Wavemon - Tool Wireless Analyzer Berbasis Cli Di Gnu/Linux

Apa itu wavemon ?

Wavemon ialah aplikasi wireless analyzer berbasis ncurses yang memungkinkan kita untuk mengetahui kekuatan signal wifi dan juga tingkat noise, statistik paket, konfigurasi perangkat dan parameter pada perangkat jaringan wireless (access point).

Wavemon memakai antarmuka baris perintah (CLI) sehingga kita harus memakai console terminal untuk menjalankan aplikasi ini. 

 Wavemon ialah aplikasi wireless analyzer berbasis ncurses yang memungkinkan kita untuk m Wavemon - Tool Wireless Analyzer Berbasis CLI di GNU/Linux

Dengan wavemon kita bisa melihat kualitas link wireless (%), level signal wireless (-dBm), level signal wireless (dalam bentuk spectrum), dan melihat list jaringan wifi yang berada disekitar kita, bahkan wavemon bisa mendeteksi SSID wifi yang di hidden sekalipun.

Wavemon didistribusikan di bawah GNU General Public License version 3 (GPLv3), untuk deskripsi lengkapnya silahkan lihat file COPYING.

Dependensi

Wavemon membutuhkan Kernel Linux dengan ekstensi wireless yang diaktifkan. Jika konfigurasi Kernel teman masih memakai CONFIG_CFG80211, pastikan opsi konfigurasi CONFIG_CFG80211_WEXT telah diatur.

Sebagai tambahan, berikut dependensi yang diperlukan.
  • Netlink libnl setidaknya versi 3.2
  • Termasuk dukungan Netlink Generik (libnl-genl)
  • Ncurses development files (libncurses5-dev),
  • paket pkg-config

Untuk distro linux Debian/Ubuntu cara installnya cukup mudah, hanya dengan mengetikkan perintah berikut di console terminal.
$ sudo apt-get -y install pkg-config libncurses5-dev libnl-3-dev libnl-genl-3-dev

Cara Install Wavemon Wireless Analyzer di GNU/Linux

Wavemon memakai autoconf, sehingga untuk proses installasinya cukup mudah, berikut cara install wavemon di GNU/Linux.
$ git clone https://github.com/uoaerg/wavemon.git
$ cd wavemon
$ ./configure
$ make
$ sudo make install
Secara default dikala kita menjalankan wavemon dengan user biasa (non-root), maka kita tidak akan bisa mengakses mode monitor (Scan window), sehingga untuk mengakses mode monitor kita harus memakai perintah sudo wavemon.

Agar kita bisa mengakses mode monitor dengan user biasa (non-root), ketik perintah berikut.
$ sudo make install-suid-root
Untuk menjalankan wavemon, gunakan perintah berikut.
$ wavemon
Secara default, dikala kita menjalankan wavemon maka otomatis akan muncul tampilan Info Screen seperti gambar dibawah, disini kita bisa melihat gosip menyerupai link quality, signal level, statistics, MAC address access point, interface wlan bahkan IP address yang didapatkan dari access point.

 Wavemon ialah aplikasi wireless analyzer berbasis ncurses yang memungkinkan kita untuk m Wavemon - Tool Wireless Analyzer Berbasis CLI di GNU/Linux

Untuk menampilkan signal strength dalam bentuk spectrum (gelombang), teman bisa menekan tombol F2 pada keyboard.

 Wavemon ialah aplikasi wireless analyzer berbasis ncurses yang memungkinkan kita untuk m Wavemon - Tool Wireless Analyzer Berbasis CLI di GNU/Linux

Tekan tombol F3 pada keyboard untuk melaksanakan scanning jaringan wifi yang tersedia disekitar sobat, layaknya tool wireless analyzer pada umumnya, dengan wavemon kita juga bisa melihat gosip menyerupai SSID, MAC address access point, signal strength (% dan -dBm) hingga channel yang digunakan.

Selain itu, wavemon juga bisa mendeteksi adanya SSID yang dihidden.

 Wavemon ialah aplikasi wireless analyzer berbasis ncurses yang memungkinkan kita untuk m Wavemon - Tool Wireless Analyzer Berbasis CLI di GNU/Linux

Dari gambar diatas, MAC address dari masing-masing SSID mempunyai warna yang berbeda, itu artinya yang berwarna Merah ialah jaringan wifi yang dilengkapi security key (password) menyerupai WPA/WPA2-PSK. Sedangkan ...

Yang berwarna Hijau mengindikasikan bahwa jaringan wifi tersebut bersifat open (tidak diproteksi memakai password).


Fungsi lain yang bisa dipakai yaitu :

F7 : Preferences, yaitu untuk menyesuaikan pengaturan aplikasi wavemon
F8 : Help, untuk menampilkan gosip bantuan
F9 : About, menampilkan gosip mengenai wavemon
F10 : Quit, untuk keluar dari aplikasi wavemon

Kesimpulan

Wavemon merupakan aplikasi wireless tool analyzer yang ringan, powerfull dan tentunya sangat gampang digunakan, selain alasannya ialah aplikasi ini berukuran cukup kecil, juga sangat mudah dipakai alasannya ialah hanya dengan console terminal saja kita sudah bisa menjalankan aplikasi ini.


Sumber tumpuan :

0 Response to "Wavemon - Tool Wireless Analyzer Berbasis Cli Di Gnu/Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel