Cara Install Openjdk Di Ubuntu 16.04

Cara Install OpenJDK di Ubuntu 16.04 - JDK atau Java Development Kit yaitu software yang dipakai untuk menciptakan jadwal atau aplikasi berbasis bahasa pemrograman Java, JDK dipakai untuk melaksanakan compile (kompilasi), debugging (memeriksa error) dan tentunya menciptakan jadwal berbasis Java.

 JDK atau Java Development Kit yaitu software yang dipakai untuk menciptakan jadwal atau a Cara Install OpenJDK di Ubuntu 16.04
Image source : www.pixabay.com

Sedangkan OpenJDK sendiri merupakan Java versi open source yang dikembangkan oleh Oracle dibawah lisensi GPL (General Public License) v2 bersama dengan komunitas.

Karena sifat open source nya lah maka OpenJDK hingga ketika ini masih dipakai sebagai default sistem oleh distro-distro berbasis GNU/Linux.

Ada beberapa istilah penting yang terdapat pada JDK (Java Development Kit) diantaranya yaitu :

  • Compiler, atau dalam bahasa Indonesia disebut kompilator yaitu jadwal yang bertugas untuk menerjemahkan aba-aba jadwal java menjadi bytecode.
  • Debugger, yaitu jadwal yang bertugas untuk menyidik error yang ada pada aba-aba jadwal java.


Jika teman yaitu seorang programmer Java atau orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa pemrograman Java, maka JDK (Java Development Kit) yaitu software yang wajib di install pada komputer sobat.

Pada sistem operasi Windows kita sanggup memakai JDK dari Oracle, sedangkan pada sistem operasi berbasis GNU/Linux kita sanggup memakai JDK dari Oracle dan sanggup juga memakai OpenJDK.

Namun pada artikel kali ini aku hanya akan membahas bagaimana cara menginstall JDK pada Linux Ubuntu 16.04 LTS memakai OpenJDK.

OpenJDK sendiri secara default sudah tersedia pada repository Ubuntu, kita sanggup menyidik nya memakai perintah apt-cache search untuk mengetahui versi OpenJDK yang tersedia.

Buka terminal lalu ketikkan perintah berikut.

dodiventuraz@GmacOS: $ apt-cache search openjdk default-jdk - Standard Java or Java compatible Development Kit default-jdk-doc - Standard Java or Java compatible Development Kit (documentation) openjdk-8-doc - OpenJDK Development Kit (JDK) documentation openjdk-8-jdk - OpenJDK Development Kit (JDK) openjdk-8-jre - OpenJDK Java runtime, using Hotspot JIT openjdk-9-demo - Java runtime based on OpenJDK (demos and examples) openjdk-9-doc - OpenJDK Development Kit (JDK) documentation openjdk-9-jdk - OpenJDK Development Kit (JDK) openjdk-9-jre - OpenJDK Java runtime, using Hotspot JIT openjdk-9-jre-headless - OpenJDK Java runtime, using Hotspot JIT (headless) 


Dari teladan output diatas sanggup dilihat terdapat 2 versi OpenJDK yang sanggup di install, teman sanggup menginstall versi OpenJDK yang terbaru, atau menginstall versi sesuai dengan yang diinginkan.

Karena pada Ubuntu aku sudah tersedia versi OpenJDK 9 maka aku menginstall versi tersebut.

Untuk menginstall nya ketikkan perintah berikut pada terminal.

dodiventuraz@GmacOS: $ sudo apt-get install openjdk-9-jdk

Silahkan tunggu hingga proses installasi selesai.

Setelah berhasil menginstall JDK selanjutnya yaitu menginstall JRE.

JRE atau Java Runtime Environment yaitu perangkat lunak yang dipakai untuk menjalankan jadwal atau software yang dibentuk memakai bahasa pemrograman Java.

Kaprikornus sederhana-nya JDK yaitu perangkat lunak untuk menciptakan jadwal atau software berbasis Java. Sedangkan JRE yaitu perangkat lunak untuk menjalankan jadwal atau software berbasis Java yang dibentuk memakai JDK (correct me if i'm wrong).

Versi dari JRE harus sama dengan versi JDK atau lebih tinggi, untuk menginstall JRE versi 9 pada ubuntu 16.04 LTS teman sanggup menginstall nya dengan perintah berikut.

dodiventuraz@GmacOS: $ sudo apt-get install openjdk-9-jre

Tunggu hingga selesai.

Untuk mengetahui apakah JDK dan JRE sudah berhasil terinstall atau belum teman sanggup mengecek nya dengan mengetikkan perintah java -version, berikut sample output nya.

dodiventuraz@GmacOS: $ java -version openjdk version "9-internal" OpenJDK Runtime Environment (build 9-internal+0-2016-04-14-195246.buildd.src) OpenJDK 64-Bit Server VM (build 9-internal+0-2016-04-14-195246.buildd.src, mixed mode) 

Sampai disini teman sudah siap untuk menciptakan jadwal dengan bahasa Java ataupun hanya sekedar untuk menjalankan jadwal yang dibentuk memakai Java.

Kalau ada klarifikasi aku pada artikel ini yang keliru mohon dikoreksi di kolom komentar ya sob, agar bermanfaat ..

0 Response to "Cara Install Openjdk Di Ubuntu 16.04"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel