Blok Kanal Internet Client Dengan Mac Filter Di Router Linksys E1200

Pengertian MAC Address Filtering

MAC address filtering atau MAC filter yakni sebuah metode yang digunakan untuk memblok jalan masuk internet user yang berada didalam sebuah local network dengan memasukkan mac address sasaran ke dalam black list di router, sesudah mac address sasaran yang akan di block di masukkan ke black list selanjutnya router tidak akan merespon request dari client tersebut. Masbro, kenapa harus mac address nya yang di block kan dapat di block IP address nya saja ? 

Yupz, memang betul kita dapat memblock menurut IP address yang digunakan oleh user, tapi pertanyaan nya bagaimana jika user tersebut mengganti IP address nya ? nah untuk mengatasi problem itu teman harus memblock user tersebut dengan memasukkan mac address nya kedalam black list, alasannya mac address yakni alamat fisik sebuah device yang akan terus melekat di device tersebut dan tidak akan pernah berubah.

Cara gampang block jalan masuk internet client dengan MAC Filter di router Cisco Linksys E1200

Router wireless cisco linksys e1200 mempunyai fitur untuk keperluan mac address filtering dengan konfigurasi yang sangat mudah, aku asumsikan teman sudah menyetting router wireless nya dan sudah running dengan baik, selanjutnya silahkan login ke router dengan mengetikkan IP address router di URL kafetaria browser dan memasukkan username & password yang sesuai.

: Konfigurasi router wifi cisco linksys e1200

Kalau sudah login klik hidangan Setup > Basic Setup, klik lagi opsi DHCP Reservation untuk melihat list user yang terkoneksi ke jaringan wifi.


Setelah klik opsi DHCP Reservation nanti akan terbuka hidangan pop-up menyerupai gambar dibawah, setiap user yang terkoneksi ke wifi akan otomatis muncul di list table dhcp dengan gosip mulai dari Client Name, Interface yang digunakan, IP address & Mac address, silahkan copy mac address sasaran yang akan di block dan tutup lagi pop-up nya dengan klik tombol Close.


Kalau teman sudah mengetahui mac address user yang akan diblok, kini tahap sanksi klik hidangan Wireless > Wireless MAC Filter, klik Enabled jika ada pertanyaan Your new setting will disable Wi-Fi Protected Setup.  Do you want to continue? klik OK saja. Masukkan mac address yang akan di block di kolom yang tersedia jika sudah klik Save Setting dan klik lagi Continue.


Batas maksimal mac address yang dapat di blok yaitu 32 mac address, dengan konfigurasi diatas teman sudah berhasil memblock client dengan mac address filtering, user yang diblock akan otomatis disconnect dan meskipun berusaha connect lagi baik melalui wifi maupun kabel LAN bahkan mengganti IP address sekalipun user tersebut tetap tidak akan mendapat koneksi internet.

: Basic setting wireless range extender Linksys RE2000 

Oh ya, jika user tersebut mengganti MAC address nya dengan MAC Changer maka user tersebut tidak akan terblok lagi, yang berarti user tersebut dapat terkoneksi ke jaringan wifi menyerupai biasa nya. Kaprikornus sebaiknya teman memastikan user tersebut tidak mengganti MAC address nya dengan MAC Changer. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Blok Kanal Internet Client Dengan Mac Filter Di Router Linksys E1200"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel