Menampilkan Teks Warna Pelangi Dengan Lolcat Di Linux

Linux yaitu system operasi yang tidak bisa lepas dari command line interface (CLI), hampir semua pekerjaan yang biasa kita lakukan dengan GUI bisa juga di selesaikan hanya dengan CLI, mulai dari melihat isi dari sebuah direktori, menciptakan direktori, menghapus direktori, menghapus file, memindahkan file, copy paste file,  download file dari internet, install dan uninstall paket software bahkan kebutuhan multimedia menyerupai memutar musik pun bisa kita jalankan melalui terminal linux dengan command line interface (CLI).

Makara tidak heran dengan membuka terminal linux kita memiliki kemampuan super user yang memegang semua kendali pada system operasi linux, apa sahabat berfikir linux itu membosankan ? eiittss .. coba dulu sahabat bereksplorasi dengan terminal linux kesayangan.

Adakala-nya kita sebagai pengguna GNU/Linux merasa bosan dengan output yang ditampilkan pada terminal linux yang hanya itu itu saja, alasannya saya pun sering merasa menyerupai itu. Tapi jangan berkecil hati sob, alasannya menyerupai yang sudah saya bahas diatas semua pekerjaan bisa kita lakukan melalui terminal linux dengan CLI, termasuk mempercantik dan memodifikasi output yang ditampilkan dari perintah-perintah yang kita ketik.

Cara Install Lolcat di Linux

Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara install software Lolcat dan penggunaan nya di terminal linux.

Apa itu Lolcat ? homogen serangga menyerupai Tomcat kah ? tentu saja bukan sob, lolcat bersama-sama menyerupai dengan perintah cat yang dipakai untuk menampilkan isi dari sebuah file melalui terminal linux, tapi yang membedakan keduanya yaitu hasil final dari perintah lolcat yang berwarna warni menyerupai pelangi.

Warna - warni kaya pelangi ? lho kok bisa ? gimana caranya? terang bisa sob dan untuk cara nya silahkan baca hingga selesai postingan ini sob.

Pertama install dulu ruby, buka terminal dan ketikan perintah ini.
$ sudo apt-get install ruby
Kemudian install lolcat dengan gem
$ sudo gem install lolcat


Cara Menggunakan Lolcat di Linux

Kalau sudah berhasil di install, berikut cara penggunaan dari perintah Lolcat sob.

A. Menampilkan option dari perintah lolcat, ketikan command dibawah
$ lolcat -h
Berikut output yang ditampilkan dari perintah lolcat -h menyerupai diatas.


B. Menampilkan isi dari sebuah file teks, ketikkan perintah lolcat dengan format menyerupai ini.
$ lolcat nama_file.txt
Contoh saya ingin menampilkan isi dari sebuah file lirik lagu yang berekstensi .txt 
$ lolcat lirik-lagu.txt

C. Menampilkan isi dari sebuah folder dengan output lolcat memakai pipe (|)
$ ls -l lolcat Downloads/Folder/ | lolcat
Berikut teladan output yang ditampilkan saat mengetikkan adonan perintah ls dan lolcat.


D. Menampilkan file dengan pengaruh pelangi berkedip-kedip
$ echo "dodiventuraz.blogspot.com" | lolcat -a -d 3500

Oke hingga disini dulu tutorialnya sob, menarik bukan ? meskipun bukan sesuai yang harus sahabat pelajari saat memakai OS berbasis GNU/Linux, tapi setidaknya kita bisa melaksanakan hal-hal unik melalui terminal linux yang tentu saja tidak bisa dilakukan jikalau sahabat memakai OS tetangga sebelah. Semoga bermanfaat.

Menulis teks menjadi gambar ASCII di terminal linux


Source references :
http://kabarlinux.web.id/2015/lolcat-nuansa-pelangi-di-command-line-linux/

0 Response to "Menampilkan Teks Warna Pelangi Dengan Lolcat Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel