Tutorial Cara Install The Dude Di Linux Ubuntu

Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu -  The Dude ialah software utility yang dibentuk oleh MikroTik untuk keperluan network monitoring, dengan aplikasi ini kita bisa memonitoring network yang kita kelola dengan sangat mudah.
Dengan The Dude selain bisa memonitoring jaringan yang kita kelola, juga berkhasiat untuk pemetaan topologi pada jaringan, dari sekian banyak tool network monitoring, The Dude merupakan salah satu tool network monitoring yang cukup banyak digunakan.

Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu

Sebagai salah satu tool network monitoring yang cukup terkenal tentu saja The Dude mempunyai kelebihan tersendiri, kelebihan The Dude ialah sebagai berikut :

  • The Dude ialah aplikasi / tool network monitoring yang gratis
  • Dapat dengan gampang di install dan dikonfigurasi
  • Adanya fitur Discovery yang sanggup memudahkan untuk melaksanakan scanning topologi jaringan secara otomatis
  • Bisa dipakai untuk me-remote perangkat secara langsung
  • Support protokol SNMP, ICMP, DNS dan TCP monitoring
  • Mendukung type merk perangkat berbeda, dan masih banyak lagi.


Namun sayangnya aplikasi The Dude belum support multi platform dan hanya bisa berjalan diatas system operasi berbasis Windows saja. 

Apabila kita hendak menginstall nya pada system operasi berbasis GNU/Linux tentu saja harus menginstall software emulator Wine terlebih dulu.

Meskipun begitu, aplikasi The Dude yang running memakai Wine pada system operasi berbasis GNU/Linux tetap sanggup berjalan normal tanpa ada kendala.

:
Monitoring system dengan htop di linux
Cockpit - Tool network monitoring powerfull untuk linux server

Cara Install The Dude di Debian dan Ubuntu


Pada artikel kali ini saya akan share tutorial bagaimana cara menginstall aplikasi network monitoring The Dude pada sistem operasi Linux Ubuntu, tutorial ini juga berlaku bagi sobat pengguna distro linux Debian, Ubuntu, Linux mint beserta turunannya.

Tahap installasi :
  1. Install Microsoft TrueType Core Fonts
  2. Install wine emulator
  3. Install The Dude

Untuk menginstall aplikasi The Dude cukup mudah, pertama silahkan buka console terminal kemudian ketikkan perintah berikut untuk menginstall Microsoft TrueType Core Fonts dan juga Wine emulator.

apt-get install wine msttcorefonts
cp /usr/share/fonts/truetype/msttcorefonts/* /.wine/drive_c/windows/Fonts/

Pada tutorial ini saya menginstall aplikasi The Dude versi 4.0beta3, versi ini merupakan versi usang namun kelebihan nya ialah bisa diinstall pada semua PC atau Server, sekaligus sanggup dipakai sebagai Server maupun Client.

Silahkan download dulu file installer nya yang sudah saya upload di google drive.

Setelah di download silahkan sobat masuk ke directory daerah hasil download tersebut berada, biasa nya berada di directory  /Downloads, ketikkan perintah berikut.

cd /Downloads
wine dude-install-4.0beta3.exe

Setelah itu akan muncul gambar menyerupai dibawah ini, klik I Agree untuk menyetujui semua persyaratan (end user license agreeement).

Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu

Disini kita bisa menentukan fitur atau  komponen apa saja yang akan di install pada The Dude, berikut ialah komponen yang bisa di install pada The Dude :

  • Reset Configuration, harus di centang jikalau sobat mengupgrade The Dude ke versi terbaru
  • The Dude Client (penting), dengan The Dude Client memungkinkan sobat bisa terkoneksi ke Dude Server
  • The Dude Server, ialah komponen yang harus di install jikalau sobat ingin menciptakan maps atau topologi dan ingin me-monitor semua perangkat pada jaringan yang ada.
  • Start Menu Shortcuts, untuk memudahkan saat membuka aplikasi The Dude alasannya ialah hanya tinggal mengklik shortcut icon nya saja.


Silahkan klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu Tutorial Cara Install The Dude di Linux Ubuntu

Secara default folder hasil installasi The Dude akan disimpan di folder C:\Program Files (x86)\Dude, klik Install untuk melanjutkan proses installasi.


Setelah itu tunggu hingga proses installasi selesai, proses installasi biasanya tidak memerlukan waktu yang lama.

Menjalankan The Dude di Linux


Pada beberapa desktop environment (DE) menyerupai KDE, Fluxbox, Unity dan GNOME biasanya icon Dude sudah tersedia begitu kita akibat menginstall nya semoga lebih gampang untuk membuka aplikasi The Dude tanpa harus mengetikkan command line.

Namun pada desktop lain menyerupai DE Budgie yang saya pakai di Ubuntu saya, icon The Dude tidak muncul pada sajian sehingga harus dijalankan melalui command line.

Ketikkan perintah menyerupai ini untuk menjalankan aplikasi The Dude memakai command line dari console terminal.

wine /.wine/drive_c/Program\ Files\ \(x86\)/Dude/dude.exe

Apabila jendela aplikasi The Dude sudah terbuka itu berarti proses installasi The Dude berjalan dengan baik dan siap dipakai untuk keperluan network monitoring dan juga menciptakan maps atau topologi network dengan aplikasi The Dude.

Demikian artikel mengenai Tutorial cara menginstall the dude di linux ubuntu, mohon maaf apabila ada klarifikasi yang susah dimengerti, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar sob.

Apabila artikel ini dirasa bermanfaat jangan lupa di share ke teman-temanmu ya sob :-) terimakasih.


0 Response to "Tutorial Cara Install The Dude Di Linux Ubuntu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel