Tutorial Memulai Pemrograman Java Di Linux

Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux. Ya, begitulah kira-kira judul yang berdasarkan aku pas untuk goresan pena aku kali ini. Pada dasarnya aku yaitu orang yang newbie dalam hal programming, dan artikel ini gotong royong merupakan dokumentasi khususnya untuk aku sendiri dan umumnya untuk para pembaca.

Saya tertarik untuk menulis artikel ini bukan alasannya yaitu aku orang yang hebat dibidang pemrograman java, melainkan sebagai dokumentasi bahwa aku pernah berguru pemrograman java 😄 semoga gk lupa jhehee 😃 ..
Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux
Image source : www.pixabay.com

Singkat cerita, dikampus daerah aku menuntut ilmu aku diajarkan bahasa pemrograman java oleh dosen saya, dan Lab komputer daerah aku praktek ngoding java semua komputer nya memakai Microsoft Windows sebagai operating system nya.

Namun alasannya yaitu laptop aku terinstall Ubuntu didalamnya, aku sempat kebingungan dan terbesit dibenak aku gimana ya cara mulai pemrograman java di ubuntu ? 

Setalah aku googling kesana kemari ternyata caranya cukup mudah, tidak menyerupai microsoft windows yang harus menyetting Path untuk JDK nya, pada OS berbasis GNU/Linux hanya tinggal menginstall JDK nya saja dan sehabis itu sahabat sudah sanggup memulai pemrograman java.

Kaprikornus sebelum sahabat memulai menciptakan jadwal berbasis java, pastikan pada komputer sahabat sudah terinstall JDK dan JRE, bila belum silahkan baca tutorial aku sebelumnya yang sudah diposting di blog ini.

: Cara install OpenJDK di ubuntu 16.04

Cara Memulai Pemrograman Java di Linux


Lanjut lagi sob, untuk memudahkan kita menciptakan jadwal java, aku sarankan untuk menciptakan direktori atau folder khusus untuk menyimpan file hasil coding, buka console terminal lalu ketikkan perintah.
dodi@ubuntu: $ mkdir Latihan-Java
dodi@ubuntu: $ cd Latihan-Java
Kita sudah berada didalam direktori / folder Latihan-Java, selanjutnya yaitu menciptakan file dengan ekstensi .java memakai teks editor menyerupai nano, gedit, leafpad, mousepad, notepadqq maupun teks editor lainnya.

Langkah awal berguru pemrograman yaitu menciptakan jadwal sederhana yaitu Hello World, jadwal sederhana ini merupakan jadwal yang populer alasannya yaitu setiap programmer handal saat awal berguru niscaya pernah menciptakan jadwal sederhana ini.
dodi@ubuntu: $ nano HelloWorld.java
Perintah diatas merupakan perintah untuk menciptakan file HelloWorld.java memakai teks editor nano, sehabis file terbuka sahabat tinggal mengetikkan code untuk menciptakan jadwal HelloWorld, code programnya kurang lebih menyerupai ini.

public class HelloWorld {      public static void main(String[] args) {         System.out.println("Hello World...");     } } 


Penjelasan dari pola aba-aba jadwal diatas yaitu sebagai berikut :

  • public, yaitu keyword pada java yang berarti bahwa objek, method, maupun atribut sanggup diakses dari class yang lain.
  • class, merupakan kata kunci atau keyword pada java yang dipakai untuk menciptakan sebuah class.
  • static, menunjukkan bahwa karakteristik tetap pada class ini
  • void, menunjukkan bahwa class ini tidak mengembalikan suat nilai.
  • String[] args, fungsi kelas ini sanggup mendapatkan argumen saat dijalankan dan argumen ini yaitu string yang berbentuk larik (array) atau sanggup lebih dari satu argumen.
  • System.out.println(), merupakan perintah untuk menampilkan teks atau kalimat yang berada didalam nya, pada pola ini yaitu berfungsi untuk menampilkan kalimat "Hello World. . ."

Selain itu juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menciptakan jadwal dengan bahasa java, yaitu :

Nama kelas harus sama dengan nama file yang dibuat, alasannya yaitu pada pola ini nama kelas nya yaitu HelloWorld maka nama filenya pun harus HelloWorld.java

Penulisan aba-aba pemrograman java bersifat case sensitive, jadi sahabat harus memperhatikan setiap penulisan code, pola kata "String" pada aba-aba pemrograman java ditulis dengan abjad awalan "S" besar, maka apabila sahabat mengetikkan aba-aba tersebut dengan abjad kecil semua, maka jadwal yang yang sudah dibentuk akan error saat di compile.

Setelah menciptakan jadwal HelloWorld.java, kini kita harus meng-compile aba-aba jadwal tersebut dengan javac.
dodi@ubuntu: $ javac HelloWorld.java
Setelah dicompile dengan Javac, maka akan muncul file HelloWorld.class, file ini merupakan aba-aba jadwal java yang sudah diterjemahkan menjadi bytecode yang nantinya sanggup kita jalankan.

Untuk menjalankan aba-aba jadwal java yang sudah kita buat ketikkan perintah berikut.
dodi@ubuntu: $ java HelloWorld

Maka secara otomatis, output dari aba-aba jadwal yang sudah kita buat tadi akan ditampilkan.

Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux Tutorial Memulai Pemrograman Java di Linux

Praktis bukan ? Semoga goresan pena sederhana ini sedikit banyak sanggup bermanfaat bagi paca pembaca yang budiman untuk memulai menciptakan jadwal berbasis java di GNU/Linux 😃

Dilain kesempatan aku akan memposting tutorial cara menginstall IDE Netbeans pada sistem operasi berbasis GNU/Linux dan juga tutorial memulai menciptakan jadwal java memakai IDE Netbeans. So, keep visiting this blog ya sob 😉

Terimakasih.

0 Response to "Tutorial Memulai Pemrograman Java Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel