Cara Downgrade Routeros Mikrotik

Cara Downgrade RouterOS Mikrotik - Downgrade routeros mikrotik dilakukan apabila versi routeros terbaru mempunyai kekurangan atau performance router jadi tidak maksimal sesudah di upgrade ke routeros versi terbaru, atau teman merasa tidak nyaman dan kurang familiar dengan routeros terbaru, maka teman dapat mengambil opsi untuk mendowngrade routeros ke versi yang lebih lama.

 Downgrade routeros mikrotik dilakukan apabila versi routeros terbaru mempunyai kekurangan  Cara Downgrade RouterOS Mikrotik

Sebelum mendowngrade teman harus download modul routeros nya terlebih dulu di link berikut https://mikrotik.com/download/archive, teman juga harus memastikan bahwa modul routeros yang di download sudah sesuai dengan arsitektur processor yang dipakai oleh router. Untuk arsitektur processor nya sendiri ada beberapa pilihan diantaranya yaitu : mipsbe, mipsle, smips, ppc/powerpc, x86 dan tile.

Sedangkan untuk mengetahui jenis arsitektur processor yang dipakai pada router caranya tinggal dilihat pada bab atas winbox ketika me-remote router mikrotik nya, atau dapat juga melihatnya di sajian System > Resources untuk melihat resource router secara detail dan lengkap.

Cara Downgrade RouterOS Mikrotik

Setelah mengetahui jenis arsitektur yang dipakai oleh router, silahkan download versi routeros yang diinginkan dengan meng-klik link yang sudah saya kasih diatas. 


Sobat harus men-download routeros combined package, apa itu combined package ? combined package ialah paket routeros dengan file ber-esktensi (dot)npk. Contohnya ialah : routeros-mipsbe-6.34.5.npk menyerupai teladan gambar diatas.

Apabila modul routeros berhasil di donwload, kini kita harus meng-upload nya ke router, caranya tinggal drag and drop saja modul routeros nya dari windows explorer ke sajian Files pada winbox jikalau teman memakai sistem operasi windows.

Sedangkan jikalau teman pengguna sistem operasi selain windows, FTP Client untuk meng-upload modul routeros nya, dapat memakai FileZilla atau FTP Client lainnya, sesudah berhasil di upload silahkan lihat pada sajian Files di winbox.

Hasilnya akan terlihat menyerupai ini :


Pada teladan ini saya men-downgrade routeros dari versi 6.38.5 ke routeros versi 6.34.5, jikalau sudah terlihat di sajian Files berarti modul routeros sudah berhasil di upload, untuk menginstall nya cukup gampang sob.

Silahkan klik sajian System > Packages pada winbox lalu klik tombol Downgrade menyerupai gambar dibawah, tunggu beberapa ketika hingga router reboot sendiri.


Kalau router sudah selesai reboot silahkan login kembali ke router via winbox, untuk memastikan modul routeros berhasil di install klik menu System > Packages, disini kita dapat melihat versi routeros sudah berhasil di downgrade. 

Kesimpulan

Saya sarankan apabila jaringan teman sudah stabil dengan memakai versi routeros tertentu, sebaiknya dipertahankan saja untuk memakai versi routeros tersebut dikarenakan setiap versi mempunyai kelebihan dan kekurangan, jadi jangan sering upgrade dan downgrade versi router sob.

Oh ya, untuk tutorial cara upgrade routeros mikrotik akan saya publish lain waktu di blog ini. Jadi, pastikan teman terus mengunjungi blog ini ya, biar bermanfaat :-)

0 Response to "Cara Downgrade Routeros Mikrotik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel