Tutorial Cara Install Dan Konfigurasi Ssh Server Di Ubuntu

Tutorial Cara Install dan Konfigurasi SSH Server di Ubuntu - SSH (Secure Shell) merupakan salah satu protocol didalam jaringan yang bersifat kondusif alasannya komunikasi yang terjadi sudah dilengkapi dengan enskripsi. Protokol SSH digunakan untuk keperluan remote login berbasis teks atau Command Line Interface (CLI).

Setiap perangkat jaringan menyerupai Router, Switch, maupun server umunya sudah dilengkapi dengan service SSH yang berjalan pada port 22. Apabila secara default sudah tersedia service SSH pada server maka kita dapat pribadi menggunakannya.

Namun permasalahannya yaitu tidak semua perangkat jaringan maupun server sudah terinstall service SSH secara default, kemudian bagaimana jikalau kita hendak me-remote server memakai SSH ?

Tentu saja kita harus menginstall-nya terlebih dulu, diartikel ini saya akan membahas tutorial bagaimana cara menginstall SSH server pada distro linux Ubuntu. Distro linux ubuntu yang saya pakai yaitu Ubuntu 14.04.5 LTS.  

Secara teknis, perintah untuk menginstall dan mengkonfigurasi SSH Server pada semua distro linux based debian, ubuntu serta turunan nya sama saja alasannya package management yang digunakan nya sama yaitu apt-get.

Cara Install dan Konfigurasi SSH Server di Ubuntu

Berikut langkah-langkah untuk menginstall dan mengkonfigurasi SSH Server pada ubuntu, buka terminal kemudian ketikkan baris perintah berikut.
$ sudo apt-get install ssh
Hanya dengan mengetikkan perintah menyerupai itu saja SSH Server pun sudah berhasil ter-install, biar ubuntu server yang sudah terinstall service SSH dapat kondusif dari serangan brute force maka sebaiknya kita ubah port default nya.

Caranya yaitu buka file config sshd_config pada directory /etc/ssh, ketikkan perintah berikut.
$ sudo nano /etc/ssh/sshd_config
File konfigurasi sshd_config akan terlihat menyerupai gambar dibawah. 

Tutorial Cara Install dan Konfigurasi SSH Server di Ubuntu Tutorial Cara Install dan Konfigurasi SSH Server di Ubuntu

Kemudian cari kalimat Port 22, silahkan ganti dengan port yang teman inginkan, contohnya saja kita ubah menjadi Port 2244, jikalau sudah diubah save dan close dengan menekan tombol kombinasi CTRL + X tekan Y kemudian tekan Enter di keyboard.

Restart service SSH nya dengan perintah.
$ sudo /etc/init.d/ssh restart
Pastikan service SSH sudah berjalan / running dengan mengetikkan perintah berikut.

$ sudo /etc/init.d/ssh status  ssh.service - OpenBSD Secure Shell server    Loaded: loaded (/lib/systemd/system/ssh.service; enabled; vendor preset: enabled)    Active: active (running) since Tue 2017-07-25 16:43:23 WIB; 27s ago  Main PID: 14301 (sshd)     Tasks: 1    Memory: 724.0K       CPU: 9ms    CGroup: /system.slice/ssh.service            └─14301 /usr/sbin/sshd -D  Jul 25 16:43:23 hotspot-server systemd[1]: Starting OpenBSD Secure Shell server... Jul 25 16:43:23 hotspot-server sshd[14301]: Server listening on 0.0.0.0 port 2244. Jul 25 16:43:23 hotspot-server sshd[14301]: Server listening on :: port 2244. Jul 25 16:43:23 hotspot-server systemd[1]: Started OpenBSD Secure Shell server. 

Lakukan test hasil konfigurasi SSH server nya dengan aplikasi SSH Client PuTTY.

Tutorial Cara Install dan Konfigurasi SSH Server di Ubuntu Tutorial Cara Install dan Konfigurasi SSH Server di Ubuntu

Kalau remote SSH dari terminal linux, teman dapat mengetikkan perintah dengan format syntax menyerupai ini.

$ ssh -l username IP -p 2244
Contoh
$ ssh -l dodi 192.168.10.2 -p 2244  

Kesimpulan


Dengan mengaktifkan service SSH pada server yang teman kelola maka akan memudahkan saat melaksanakan konfigurasi pada server tersebut. Selain itu, dikarenakan remote dengan protocol SSH memakai antarmuka baris perintah maka akan menghemat penggunaan bandwidth / kuota internet ketimbang remote dengan TeamViewer maupun RDP.

:
Tutorial remote router dengan SSH di Ubuntu
Tutorial cara mengaktifkan SSH di switch huawei s3700

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Cara Install Dan Konfigurasi Ssh Server Di Ubuntu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel