Belajar Network Dasar Di Docker

Belajar Network Dasar Dengan Docker - Hello semua, kembali lagi bersama aku di blog , kini aku akan kembali melanjutkan pembelajaran mengenai Docker sebagai virtualisasi zaman now. Sebelumnya kita sudah berguru mengenai cara instalasi web server pada docker dan juga cara mengubah tampilan default web server pada docker.

:

Kali ini aku masih membahas mengenai basic tutorial pada docker, yaitu docker network, apa itu docker network ? monggo disimak dulu penjelasannya sob ..


Pengertian Docker Network   

Docker network merupakan sebuah opsi sajian yang memungkinkan kita untuk melaksanakan segala hal yang bekerjasama dengan manajemen manajemen jaringan, menyerupai menciptakan jaringan, menghubungkan, melihat warta jaringan hingga mendetail sekali. Disini kita akan mencoba untuk menciptakan jaringan baru, kemudian menerapkannya di kontainer yang akan kita jalankan, kemudian terakhir kita coba membaca warta dari jaringan tersebut. 

 kini aku akan kembali melanjutkan pembelajaran mengenai Docker sebagai virtualisasi  Belajar Network Dasar di Docker

Hmm, menarik bukan? Sebelum berguru docker network, pastikan teman sudah menginstall mesin dockernya di PC / Server, dan sedikit pengetahuan mengenai cara pengoperasian docker, tutorial instalasinya dapat teman baca disini (Baca : Tutorial cara install docker di linux).

Kalau sudah menginstall dockernya kini kita lanjut sob ..

Pertama, silahkan buka sajian docker network dengan perintah sudo docker network, kita akan melihat daftar perintah yang dapat digunakan, diantaranya sebagai berikut.

idris@idris   $ sudo docker network  Commands:   connect     Connect a container to a network   create      Create a network   disconnect  Disconnect a container from a network   inspect     Display detailed information on one or more networks   ls          List networks   prune       Remove all unused networks   rm          Remove one or more networks


Kita juga dapat melihat daftar jaringan yang ada dengan menambahkan command ls sehabis perintah docker network menyerupai ini.
idris@idris $ sudo docker network ls
Kalau kita belum menambahkan network atau masih default maka tampilannya akan terlihat menyerupai ini.

 kini aku akan kembali melanjutkan pembelajaran mengenai Docker sebagai virtualisasi  Belajar Network Dasar di Docker

Untuk itu kita coba tambahkan network gres dengan mengetikkan perintah berikut di console terminal.
idris@idris $ sudo docker network create --subnet 10.10.10.0/24 belajar-network
Setelah itu kita cek lagi daftar jaringan yang ada dengan perintah berikut.
idris@idris $ sudo docker network ls
Jika berhasil, teman akan melihat network dengan nama belajar-network di daftar jaringan tersebut, selanjutnya kita coba running kontainer dengan address dari network yang gres saja dibuat.

Sebagai percobaan kita gunakan image httpd saja, ketikkan perintah menyerupai ini.
idris@idris $ sudo docker run -d --network belajar-network --ip 10.10.10.66 httpd
Pastikan tidak ada error, tahap berikutnya kita cek kontainernya dengan perintah.
idris@idris $ sudo docker ps
Pastikan statusnya sudah UP, pada tutorial sebelumnya sehabis tahap ini kita harus mengecek kembali address dari kontainernya. Sekarang tidak perlu lagi alasannya yakni addressnya sudah kita tentukan saat melaksanakan running kontainer, tapi bila mau dicek lagi juga tidak masalah.

Untuk mengeceknya teman dapat menjalankan perintah dibawah ini sob.
idris@idris $ sudo docker network inspect belajar-network
Silahkan cari address yang sesuai dengan nama kontainernya yg sudah dibentuk sebelumnya. Kemudian ketikkan alamat IPnya di url kafe browser, pastikan hasil balasannya muncul goresan pena It Works! seperti gambar dibawah ini.

 kini aku akan kembali melanjutkan pembelajaran mengenai Docker sebagai virtualisasi  Belajar Network Dasar di Docker
Apabila teman sudah berhasil hingga langkah terakhir ini, berarti teman sudah menuntaskan bahan berguru network dasar di docker. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan maupun klarifikasi yang kurang dimengerti, agar bermanfaat. 

0 Response to "Belajar Network Dasar Di Docker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel