Install Desktop Environment Mate Di Kali Linux 2.0

MATE merupakan fork dari GNOME 2,  yaitu sebuah lingkungan desktop yang intuitif dan menarik dengan memakai metafora tradisional untuk Linux dan sistem operasi Unix-like lainnya. MATE yaitu salah satu desktop environment yang ringan dan gampang di kustomisasi bagi pengguna gres sekalipun, di artikel sebelumnya aku sudah menjelaskan bagaimana cara install desktop environment xfce4 di kali linux 2.0.

Karena bermacam-macam nya jenis desktop environment yang sanggup di install di distro kali linux,  untuk itu aku rasa perlu menulis tutorial ini sebagai dokumentasi eksklusif dan biar saja bermanfaat bagi teman yang ingin memakai desktop MATE.

Aplikasi Standar Desktop MATE

Setiap DE (desktop environment) mempunyai aplikasi standar bawaan nya sendiri menyerupai aplikasi file manager, teks editor, image viewer, document viewer dan juga console terminal. Begitu juga dengan desktop MATE, dan berikut aplikasi standar bawaan desktop MATE :

Caja, merupakan file manager standar desktop mate (dari nautilus)
Pluma, teks editor simple yang dipakai untuk keperluan editor teks (dari gedit)
Eye of MATE, image viewer menyerupai Eye of Gnome pada desktop Gnome
MATE Terminal, terminal emulator untuk keperluan command line interface
Atril, document viewer menyerupai evince 

Itulah beberapa aplikasi bawaan khas desktop MATE saat sudah berhasil kita install, jikalau teman tertarik menginstall nya silahkan ikuti tutorial di postingan ini.

Cara Install Desktop MATE di Kali Linux 2.0

Sebelum install desktop MATE teman harus melaksanakan update dan upgrade terlebih dulu, buka terminal linux dan login sebagai sudo dengan mengetikkan sudo su, lalu masukkan perintah berikut di terminal
# apt-get update && apt-get upgrade -y
Install desktop MATE di kali linux 2.0 (sana) sangat gampang sebab sudah tersedia di repository nya, teman hanya perlu mengetikkan perintah berikut dan tunggu hingga final untuk menginstall nya
# apt-get install mate-core mate-desktop-environment-extra mate-desktop-environment-extras
Tunggu hingga selesai, silahkan logout dan login kembali memakai username dan password yang sama, saat sudah final memasukkan password klik icon "gear" lalu teman pilih MATE. Berikut screenshoot desktop MATE di kali linux aku yang sudah berhasil terinstall dengan baik.



Menghapus Desktop MATE

Kalau teman merasa kurang nyaman memakai desktop MATE sebab beberapa alasan, teman sanggup dengan gampang menghapus nya dari system linux dengan mengetikkan command berikut :
# apt-get remove mate-core mate-desktop-environment-extra mate-desktop-environment-extras
Desktop MATE memperlihatkan pengalaman yang berbeda, sebab menyuguhkan antar muka yang klasik menyerupai Gnome 2 sebab memang proyek ini merupakan  pengembangan dari Gnome 2, sehingga bagi teman linuxer yang kurang nyaman dan tidak sanggup mendapatkan interface yang dihadirkan oleh Gnome Shell desktop MATE sanggup jadi salah satu alternatif. Semoga bermanfaat :-)


Source references :
http://mate-desktop.com/
https://www.blackmoreops.com/2015/10/19/install-mate-desktop-in-kali-linux-2-x-kali-sana/

0 Response to "Install Desktop Environment Mate Di Kali Linux 2.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel