Tutorial Cara Install Interface Loopback Tap Di Gnu/Linux

Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU/Linux - Interface TAP merupakan interface virtual yang sanggup kita gunakan untuk menghubungkan router yang dijalankan di GNS3 ke jaringan internet, fungsi interface TAP ini sama ibarat interface loopback adapter di operating system berbasis Windows.

Sama halnya dengan interface loopback adapter di Windows, interface TAP juga tidak berbentuk secara fisik alasannya memang interface ini merupakan interface virtual. Untuk menghubungkan host / perangkat jaringan yang kita jalankan di network simulator GNS3 tolong-menolong tidak harus memakai interface TAP, di GNS3 versi 2.0 keatas sudah ada built-in NAT sebagai alternatif dari interface loopback ini.
Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU/Linux
Image source : www.pixabay.com

Untuk pembahasannya insyaallah akan segera aku posting di blog ini, semantara kita lanjut dulu sob bahas interface TAP ini, pada tutorial sebelumnya aku sudah membahas mengenai cara install interface loopback adapter di windows 7 dan juga cara menghubungkan router mikrotik di GNS3 ke jaringan internet pada sistem operasi windows, tutorialnya sanggup teman baca melalui link dibawah.

Silahkan dibaca :
Tutorial cara install loopback adapter di Windows 7
Tutorial cara menghubungkan router mikrotik di GNS3 ke jaringan internet

Kedua artikel yang sudah aku posting itu ditujukan untuk teman pengguna operating system berbasis Windows, jika ada yang bertanya kenapa kok artikelnya tidak dijadikan satu saja ? itu alasannya terlalu banyak screenshoot apabila harus aku jadikan satu artikel sob.

Cara Install Interface TAP di Linux

Kembali ke topik pembahasan, biar kita sanggup menghubungkan router yang dijalankan di GNS3 ke internet tentu saja kita harus menyiapkan interface loopbacknya terlebih dahulu, caranya cukup gampang sob, pertama kita install aplikasi TUN/TAP dengan mengetikkan perintah berikut.
$ sudo apt-get install uml-utilities
Kemudian kita buat / tambahkan interface TAP.
$ sudo tunctl -t tap0
Lalu beri alamat IP dan juga netmask untuk interface TAP yang sudah kita buat, alamat IP ini sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan.
$ sudo ifconfig tap0 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0 up
Aktifkan IPv4 forwarding biar sanggup meneruskan packet dengan cara mengedit file sysctl.conf.
$ sudo nano /etc/sysctl.conf
Lalu cari kalimat berikut, tekan tombol CTRL + W di keyboard untuk memudahkan pencarian.
#net.ipv4.ip_forward=1
Hilangkan tanda pagar "#" didepan kalimat sehingga menjadi ibarat ini.
net.ipv4.ip_forward=1
Kalau sudah, ketikkan perintah berikut.
$ sudo sysctl -p

Konfigurasi Firewall NAT Masquerade

Konfigurasi firewall NAT Masquerade dengan iptables pada file /etc/rc.local.
$ sudo nano /etc/rc.local
Lalu tambahkan rule NAT dibawah ini diatas baris perintah exit 0.
iptables -t nat -A POSTROUTING -o wlp7s0 -j MASQUERADE
Untuk kata wlp7s0 yang aku tandai warna merah silahkan teman sesuaikan dengan nama interface yang terhubung ke internet, wlp7s0 merupakan nama interface wireless di laptop aku yang memakai distro linux Ubuntu 16.04, jika teman memakai distro linux Ubuntu 14.04 kebawah nama interface wirelessnya biasanya ialah wlan0 dan untuk interface LAN biasanya eth0, gunakan perintah ifconfig untuk mengecek nama interface di laptop sobat.

Agar interface TAP ini otomatis aktif saat system direboot, maka kita perlu menambahkan konfigurasi khusus pada file /etc/rc.local. File rc.local ini merupakan file yang akan dibaca & dihukum setiap kali komputer melaksanakan booting.

Tambahkan konfigurasi berikut ini diatas baris perintah exit 0.
sudo tunctl -t tap0
sudo ifconfig tap0 192.168.1.1 netmask 255.255.255.0 up
iptables -t nat -A POSTROUTING -o wlp7s0 -j MASQUERADE
Untuk lebih jelasnya sanggup teman lihat teladan gambar dibawah.

Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU/Linux

Lalu simpan file rc.local yang sudah kita modifikasi dengan menekan tombol kombinasi CTRL + X pada keyboard kemudian tekan lagi tombol Y

Reboot komputer, sesudah nyala coba cek apakah interface TAP yang gres saja kita tambahkan sudah berhasil dibentuk atau belum dengan mengetikkan perintah ifconfig melalui console terminal.

Apabila jadinya ibarat ini berarti kita sudah berhasil.

Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU Tutorial Cara Install Interface Loopback TAP di GNU/Linux

Sekarang kita sudah sanggup menghubungkan router yang dijalankan di aplikasi GNS3 ke jaringan internet memakai interface TAP di Linux, kemudian ibarat apa implementasi dari interface TAP ini pada network simulator GNS3 ?

Jangan kuatir sob, untuk tutorialnya sendiri akan aku posting sesudah ini, jadi pastikan teman sudah berlangganan artikel blog melalui surel / email biar tidak ketinggalan setiap kali kami update artikel.

Demikian Tutorial cara install interface loopback TAP di GNU/Linux, semoga bermanfaat dan terima kasih. 

0 Response to "Tutorial Cara Install Interface Loopback Tap Di Gnu/Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel