Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti

Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti - Router mikrotik merupakan salah satu perangkat jaringan berupa router yang sanggup dimonitoring memakai NMS (network monitoring system) cacti, tentunya dengan memanfaatkan protocol SNMP biar NMS cacti sanggup membaca semua informasi yang terdapat didalam router mikrotik.

Secara default sesudah kita selesai menginstall cacti, bahwasanya kita sudah sanggup pribadi menambahkan device mikrotik pada cacti untuk dimonitoring dan menampilkan graph traffic / penggunaan bandwidth yang ada pada router mikrotik, template default yang sanggup dipilih yaitu ucd/net SNMP Host.


Namun kekurangan nya ialah kita hanya sanggup menampilkan graph traffic / penggunaan bandwidth yang ada pada port interface nya saja, kemudian bagaimana jikalau kita ingin menampilkan graph seperti simple queue dan queue tree ?

Nah pada ketika ibarat itulah kita perlu menginstall atau menambahkan host template mikrotik pada NMS cacti, dengan host template mikrotik kita sanggup meng-graph traffic :

Graph Template Name
  • Mikrotik - IP - ARP Entries
  • Mikrotik - IP - Routes
  • Mikrotik - PPP - Active
  • Mikrotik - System - Available Disk Space
  • Mikrotik - System - CPU Load
  • Mikrotik - System - Memory Usage
  • Mikrotik - System - Uptime
  • Mikrotik - Wireless - RegTable Connections

Data Query Name
  • Mikrotik - Queue - Simple
  • Mikrotik - Queue - Tree
  • Mikrotik - Wireless - Client
  • Mikrotik - Wireless - Registration Table
  • SNMP - Interface Statistics

Bisa dibilang dengan menginstall host template mikrotik pada cacti, kita sanggup memonitor semua traffic dan juga resource yang ada pada router mikrotik dalam bentuk grafik, tertarik menginstallnya ?


Tutorial Menambahkan Host Template Mikrotik di Cacti


Untuk menginstall host template mikrotik ini caranya cukup gampang sob, tapi sebelum itu teman harus mendownload template nya disini.

File yang teman download tersebut berekstensi .zip sehingga perlu di unzip terlebih dulu sebelum diinstall.
unzip mikrotik-20090210.zip
File yang didownload biasanya masuk ke direktori  /Downloads, biar lebih gampang pindahkan folder template mikrotik hasil unzip tersebut ke direktori /home dengan perintah.
mv mikrotik-20090210 $HOME
Didalam folder tersebut terdapat 3 folder utama yaitu resource, scripts dan template, kita hanya akan memindahkan file yang ada pada folder resource dan scripts saja, sedangkan template nya akan kita import pribadi dari halaman konfigurasi cacti.

# Copy file script_server ke direktori cacti/resource/script_server

 $ sudo cp mikrotik-20090210/resource/script_server/mikrotik_wireless_interfaces.xml /usr/share/cacti/resource/script_server/

# Copy file snmp_queries ke direktori cacti/resource/snmp_queries

$ sudo cp mikrotik-20090210/resource/snmp_queries/mikrotik_queue_simple.xml /usr/share/cacti/resource/snmp_queries/ $ sudo cp mikrotik-20090210/resource/snmp_queries/mikrotik_queue_tree.xml /usr/share/cacti/resource/snmp_queries/ $ sudo cp mikrotik-20090210/resource/snmp_queries/mikrotik_wireless_client.xml /usr/share/cacti/resource/snmp_queries/ 

# Copy file scripts ke direktori cacti/site/scripts

$ sudo cp mikrotik-20090210/scripts/mikrotik_ppp_connections.php /usr/share/cacti/site/scripts/ $ sudo cp mikrotik-20090210/scripts/mikrotik_wireless_interfaces.php /usr/share/cacti/site/scripts/

Kalau semua langkah-langkah diatas sudah selesai, tahap terakhir ialah mengimport file cacti_host_template_mikrotik.xml yang berada di dalam folder template ke sajian Console pada dashboard cacti.

Silahkan login ke dashboard cacti, pada sajian Console klik submenu Import Templates ibarat yang aku tandai pada gambar dibawah, kemudian klik sajian Choose File dan arahkan ke folder daerah dimana file cacti_host_template_mikrotik.xml tersebut berada.

Terakhir klik tombol Import.

Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti

Setelah mengklik tombol Import pastikan alhasil ibarat gambar dibawah yang menunjukan bahwa host template mikrotik sudah berhasil di import kedalam NMS cacti.

Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti

Apabila host template mikrotik sudah berhasil di import kedalam cacti, ketika nanti teman menambahkan device mikrotik gres yang akan di monitoring memakai cacti Host Template nya pilih saja Mikrotik, kemudian klik tombol Create.

Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti

Apabila template yang di import sudah berhasil dan tidak terjadi error, maka ketika teman mengklik tombol Create akan muncul ibarat gambar dibawah, pastikan Status nya sudah Success dan muncul nilai items yang sanggup di graph.

Kalau tidak muncul nilai Items nya, klik Verbose Query untuk debugging biar sanggup diketahui error yang terjadi, alasannya ialah dengan melaksanakan debugging cacti akan memberitahukan pesan error nya.

Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti

Namun jikalau tidak ada duduk kasus atau error yang terjadi, teman sudah sanggup menciptakan graph nya baik itu pada port interface, maupun simple queue dan queue tree.

Oh ya, untuk memonitoring device mikrotik dan menampilkan graph nya pada NMS cacti tidak sanggup pribadi menambahkan IP nya begitu saja lho. Tentunya kita harus mengkonfigurasi SNMP pada router mikrotik nya gres sesudah itu sanggup di tambahkan pada sajian Device cacti.

Untuk lebih jelasnya sanggup teman baca di postingan aku sebelumnya (Baca : Tutorial cara monitoring router mikrotik dengan cacti)

Selain sanggup menginstall atau menambahkan template tertentu pada cacti, ternyata kita juga sanggup menginstall plugins untuk menambahkan fitur-fitur lain yang belum tersedia secara default ketika proses installasi selesai.

: Cara install plugins pada NMS Cacti

Demikian tutorial sederhana ini, semoga bermanfaat ya sob, jangan lupa like, komen dan juga share biar artikel-artikel yang ada diblog ini sanggup terus berkembang dan memperlihatkan manfaat untuk kita semua 😊


0 Response to "Cara Install Host Template Mikrotik Pada Cacti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel