Cara Backup Dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik

Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik - Backup dan restore yaitu salah satu teknik untuk menyimpan konfigurasi router mikrotik apabila suatu ketika router mikrotik kita ter-reset, error atau rusak, tujuan dari backup dan restore konfigurasi mikrotik yaitu untuk mempermudah apabila router mengalami kerusakan atau kita mengganti router usang dengan router yang gres tanpa harus mengkonfigurasi router dari awal.

Kenapa Kita Harus Backup Konfigurasi Router Mikrotik ?

Coba sahabat bayangkan ketika konfigurasi pada router sudah sangat banyak namun tiba-tiba router ke-reset atau lupa password yang mengharuskan router di install ulang dengan netinstall sehingga semua konfigurasi hilang, apa yang harus kita lakukan ? Tentu saja kita harus mengkonfigurasi ulang router, akan tetapi dengan konfigurasi ulang secara manual akan memakan waktu yang lama, nah dengan adanya file backup kita tidak perlu repot mengkonfigurasi router dari awal alasannya yaitu kita hanya perlu me-restore nya saja supaya konfigurasi kembali menyerupai semula.

Tapi perlu sahabat ketahui penggunaan fitur backup & restore sebaiknya hanya dipakai untuk router yang sama, yaitu router dengan seri dan tipe yang mempunyai kesamaan dari segi spesifikasi hardware maupun jumlah port ethernet nya, rujukan nya sahabat mem-backup konfigurasi router usang yaitu RB951Ui-2HnD dan me-restore nya di router gres yang juga tipe RB951Ui-2HnD. Apabila berbeda router saya sarankan lebih baik memakai metode export import yang akan saya publish tutorial nya di blog ini.


Kenapa tidak disarankan melaksanakan backup dan restore pada router yang berbeda tipe dan seri ? alasannya yaitu file backup tidak menyerupai file hasil export yang dapat di edit memakai notepad, jadi apabila kita melaksanakan backup dan restore pada router yang berbeda tipe biasa nya akan terjadi error alasannya yaitu file backup tidak dapat kita edit terlebih dulu untuk menyesuaikan nya dengan router tipe yang lain.

Cara Backup Konfigurasi Router Mikrotik

Untuk melaksanakan backup dan restore dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan winbox dan juga dengan cara mengetikkan baris perintah pada terminal mikrotik.

Cara Backup Konfigurasi Mikrotik via Terminal

Sobat dapat login ke router mikrotik via ssh, telnet atau via winbox kemudian klik sajian New Terminal, ketikkan perintah berikut untuk melaksanakan backup konfigurasi router mikrotik :
[admin@MikroTik] > system backup save
Namun, dengan perintah tersebut nama file backup akan otomatis digenerate oleh router menurut tanggal dan waktu ketika melaksanakan backup, jika sahabat menginginkan supaya nama file backup dapat ditentukan sesuai keinginan, maka ketikkan perintah berikut :
[admin@MikroTik] > system backup save name="Backup konfig router dodiventuraz"
Untuk melihat alhasil ketikkan perintah /file print pada terminal atau klik sajian Files pada winbox

Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik

Cara Backup Konfigurasi Mikrotik via Winbox

Kalau sahabat lebih suka memakai winbox silahkan login ke router mikrotik via winbox kemudian klik sajian Files, kemudian klik tombol Backup menyerupai yang saya tandai warna merah pada gambar dibawah.

Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik

Kalau sudah jawaban melaksanakan backup apakah konfigurasi router mikrotik kita sudah kondusif ? tentu saja belum sob, alasannya yaitu file backup masih tersimpan di router mikrotik dan jika router di install ulang dengan netinstall maka file backup nya akan hilang juga.

Untuk itu sebaiknya sahabat mendownload file backup tadi kemudian di simpan pada komputer, jika memakai OS Windows caranya cukup mudah, sahabat hanya perlu drag and drop file backup pada sajian Files winbox ke windows explorer saja. Tapi jika memakai OS lain pada komputer, sahabat harus mendownload nya memakai FTP, rujukan nya memakai FTP Client FileZilla.

Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik

Cara Restore Konfigurasi Router Mikrotik

Apabila sahabat hendak me-restore konfigurasi router yang sudah di backup cara nya pun cukup mudah, silahkan upload file backup nya ke sajian Files, caranya dengan drag and drop file backup nya eksklusif dari windows explorer atau upload memakai FTP.

Kalau sudah di upload klik sajian Files pada winbox, silahkan pilih file backup mana yang akan di restore kemudian klik tombol Restore menyerupai yang saya tandai warna merah pada gambar dibawah.

Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik Cara Backup dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik

Selesai, kini konfigurasi router mikrotik sahabat sudah kembali menyerupai semula tanpa harus mengkonfigurasi ulang dari awal. Semoga bermanfaat :-)

0 Response to "Cara Backup Dan Restore Konfigurasi Router Mikrotik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel