Mempercantik Terminal Linux Mint 17.2 Rafaela

Linux ialah system operasi open source yang artinya semua orang dapat dengan gampang memodifikasi, membuat, bahkan mendisitribusikan nya lagi, kelebihan dari system operasi berbasis open source ialah kita dibebaskan berkreasi terhadap system linux yang kita gunakan, kita dapat mengubah tampilan desktop sesuai dengan yang kita inginkan termasuk memodifikasi tampilan terminal di system linux kita.

Ya, terminal linux merupakan shell yang powerfull sebab dengan terminal kita dapat melaksanakan apapun di system linux kita, namun terkadang kita seringkali jenuh dengan tampilan terminal yang itu itu saja, terminal di linux menjadi serpihan dari system yang dapat kita modifikasi sedemikian rupa semoga kita betah berlama-lama menggunakannya. Bicara mengenai modifikasi terminal di linux memang tidak ada habis nya, nah di kesempatan ini saya akan memperlihatkan trik modifikasi prompt pada terminal linux.

Tutorial kali ini sebenarnya trik menggabungkan figlet, cowsay dan file .bashrc yang sudah di modifikasi sebelumnya untuk menciptakan tampilan terminal linux kita menjadi lebih keren, jadi saya asumsikan sahabat sudah menginstall figlet dan cowsay bila belum tahu cara install dan konfigurasinya silahkan baca artikel saya sebelumnya perihal cara Mempercantik Terminal dengan Figlet dan Cowsay, kalau sudah di install figlet dan cowsay nya kita lanjutkan ke tahap selanjutnya.

Sebelumnya akan saya kasih screenshoot tampilan terminal linux saya yang sudah di modifikasi




Tertarik ? bila iya silahkan sahabat download file .bashrc-nya yang sudah di modifikasi DISINI.

Sudah di download ? bila sudah sahabat buka file .bashrc nya gunakan perintah berikut untuk membuka file .bashrc-nya.
$ sudo gedit .bashrc
Atau bila sahabat memakai linux mint file .bashrc nya tidak akan sahabat temukan di direktory /home/nama-user/, file bashrc-nya terletak di direktory /etc dengan nama file bash.bashrc silahkan gunakan perintah berikut untuk membuka nya.
$ sudo gedit /etc/bash.bashrc
Kalau sudah terbuka file nya silahkan hapus semua lalu timpah dengan isi file yang sudah sahabat download tadi.

Keterangan :
-f  : font
dragon  : gambar yang akan di tampilkan
shadow : jenis font yang di tampilkan
Klik save dan close bila sudah selesai, kini coba sahabat close dan buka kembali terminal linux nya dan alhasil akan terlihat ibarat gambar pertama diatas, berikut tampilan prompt yang ada di terminal linux saya dengan mode root.


Selain untuk mempercantik terminal linux, sahabat juga tidak akan merasa cepat bosan menatap jendela terminal yang berwarna hitam blank, cara ini mempunyai kegunaan untuk menghapus kesan kaku dan horor saat mengoperasikan linux dengan terminal, semoga bermanfaat dan salam open source.

0 Response to "Mempercantik Terminal Linux Mint 17.2 Rafaela"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel