Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik

Package (bahasa indonesia disebut paket) yakni fitur atau modul yang ada pada routeros mikrotik, semua paket yang ada pada routeros mikrotik dapat kita aktifkan (enable) dan non-aktifkan (disable), bahkan setiap paket dapat di install maupun di uninstall. 

Untuk melihat daftar package atau paket yang ada pada router mikrotik silahkan cek dengan cara klik hidangan System > Packages atau mengetikkan perintah /system package print di new terminal mikrotik. 

 yakni fitur atau modul yang ada pada routeros mikrotik Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik

Dari hasil diatas dapat dilihat bahwa ada 10 package yang terinstall di router mikrotik, salah satu package yaitu ipv6 dalam keadaan disable atau dinonaktifkan. Kita dapat meng-enable dan mendisable package yang ada sesuai kebutuhan. Contoh, saya ingin mengaktifkan fitur ipv6 alasannya yakni akan saya pakai di router, maka saya dapat mengaktifkan nya supaya dapat digunakan.

Untuk meng-enable dan mendisable package di router mikrotik dapat dilakukan baik melalui winbox maupun command line via terminal mikrotik, berikut tutorial nya.

Cara Enable Package Mikrotik via Winbox

Karena alasan fasilitas kita dapat meng-enable maupun disable package via winbox, pada tutorial ini saya mencontohkan bagaimana meng-enable dan mendisable package ipv6 pada router mikrotik.

Pertama, login ke router mikrotik via winbox dengan cara mengakses IP address router memakai winbox, kemudian klik menu System > Packages dan akan terlihat ibarat gambar dibawah.

Package yang sedang dalam kondisi disable biasanya akan terlihat blur, untuk meng-enable nya silahkan klik package tersebut kemudian klik tombol Enable. Setelah mengklik tombol Enable maka akan muncul pesan scheduled for enable ini berarti package yang kita enable tidak akan dihukum oleh router sebelum router di reboot.

 yakni fitur atau modul yang ada pada routeros mikrotik Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik

Agar package yang di enable dapat dijalankan oleh router mikrotik, silahkan reboot router dengan cara klik hidangan System > Reboot atau ketikkan perintah /system reboot pada terminal mikrotik.

Untuk memastikan package yang di enable berhasil dijalankan oleh router silahkan login kembali ke router mikrotik, alasannya yakni pada teladan tutorial ini saya meng-enable package ipv6 maka secara otomatis akan muncul di hidangan sebelah kiri winbox ibarat gambar dibawah.

 yakni fitur atau modul yang ada pada routeros mikrotik Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik

Cara Disable Package Mikrotik via Winbox

Apabila teman ingin mendisable package alasannya yakni alasan tidak digunakan misalnya, caranya cukup gampang sob tinggal login ke router mikrotik kemudian klik hidangan System > Packages selanjutnya klik package yang diinginkan, dan klik tombol Disable.

Sama ibarat dikala meng-enable package, dikala proses mendisable pun akan muncul pesan yaitu scheduled for disable yang mengharuskan teman me-reboot router supaya package yang di disable berhasil di jalankan oleh router.

Lihat gambar dibawah.

 yakni fitur atau modul yang ada pada routeros mikrotik Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik

Selanjutnya lakukan reboot router dengan cara klik hidangan System > Reboot atau mengetikkan perintah /system reboot di new terminal mikrotik. Apabila router sudah selesai di reboot maka package nya otomatis berhasil di disable.

Untuk memastikan package tersebut sudah berhasil di disable masuk ke menu System > Packages, bila terlihat ibarat gambar dibawah berarti package sudah berhasil di disable.

 yakni fitur atau modul yang ada pada routeros mikrotik Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik

Cara Enable Disable Package Mikrotik via Terminal

Kalau teman lebih suka mengkonfigurasi router mikrotik via command line atau terminal silahkan ketikkan perintah dibawah ini untuk enable dan disable package mikrotik.

Command untuk enable package mikrotik
/system package enable ipv6; system reboot
Command untuk disable package mikrotik
/system package disable ipv6; system reboot

Kesimpulan 

Dengan memakai command line atau perintah untuk enable dan disable package ibarat diatas berdasarkan saya jauh lebih efisien waktu, alasannya yakni hanya tinggal mengetikkan baris perintah saja maka router akan eksklusif meng-enable / disable package tanpa harus klak klik mouse.

Pada tutorial selanjutnya saya akan membahas cara install dan uninstall package di router mikrotik sebagai lanjutan dari tutorial ini. Semoga bermanfaat.


0 Response to "Tutorial Cara Enable Disable Package Mikrotik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel