Tutorial Cara Install Lamp Stack (Apache2, Mysql Dan Php) Di Ubuntu 16.04

LAMP (Linux, Apache, MySQL, PHP) yakni kumpulan software open source yang biasa diinstall pada server untuk meng-host suatu website maupun menjalankan aplikasi berbasis web. Setiap komponen software pada LAMP mempunyai fungsi tersendiri yang saling berkaitan.

Apache berfungsi sebagai web server, MySQL sebagai database management system (DBMS) sedangkan PHP bertugas untuk memproses konten secara dinamis.

Jadi, apabila teman ingin membangun sebuah website atau aplikasi berbasis web pada sistem operasi linux. Maka, LAMP yakni komponen penting yang wajib di install, pada artikel kali ini Venturaz's Blog akan membahas tutorial bagaimana melaksanakan instalasi LAMP di Ubuntu 16.04 LTS.


Tutorial Cara Install LAMP Stack di Ubuntu


Install Apache2


Apache, merupakan web server yang cukup terkenal didunia, apache sanggup dijalankan dibanyak operating system menyerupai Unix, BSD, Linux, Ms Windows, Novel Netware dan masih banyak lagi. Apache mempunyai kegunaan untuk melayani dan memfungsikan sebuah situs atau website, protokol yang dipakai oleh apache yakni HTTP yaitu sebuah protocol yang berjalan pada port 80 yang dipakai untuk menghubungkan client dengan web server yang ada di Internet.

Untuk menginstall apache2 pada ubuntu caranya cukup mudah, dikarenakan apache2 sudah tersedia di repository ubuntu maka kita sanggup menginstall-nya memakai perintah apt-get.
dodi@ubuntu: $ sudo apt-get install apache2
Tunggu hingga proses installasi selesai, apabila sudah selesai, untuk test apakah apache2 sudah berjalan pada server atau belum silahkan buka web browser lalu ketikkan http://localhost atau http://ip-address pada URL bar.


Apabila muncul halaman Apache2 Ubuntu Default Page menyerupai tampilan diatas, berarti apache2 sudah berhasil di install dan sudah running.


Install MySQL


MySQL, yakni sistem administrasi database SQL yang bersifat open source dan sangat terkenal di dunia. Database MySQL mendukung fitur menyerupai multithreaded serta multi-user, MySQL sendiri merupakan DBMS (Database Management System) yang berfungsi untuk menyimpan semua data pada database dan cukup gampang digunakan.

Untuk menginstall MySQL cukup mudah, teman hanya tinggal mengetikkan baris perintah menyerupai ini saja.
dodi@ubuntu: $ sudo apt-get install mysql-server
Pada ketika proses instalasi teman akan diminta menginput password root untuk login ke MySQL, pastikan teman mengisi kolom password dengan benar sebab password ini yang nantinya akan dipakai untuk login ke MySQL.

Untuk login ke MySQL gunakan perintah berikut.
dodi@ubuntu: $ sudo mysql -u root -p
Lalu masukkan password root yang sudah disetup sebelumnya.


Install PHP 7.0


Setelah menginstall Apache2 dan database MySQL, langkah selanjutnya yakni teman harus menginstall PHP.

PHP, yakni komponen pada LAMP yang berfungsi sebagai pemroses isyarat pemrograman web untuk menampilkan konten secara dinamis. PHP bertugas mengkoneksikan skrip dengan database MySQL, mengolah data pada database MySQL lalu menampilkannya sesuai request dari user.

Untuk menginstall PHP 7.0 pada Ubuntu 16.04 ketikkan perintah berikut pada console terminal.

dodi@ubuntu: $ sudo apt-get install php7.0 php-pear libapache2-mod-php7.0 php7.0-mysql php7.0-curl php7.0-cgi php7.0-xml

Untuk menguji apakah PHP 7.0 sudah berjalan atau belum, teman sanggup menguji nya dengan menciptakan halaman PHP Info di direktori /var/www/html.
dodi@ubuntu: $ sudo nano /var/www/html/info.php
Kemudian isi dengan script berikut pada file info.php
<?php
phpinfo()
?>
Buka web browser lalu ketikkan http://localhost/info.php atau http://ip_address/info.php pada URL kafe browser, apabila PHP sudah berjalan di server teman maka akan muncul tampilan menyerupai berikut.


Sampai disini konfigurasi LAMP Server pada Ubuntu 16.04 sudah selesai, dan teman sudah sanggup menaruh script web yang akan di host pada server sobat, umumnya script web sanggup ditaruh di direktori /var/www/html agar sanggup diakses dari public.

Sekian, semoga bermanfaat.


0 Response to "Tutorial Cara Install Lamp Stack (Apache2, Mysql Dan Php) Di Ubuntu 16.04"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel