab Open With kita dapat menentukan aplikasi yang akan dijadikan aplikasi default dikala membuka file berformat ePub.

Karena aplikasi atau software yang akan dijadikan aplikasi default untuk membuka file ePub yakni calibre maka pilih E-Book Viewer pada opsi Recomended Applications terakhir klik tombol Set as default.

 EPUB merupakan format file standar terbuka untuk buku digital atau e Cara Membuka File ePub di Linux

Double klik file ePub nya dan balasannya akan terlihat menyerupai teladan gambar dibawah ini, dikala kita resize jendela aplikasi calibre nya maka teks yang ada didalam nya akan secara otomatis mengikuti ukuran jendela aplikasinya.

 EPUB merupakan format file standar terbuka untuk buku digital atau e Cara Membuka File ePub di Linux

Selain berfungsi sebagai software ePub viewer, calibre juga mempunyai banyak kelebihan yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Gratis tanpa berbayar
  • User interface yang friendly
  • Bisa mengubah isi konten menyerupai teks pada sebuah e-book
  • Bisa dipakai untuk meng-convert file pdf menjadi epub
  • Bisa mengubah metadata dari file ePub yang dibuka dengan calibre
  • Dan lain-lain

Keren bukan ? demikian sedikit ulasan perihal software calibre dan juga tutorial cara membuka file ePub di linux memakai calibre, biar bermanfaat.


Source references :
https://support.google.com/books/partner/answer/3316879?hl=id

0 Response to "Cara Membuka File Epub Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel