Cara Setting Bridge Interface Mikrotik

Router Mikrotik ialah salah satu jenis router yang handal untuk keperluan networking alasannya setiap port interface pada routerboard mikrotik dapat di set dengan IP Address yang berbeda, tapi terkadang ada kalanya teman ingin memfungsikan port interface router mikrotik sebagai bridge. Nah, untuk keperluan ibarat ini router mikrotik sendiri sudah mempunyai fitur "brigde" yang memungkinkan teman untuk men-set IP Address yang sama pada beberapa port interface.

Pada kesempatan kali ini aku akan menciptakan tutorial cara setting brigde interface pada router mikrotik, di tutorial ini aku akan menciptakan brigde interface untuk port interface ether3, ether4 dan interface wlan1 supaya client di lokal network yang terkoneksi ke router mikrotik melalui port interface ether3 & interface ether4 dapat mendapat segmen IP Address yang sama dengan client yang terkoneksi memakai wifi.


Membuat Brigde Interface Pada RouterBoard Mikrotik

Router mikrotik yang aku gunakan untuk simulasi kali ini yaitu RB951Ui-2HnD dengan RouterOS versi 6.30 dan memakai software utility winbox dengan antarmuka GUI, untuk mengkonfigurasi nya teman login ke router mikrotik via winbox kemudian ikuti langkah-langkah berikut :
> Klik sajian Bridge 
> Klik tanda plus (+) untuk menambahkan interface brigde
> Di tab General silahkan ganti nama interface brigde nya pada parameter Name 
Kalau sudah silahkan klik Apply dan klik lagi OK. Silahkan lihat gambar dibawah untuk lebih terang nya.


Tahap kedua yaitu menambahkan port interface yang akan di jadikan brigde, di pola tutorial ini aku akan mem-bridge port interface ether3, ether4 dan wlan1, masih di sajian Brigde klik tab Ports  > klik tanda plus (+) > kemudian pada parameter Interface silahkan pilih port yang akan di brigde kemudian klik Apply dan OK. Silahkan ulangi sesuai dengan jumlah port yang akan di brigde.


Untuk memastikan interface Bridge yang sudah teman buat tadi running atau belum, klik sajian Interface di sebelah kiri, jikalau konfigurasi nya sudah betul maka akan terlihat nama interface gres yaitu bridge1 dengan flag R yang berarti sudah running dan siap digunakan.


Kalau teman sudah selesai menciptakan interface baru tahap berikut nya yaitu teman harus menambahkan IP Address pada interface brigde yang sudah dibentuk sebelumnya :
> Klik sajian IP - Addresses
Klik tanda plus (+) untuk menambahkan IP Address baru
Isikan IP Address yang di inginkan di kolom Address
Silahkan pilih bridge1 pada parameter Interface
Kalau sudah klik OK. silahkan teman lihat gambar dibawah supaya lebih jelas.


Apabila teman akan mengkonfigurasi DHCP Server untuk interface brigde yang sudah dibuat, klik sajian IP > DHCP Server > DCHP Setup, pada opsi DHCP Server Interface pilih bridge1 selanjutnya tinggal klik next-next saja hingga selesai.


Kesimpulan

Selamat ! teman sudah berhasil mengkonfigurasi bridge interface pada router mikrotik, untuk mengkonfigurasi beberapa port interface pada router mikotik supaya mempunyai segmen IP address yang sama teman dapat memanfaatkan fitur bridge dan switch port.

Fungsi kedua fitur tersebut hampir sama tapi proses konfigurasi nya berbeda, untuk tutorial konfigurasi switch port pada router mikrotik akan aku bahas di postingan berikutnya. Jadi, pastikan teman terus mengunjungi blog ini ya.

Kalau ada kritik, saran ataupun pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya sob ;) semoga bermafaat.

0 Response to "Cara Setting Bridge Interface Mikrotik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel