Cara Setting Ip Address Di Gnu/Linux Via Terminal

Masih seputar tutorial di GNU/Linux, kali ini saya akan membahas tutorial bagaimana cara konfigurasi IP address di GNU/Linux dengan menggunakan command line di terminal, kenapa harus pakai command line bukankah sudah ada network manager yang bisa mempermudah kita mengkonfigurasi IP address ? Betul, itu bila teman menggunakan OS linux yang sudah dilengkapi desktop environment yang user friendly.

Namun, apabila teman ingin mengkoneksikan server berbasis linux yang tidak menggunakan desktop environment ke jaringan lokal kemampuan ini mutlak harus teman kuasai semoga PC server yang teman konfigurasi bisa terhubung ke jaringan, bagaimana caranya ? please read this article till end :-D



Konfigurasi IP Address di GNU/Linux via Terminal

Mengkonfigurasi IP address di GNU/Linux menggunakan command line pada console terminal biasa nya dilakukan apabila kita menginstall linux server untuk kebutuhan menyerupai proxy server, SMTP server, DNS server dan lain-lain yang tidak dilengkapi dengan desktop environment yang berbasis GUI.

Sedangkan untuk mengkonfigurasi IP address static di GNU/Linux, teman harus mengedit file interface yang ada di directory /etc/network/ menggunakan teks editor nano, gedit, leafpad atau teks editor lain nya, namun pada pola kali ini saya menggunakan teks editor nano alasannya yakni bisa dijalankan pribadi pada console terminal, berikut perintah nya :
$ sudo nano /etc/network/interfaces
Kalau file nya sudah terbuka tambahkan konfigurasi menyerupai gambar dibawah, silahkan isi IP address, netmask, network, broadcast & gateway sesuai IP local network sobat. Tekan tombol CRTL + X dan tekan lagi Y di keyboard untuk menyimpan konfigurasi.


Agar bisa terhubung ke internet tentunya kita harus menambahkan DNS (domain name server), edit file /etc/resolv.conf, ketikkan perintah dibawah pada terminal untuk membuka file resolv.conf pada directory /etc :
$ sudo nano /etc/resolv.conf
Isikan primary dan secondary dns teman menyerupai gambar dibawah ini


Kemudian tekan tombol CRTL + X dan tekan lagi Y di keyboard untuk menyimpan, bila konfigurasi IP address dan DNS sudah selesai, selanjutnya lakukan restart service network manager dengan perintah berikut :
$ sudo /etc/init.d/network-manager restart

Sekarang coba teman test koneksi dengan perintah ping ke gateway dan ke situs internet, bila konfigurasi nya sudah berhasil maka kesannya akan reply dan linux server yang teman konfigurasi sudah terhubung baik ke local network maupun ke internet. Good luck :-)

: Konfigurasi IP Address via CMD di Windows

0 Response to "Cara Setting Ip Address Di Gnu/Linux Via Terminal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel