Cara Install Plugin Pada Nms Cacti

Cara Install Plugin Pada NMS Cacti - Cacti yaitu salah satu tool network monitoring system (NMS) yang powerfull, cacti juga cukup terkenal dikalangan para IT Network Engineer / Network Administrator untuk keperluan monitoring semua infrastruktur IT yang ada. 

Dengan cacti, kita sanggup memonitoring semua perangkat yang ada baik itu router, switch, server maupun perangkat lainnya, selain banyak perangkat yang sanggup dimonitoring, cacti juga mengatakan fleksibilitas yang tinggi.

Kenapa aku katakan Cacti mengatakan fleksibilitas yang tinggi ? ini dikarenakan cacti didukung dengan banyaknya fitur berupa plugins yang sanggup kita install, beberapa plugins yang umum dipakai diantaranya yaitu plugins monitor, mikrotik, thold, dan setting.

Sebetulnya masih banyak plugins lain yang sanggup diinstall, namun pada tutorial ini aku hanya akan mengatakan referensi cara menambahkan atau menginstall keempat plugins tersebut saja, untuk plugins yang lain cara install nya sama saja kok.


Cara Menambahkan Plugins Pada Cacti


Cacti yang aku install yaitu cacti version 0.8.8b yang berjalan diatas Ubuntu Server 16.04 LTS, jadi jikalau teman menginstall cacti pada operating system yang lain mungkin saja tutorial ini perlu disesuaikan.

Sebelum menginstall atau menambahkan plugins pada cacti, pastikan teman sudah menginstall NMS Cacti nya, panduan mengenai installasi Cacti pada linux ubuntu sanggup teman baca ditautan berikut.

Baca : Cara install cacti di ubuntu server 16.04 LTS

Untuk menginstall plugins cacti pada linux ubuntu server pastikan teman sudah login ke server baik itu memakai PuTTY ataupun aplikasi SSH Client lainnya.

Kemudian install wget untuk mendownload plugins nya melalui terminal.
$ sudo apt-get install wget
Download plugins yang diperlukan, pada tutorial ini kita akan mencoba menginstall plugins monitor, mikrotik, thold dan juga plugins setting. 
$ wget https://docs.cacti.net/_media/plugin:mikrotik_v1.0.tar.gz
$ wget https://docs.cacti.net/_media/plugin:settings-v0.71-1.tgz
$ wget https://docs.cacti.net/_media/plugin:thold-v0.5.0.tgz
$ wget https://docs.cacti.net/_media/plugin:monitor-v1.3-1.tgz
Setelah berhasil di download satu-persatu, sebaiknya kita rename telebih dulu semoga tidak terjadi error saat diekstrak melalui console terminal.
$ mv plugin\:mikrotik_v1.0.tar.gz mikrotik_v1.0.tar.gz
$ mv plugin\:monitor-v1.3-1.tgz monitor-v1.3-1.tgz
$ mv plugin\:settings-v0.71-1.tgz settings-v0.71-1.tgz
$ mv plugin\:thold-v0.5.0.tgz thold-v0.5.0.tgz
Kemudian ekstrak dengan perintah berikut.
$ tar xzf mikrotik_v1.0.tar.gz
$ tar xzf monitor-v1.3-1.tgz
$ tar xzf settings-v0.71-1.tgz
$ tar xzf thold-v0.5.0.tgz
Setelah berhasil di ekstrak, pindahkan folder plugins ke diriktori /usr/share/cacti/site/plugins dengan perintah berikut.
$ sudo mv mikrotik/ /usr/share/cacti/site/plugins
$ sudo mv monitor/ /usr/share/cacti/site/plugins
$ sudo mv settings/ /usr/share/cacti/site/plugins
$ sudo mv thold/ /usr/share/cacti/site/plugins

Login ke dashboard cacti kemudian klik menu Plugin Management, semua plugins yang sudah di upload ke direktori /cacti/site/plugins akan muncul ibarat gambar dibawah.

Klik tombol Install Plugin berwarna biru untuk menginstall plugins nya.

 Cacti yaitu salah satu tool network monitoring system  Cara Install Plugin Pada NMS Cacti

Setelah diinstall maka akan muncul tombol Enable Plugin berwarna hijau ibarat gambar dibawah, klik tombol tersebut untuk mengaktifkan plugins nya.

 Cacti yaitu salah satu tool network monitoring system  Cara Install Plugin Pada NMS Cacti

Apabila semua plugins sudah di enable maka akan muncul tab gres yaitu tab monitor, mtik (mikrotik) dan juga thold. Sedangkan untuk plugins setting, teman sanggup menemukan nya pada hidangan Settings pada dashboard cacti.

 Cacti yaitu salah satu tool network monitoring system  Cara Install Plugin Pada NMS Cacti

Setup semoga plugins yang sudah di install sanggup menampilkan Icon Legend dengan cara klik hidangan Settings > tab Misc, centang pada opsi Show Icon Legend kemudian klik tombol Save ibarat gambar dibawah.

 Cacti yaitu salah satu tool network monitoring system  Cara Install Plugin Pada NMS Cacti

 Cacti yaitu salah satu tool network monitoring system  Cara Install Plugin Pada NMS Cacti

Selesai, hingga disini plugins pada cacti pun sudah berhasil diinstall dan sanggup dipakai untuk mengoptimalkan NMS Cacti untuk keperluan monitoring.

Semoga bermanfaat ..

0 Response to "Cara Install Plugin Pada Nms Cacti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel