Cara Install Virtualbox Di Linux Mint 17.2

Oracle VM VirtualBox ialah perangkat lunak virtualisasi, yang sanggup dipakai untuk mengeksekusi atau menjalankan sistem operasi pelengkap di dalam sistem operasi utama secara virtual. Sebagai contoh, jikalau sahabat mempunyai sistem operasi utama Linux Mint yang terpasang di komputer, maka sahabat sanggup juga menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi Linux Mint tersebut.

Lho kok sanggup ? sanggup sob, dengan virtualbox kita sanggup menjalankan sistem operasi apa saja didalam sistem operasi utama secara virtual, hampir semua sistem operasi yang ada dikala ini sanggup kita install di virtualbox, selain sistem operasi komputer kita juga sanggup menginstall sistem operasi jaringan untuk keperluan simulasi misalnya RouterOS MikroTik yang sanggup kita install di virtualbox.

Oke balik lagi ke pembahasan materi pada artikel kali ini sob, di artikel ini saya akan menawarkan tutorial cara install VirtualBox 4.3 di system operasi linux mint 17.2 rafaela. Karena linux mint masih turunan dari distro ubuntu tentu saja tutorial ini sanggup juga sahabat praktekkan di distro linux ubuntu.

VirtualBox mempunyai kegunaan bagi sahabat yang ingin mencoba-coba OS atau distro linux tanpa harus menginstall-nya di harddisk drive laptop sobat, bagi sahabat yang ingin tahu cara install VirtualBox di linux mint silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Cara Install VirtualBox di Linux Mint 17.2

Pertama silahkan buka terminal linux sahabat dan buka file /etc/apt/source.list dengan mengetikkan perintah berikut ini di terminal.
$ sudo gedit /etc/apt/sources.list
Kalau sudah terbuka silahkan tambahkan baris perintah berikut, save dan close file nya kalau sudah selesai.
deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian trusty contrib
Import public key dari repository Oracle VM VirtualBox untuk system linux sobat
$ wget -q http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian/oracle_vbox.asc -O- | sudo apt-key add -
Lakukan update database repository dengan perintah berikut
$ sudo apt-get update
Kalau langkah-langkah di atas sudah di lakukan dengan baik dan benar, kini sahabat sanggup menginstall VirtualBox nya dengan mengetikkan perintah ini di terminal.
$ sudo apt-get install virtualbox-4.3
Tunggu hingga proses install nya selesai.

Paket dkms memastikan bahwa modul kernel host VirtualBox (vboxdrv, vboxnetflt dan vboxnetadp) diperbarui dengan baik jikalau versi kernel linux mengalami perubahan selama melaksanakan perintah apt-get upgrade, untuk menginstall nya ketikkan perintah berikut.
$ sudo apt-get install dkms 
Sampai disini final sudah semua proses untuk menginstall virtualbox di linux mint sobat, untuk menjalankan nya sanggup mengetikkan perintah virtualbox eksklusif dari terminal atau membukanya dengan klik Menu > Administration  > Oracle VM VirtualBox kalau sahabat memakai desktop cinnamon.

Berikut screenshoot distro linux manjaro dengan desktop Xfce 32 bit yang saya jalankan memakai Oracle VM VirtualBox di linux mint saya.

 Oracle VM VirtualBox ialah perangkat lunak virtualisasi Cara Install VirtualBox di Linux Mint 17.2

Bagaimana, tertarik ? silahkan dicoba sob, dengan adanya virtualbox sahabat tidak perlu repot repot menginstall di harddisk drive kalau ingin mencoba distro linux yang lain.

Selain virtualbox sebenarnya masih ada beberapa software virtual machine yang terkenal menyerupai Qemu, VMware dan lain-lain. Tapi dari sekian banyak nya pilihan software virtual machine, virtualbox ialah software virtual machine yang paling populer.

Semoga bermanfaat.


Source references : 
https://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox
http://www.itzgeek.com/how-tos/virtualization/install-virtualbox-4-3-on-linux-mint-17.html

0 Response to "Cara Install Virtualbox Di Linux Mint 17.2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel