Tutorial Upgrade Ubuntu Server Via Terminal

Tutorial Upgrade Ubuntu Server via Terminal - Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yang sudah saya posting diblog ini, di artikel sebelumnya saya sudah membahas tutorial cara upgrade Ubuntu 14.04 LTS ke Ubuntu 16.04 LTS versi desktop (GUI), jadi untuk proses upgrade nya tinggal klak klik mouse saja.

: Tutorial cara upgrade Ubuntu 14.04 ke Ubuntu 16.04 LTS

Sedangkan untuk melalukan upgrade distro linux Ubuntu versi server, tentunya kita harus melakukannya memakai antarmuka baris perintah (CLI) pada console terminal. Ini dikarenakan Ubuntu server tidak mempunyai tampilan GUI ibarat pada versi desktop, namun teman tidak perlu kuatir alasannya cara melaksanakan upgrade pada Ubuntu server via terminal sanggup dibilang cukup mudah.

Tutorial Upgrade Ubuntu Server via Terminal Tutorial Upgrade Ubuntu Server via Terminal

Apabila teman memakai Ubuntu versi desktop yang dilengkapi dengan Desktop Environment, bekerjsama sanggup juga memakai cara ini untuk meng-upgrade versi Ubuntu yang terinstall ke versi terbaru. Jadi, upgrade Ubuntu via terminal memakai antarmuka baris perintah sanggup dilakukan pada Ubuntu server dan Ubuntu versi desktop (GUI).


Tutorial Upgrade Ubuntu via Terminal

Untuk mengupgrade versi Ubuntu ke versi terbaru, kita akan dihadapkan dengan 2 pilihan, yakni apakah akan mengupgrade Ubuntu ke versi normal (Non-LTS) atau mengupgrade Ubuntu ke versi Long Term Support (LTS).

Saya asumsikan teman sudah mengetahui perbedaan antara kedua versi tersebut dikarenakan pada artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan perbedaan antara keduanya, pembahasan mengenai perbedaan versi Ubuntu LTS dan Non-LTS insyaallah akan saya tulis diartikel terpisah.

Sebelum masuk ke tahap upgrade, ada beberapa package yang harus di install, yakni apt dan dpkg, untuk menginstall nya ketikkan perintah berikut di console terminal.
$ sudo apt-get install apt -y
$ sudo apt-get install dpkg -y
Apabila sudah selesai, kini saatnya kita melaksanakan upgrade versi Ubuntu ke versi yang lebih baru, disini kita akan mencoba meng-upgrade versi Ubuntu dari LTS ke versi Non-LTS dan sebaliknya.

Upgrade Ubuntu dari Non-LTS ke LTS

$ sudo apt-get install update-manager-core
$ sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades
Apabila file nya sudah terbuka, cari kata Prompt lalu ubah dari normal menjadi lts.
Prompt=normal
Menjadi
Prompt=lts
Kemudian upgrade dengan perintah berikut.
$ sudo do-release-upgrade

Upgrade Ubuntu dari LTS ke Non-LTS

Untuk mengupgrade versi Ubuntu dari LTS ke versi Non-LTS caranya hampir sama.
$ sudo apt-get install update-manager-core
$ sudo nano /etc/update-manager/release-upgrades

Apabila file nya sudah terbuka, cari kata Prompt lalu ubah dari lts menjadi normal.
Prompt=lts
Menjadi
Prompt=normal
Langkah terakhir, lakukan upgrade dengan perintah berikut.
$ sudo do-release-upgrade
Selanjutnya, silahkan teman ikuti setiap intruksi yang ada selama proses upgrade hingga selesai, pastikan juga koneksi internet yang dipakai dalam kondisi stabil, ini dikarenakan untuk melaksanakan upgrade versi Ubuntu ada beberapa package yang harus didownload dan memerlukan koneksi internet biar package sanggup didownload sebelum diinstall.

Terimakasih dan semoga bermanfaat 😊


0 Response to "Tutorial Upgrade Ubuntu Server Via Terminal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel