Cara Install Cacti Di Ubuntu Server 16.04

Cara install cacti server di ubuntu 16.04 LTS - Cacti ialah tool network monitoring system (NMS) open source dan berbasis web yang dirancang sebagai aplikasi front-end dari RRDTool yang berfungsi untuk menyimpan informasi kedalam database MySQL kemudian menampilkannya dalam bentuk grafik.

Dengan cacti, kita sanggup memonitoring semua resource pada perangkat jaringan baik itu server, router, switch maupun perangkat network lainnya. Umumnya cacti dipakai untuk me-monitoring CPU load, memory usage dan juga penggunaan bandwidth yang ada pada jaringan.

 Cacti ialah tool network monitoring system  Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04
Image source : www.pixabay.com

Cacti memakai protocol SNMP (simple network management protocol) untuk mengambil dan mengumpulkan informasi tersebut kemudian menyimpannya kedalam databse MySQL, sehabis itu semua informasi yang sudah dikumpulkan akan ditampilkan pada web browser memakai bahasa pemrograman PHP.

Jadi, sebelum menginstall cacti, pastikan bahwa paket LAMP (Linux, Apache, MySQL dan PHP) sudah terinstall, panduan mengenai cara installasi dan konfigurasi LAMP Stack pada Ubuntu Server 16.04 LTS sudah saya posting, teman sanggup membaca nya dengan mengklik tautan berikut.

Baca : Tutorial cara install LAMP Stack (Apache2, MySQL dan PHP) di Ubuntu 16.04

Pada tutorial tersebut saya sudah menjelaskan secara rinci panduan installasi dan juga konfigurasi LAMP Stack satu persatu. Namun, jikalau teman kebetulan ialah orang dengan typical yang gak mau ribet, jangan kuatir, alasannya ialah LAMP Stack juga sanggup diinstall secara bersamaan.

Prasyarat

Untuk menginstall NMS Cacti, ada beberapa package yang harus diinstall biar cacti sanggup berfungsi dengan baik, diantaranya ialah sebagai berikut

  • LAMP Server
  • SNMP, SNMPD dan RRDTool

Tahap Installasi Cacti di Ubuntu Server 16.04

Setelah mengetahui package apa saja yang harus diinstall, kini saatnya kita lanjut ke tahap installasi cacti pada linux ubuntu server 16.04 LTS.

Pertama dan yang paling utama, install paket LAMP Server, ketikkan perintah berikut diterminal untuk menginstall apache2, database mysql dan juga php.
$ sudo apt-get install apache2 mysql-server php libapache2-mod-php
Ketika proses installasi paket LAMP, teman akan diminta untuk menginput password root untuk MySQL Server, silahkan input password sesuai dengan impian sobat, pastikan juga teman tidak asal asalan ketika menginput password dikarenakan password tersebut yang akan dipakai untuk login ke MySQL.

Berikutnya install SNMP, SNMPD dan juga RRDTool, ketikkan perintah berikut.
$ sudo apt-get install snmp snmpd rrdtool
Terakhir, install cacti dan cacti-spine, ikuti perintah berikut.
$ sudo apt-get install cacti cacti-spine
Ketika proses installasi cacti, akan ada pertanyaan untuk menentukan webserver apa yang akan dipakai menyerupai pada gambar dibawah, pilih apache2 kemudian OK untuk melanjutkan.

 Cacti ialah tool network monitoring system  Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Apabila muncul pertanyaan berikut pilih saja Yes, dengan menentukan opsi Yes maka cacti akan otomatis menciptakan database nya sendiri pada MySQL Server tanpa harus dikonfigurasi secara manual.

 Cacti ialah tool network monitoring system  Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Pada kolom MySQL application password for cacti menyerupai gambar dibawah, isi dengan password root MySQL yang sudah teman buat sebelumnya.

 Cacti ialah tool network monitoring system  Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Setelah itu akan muncul kotak obrolan lagi untuk mengkonfirmasi password yang sudah diinput sebelumnya.

Proses installasi cacti sudah selesai, sebelum mengkonfigurasinya lakukan restart pada service snmpd dengan perintah berikut.
sudo /etc/init.d/snmpd restart
Buka web browser, kemudian ketikkan http://ip_address/cacti atau http://domain.com/cacti pada URL kafe browser, akan muncul tampilan Cacti Installation Guide menyerupai gambar dibawah ini.

Klik tombol Next untuk menlanjutkan.

 Cacti ialah tool network monitoring system  Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Secara default installation type nya akan diarahkan ke opsi New Install, dikarenakan kali ini kita ingin menginstall cacti, maka installation type nya biarkan saja, klik tombol Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

 Cacti ialah tool network monitoring system  Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Pada tahap ini, cacti akan memberitahukan apakah semua package pendukung sudah terinstall dengan baik atau belum, jikalau sudah klik tombol Finish.

 Cacti ialah tool network monitoring system  Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04

Setelah mengklik tombol Finish pada tahap sebelumnya, teman akan diarahkan ke halaman login cacti, masukkan default username dan password admin/admin, sehabis itu akan muncul halaman login lagi menyerupai dibawah ini yang mengharuskan teman mengubah password admin nya.

Silahkan input sesuai dengan password yang diinginkan, jikalau sudah klik tombol Save untuk login ke dashboard cacti.

 Cacti ialah tool network monitoring system  Cara Install Cacti di Ubuntu Server 16.04


Setup Poller Spine Pada Cacti


Setelah berhasil login ke dashboard cacti nya, teman harus mensetup spine, apa itu spine ? Spine ialah poller alternatif untuk cacti, secara default cacti akan memakai cmd.php sebagai poller nya, kemudian apa bedanya dengan spine ?

Baik cmd.php maupun spine ialah sama sama poller yang sanggup dipakai pada NMS Cacti, yang membedakan keduanya ialah dengan spine proses polling data menjadi lebih cepet, poller spine ini ditulis memakai bahasa C dan ditautkan pribadi kedalam library net-snmp, sehingga dengan begitu akan meminimalkan waktu proses polling data pada cacti.

Untuk men-setup nya, sehabis berhasil login ke dashboard cacti, klik sajian Settings kemudian klik tab Poller, kemudian pada opsi Poller Type pilih Spine, kemudian klik tombol Save untuk menyimpan.

Proses Installasi dan Konfigurasi Cacti di Ubuntu Server 16.04 LTS sudah selesai, kini teman sudah sanggup memakai NMS Cacti untuk keperluan network monitoring baik itu untuk memonitor penggunaan CPU load, memory usage maupu traffic bandwidth yang ada pada jaringan sobat.

Pada tutorial selanjutnya saya akan membahas bagaimana cara memonitor sebuah host pada cacti dan juga menambahkan template host pada cacti.

:
Cara install plugin pada Cacti

Semoga bermanfaat, terimakasih sudah membaca :-)


Source references :
https://www.cacti.net/what_is_cacti.php
https://scrapdesignsbydonna.blogspot.com//search?q=menggunakan-poller-cactid-atau-spine


0 Response to "Cara Install Cacti Di Ubuntu Server 16.04"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel