Monitoring System Dengan Htop Di Linux

Sebagian pengguna linux mungkin sudah dekat dengan command line top yaitu software utility berbasis teks yang dipakai untuk memonitor semua proses yang terjadi di system linux, disini aku akan membahas software utility berbasis teks yang dapat di pakai untuk memonitor semua proses di system operasi linux tapi bukan command line top melainkan htop yang dapat di jalankan eksklusif dari terminal linux.

Htop ialah versi CLI (command line interface) dari System Monitor yaitu software utility berbasis teks yang dapat kita gunakan untuk memonitor semua proses yang terjadi di system linux kita, fungsi htop dengan top kurang lebih sama namun yang membedakan keduanya ialah htop lebih interaktif dan gampang digunakan, meskipun htop berjalan di terminal linux tapi htop lebih user friendly sebab sudah mendukung fungsi mouse dalam penggunaanya, isu yang dapat ditampilkan mulai dari CPU, Memory, Swap, Uptime dan semua proses yang sedang berjalan.

Kalau teman memakai distro linux basis debian atau ubuntu, silahkan teman eksklusif jalankan perintah berikut untuk menginstall nya di terminal.
$ sudo apt-get install htop
Tunggu hingga selesai, ukuran nya tidak terlalu besar hanya memakan space harddisk 189 Kb. Kalau sudah final di install ketikkan perintah htop di terminal eksklusif dan akan muncul tampilan interface htop menyerupai gambar dibawah.


Gunakan tombol panah atas/bawah untuk menentukan proses yang sedang berjalan, teman juga dapat kill atau mematikan proses yang sedang berjalan dengan cara men-seleksi nya dan menekan tombol F9 di keyboard kemudian tekan tombol Enter.

Fungsi tombol yang dapat dipakai :
F1 : manampilkan bantuan
F2 : Setup
F3 : Search / mencari proses yang berjalan dengan mengetikkan nama proses nya
F4 : Filter / menampilkan proses menurut kelompok nama
F5 : Tree / menampilkan proses dengan diagram tree atau pohon
F6 : Sort By / menampilkan proses menurut kolom tertentu
F7 : Nice
F8 : Nice
F9 : Kill / mematikan proses yang berjalan
F10 : Quit / keluar dari htop
Sebetulnya di linux mint aku yang memakai DE Cinnamon sudah tersedia software berbasis GUI untuk memonitor semua proses di system yaitu System Monitor, tapi aku lebih prefer untuk memakai htop sebab meskipun berjalan di terminal tapi mempunyai fungsi yang interaktif, selamat mencoba !!!

0 Response to "Monitoring System Dengan Htop Di Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel