Cara Install Winbox Di Gnu/Linux Tanpa Wine

Pengertian Winbox

Winbox yaitu software utility yang dipakai untuk keperluan remote Router Mikrotik dengan mode GUI (Graphical User Interface), aplikasi winbox ini dapat membantu memudahkan bagi yang tidak mau repot me-remote router mikrotik dengan command line interface.

Kalau sahabat mendownload aplikasi winbox di website resmi-nya www.mikrotik.com yang tersedia hanya aplikasi winbox khusus pengguna OS Windows dengan ekstensi file *.exe, tapi bagaimana jikalau kita memakai OS berbasis Linux ? bekerjsama aplikasi winbox dapat dijalankan di OS Linux dengan cara install wine emulator secara manual lebih dulu, tapi jikalau sahabat tidak mau repot install wine secara manual dapat eksklusif menginstall aplikasi winbox for linux ini.

 

Cara Install Winbox di GNU/Linux

Sebetulnya mikrotik sendiri belum menyediakan aplikasi winbox khusus linux, jadi aplikasi winbox for linux yang selama ini dikenal khusus untuk OS linux yaitu winbox.exe yang sudah di bundle dengan wine dan dijadikan ekstensi .deb sehingga kita dapat menginstall nya di linux tanpa harus menginstall wine emulator nya dulu secara manual. Tapi sebab berekstensi .deb maka aplikasi winbox ini hanya bisa diinstall di OS Linux Debian & Ubuntu beserta turunan nya saja, silahkan download dulu aplikasi nya DISINI.

Kalau sudah berhasil di download silahkan buka terminal dan masuk ke directory daerah file yang sudah didownload tadi berada, biasanya di directory Downloads.
cd Downloads/
Selanjutnya install aplikasi dengan dpkg, ketikkan perintah berikut untuk menginstallnya diterminal. 
sudo dpkg -i winbox4lin.deb 
sudo apt-get install -f
Tunggu hingga selesai, sebab disini aku memakai Distro linux backbox dengan desktop xfce4 cara membuka aplikasi nya dengan cara klik Applications Menu > Other > Winbox, dapat juga dengan membuka nya eksklusif dari terminal dengan mengetikkan perintah winbox.

: Cara install desktop environment xfce4 di kali linux


Gambar diatas yaitu screenshoot winbox yang sudah berhasil diinstall di laptop aku dengan distro linux backbox,

Salah satu kelebihan dari router mikrotik yaitu adanya software utility winbox yang secara khusus dibentuk untuk keperluan konfigurasi semua perangkat mikrotik baik itu routerboard, wireless radio dan lain-lain. Sehingga proses mengkonfigurasi router mikrotik menjadi lebih mudah.

Namun ada satu hal yang sangat di sayangkan, yaitu pihak mikrotik hingga kini masih belum merilis software utility winbox khusus untuk pengguna linux secara resmi padahal tidak sedikit pengguna router produk mikrotik yang memakai linux sebagai OS di laptop nya, berdasarkan aku pribadi ini sesuatu yang asing mengingat RouterOS yang dikembangkan oleh pihak mikrotik sendiri memakai kernel dari linux.

Oh ya, jikalau sahabat menginstall winbox di OS linux ada beberapa kekurangan salah satu nya yaitu apabila sahabat hendak mengkonfigurasi router mikrotik yang gres di reset biasa nya akan kesulitan mengakses router mikrotik memakai MAC address sebab begitu sahabat scan MAC address nya memakai winbox biasa nya fitur MAC discovery nya tidak dapat berjalan dengan baik, karenanya kita harus scan MAC address router mikrotik berulang-ulang semoga dapat mengakses konfigurasi router mikrotiknya.

Akhir kata, semoga goresan pena aku kali ini sedikitnya dapat bermanfaat untuk sobat, terimakasih.

1 Response to "Cara Install Winbox Di Gnu/Linux Tanpa Wine"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel