Mempercantik Terminal Dengan Figlet Dan Cowsay

Linux is Fun ! Itulah kata yang pantas di ucapkan dikala kita memakai system operasi yang satu ini, banyak hal unik yang sanggup kita lakukan bahkan hanya dengan bermain-main di console terminal sekalipun, sebelumnya saya pernah posting artikel wacana Cara mempercantik terminal di linux ubuntu 14.04. Nah artikel saya yang satu ini juga masih membahas wacana mempercantik terminal di linux, namun beda nya kali ini bukan mengenai install screenfetch atau archey di linux tapi install Figlet dan Cowsay.

Apa itu Figlet dan Cowsay ?

Apa itu figlet dan cowsay ? figlet ialah sebuah agenda yang sanggup menampilkan goresan pena berbentuk ASCII pada terminal linux, sedangkan cowsay ialah agenda yang sanggup menampilkan huruf binatang dalam format ASCII pada terminal linux.

Secara umum kedua nya berfungsi untuk mempercantik terminal linux semoga terlihat lebih keren dan mengesankan, bahkan dengan kombinasi figlet dan cowsay kita sanggup menampilkan huruf berbentuk binatang dan juga goresan pena dalam format ASCII di terminal linux secara bersamaan.

Kalau sahabat penasaran, silahkan lihat dulu pola screenshoot nya di bawah.


Gambar diatas ialah pola output dari cowsay, sedangkan gambar dibawah ialah pola output dari perintah figlet yang dijalankan di terminal linux.


Cara Install Figlet dan Cowsay di Linux Ubuntu

Bagaimana, menarik bukan ? Agar sahabat sanggup memakai figlet dan cowsay silahkan ketikan perintah berikut untuk menginstall-nya melalui terminal.
$ sudo apt-get install figlet 
$ sudo apt-get install fortune cowsay
Setelah berhasil di install kita harus mengedit file ./bashrc yang terdapat di direktori $HOME agar dikala kita membuka terminal figlet dan cowsay otomatis muncul.
$ sudo gedit .bashrc
Kalau file .bashrc sudah terbuka tambahkan script berikut di baris paling bawah
cowsay -f dragon "UBUNTU | Linux For Human Being"
figlet -f shadow "Dodi venturaz"

Keterangan :
-f  = font
dragon  = gambar yang akan di tampilkan
shadow = jenis font yang di tampilkan

Kalau sudah di tambahkan save dan close file .bashrc nya, silahkan buka kembali terminal sahabat dan akhirnya akan terlihat menyerupai ini.


Sampai tahap ini terminal linux sahabat sudah berhasil di install dan di kustomisasi dengan figlet dan cowsay, banyak pilihan gambar dan font yang tersedia, sahabat sanggup melihat nya di directory cowsay dan figlet.

Untuk melihat pilihan font (figlet) yang tersedia sahabat sanggup melihatnya di directory :
$ cd /usr/share/figlet/
Sedangkan, untuk melihat gambar (cowsay) yang ada sanggup di lihat di directory :
$ cd /usr/share/cowsay/cows/
Berikut pola gambar cowsay lain yang sanggup sahabat gunakan.



Cukup hingga disini tutorial nya sob, silahkan sahabat berkreasi dan eksplorasi sendiri semoga sahabat sanggup semakin betah bermain-main dengan terminal linux sobat, mohon maaf jikalau ada kesalahan penulisan kata, semoga sanggup membantu sahabat yang suka ngoprek linux. salam open source :-)

artikel menarik lainnya sob di link berikut :
Cara mempercantik terminal linux minta rafaela
Cara menulis teks menjadi gambar ASCII di terminal linux
Cara mempercantik terminal linux dengan screenfetch dan archey

0 Response to "Mempercantik Terminal Dengan Figlet Dan Cowsay"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel