Install Linssid Graphical Wireless Tool Scanner Di Elementary Os

LinSSID ialah tool wireless scanner yang dapat di install di system operasi berbasis GNU/Linux khususnya Ubuntu, Linux mint dan distro turunannya termasuk EOS Freya, tool wireless scanner ini sangat gampang di gunakan alasannya ialah berbasis GUI dan dapat menampilkan warta dari SSID wifi yang di scan dengan lengkap.

 LinSSID ialah tool wireless scanner yang dapat di install di system operasi berbasis GNU Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Elementary OS
Image taken from : www.pixabay.com


Fungsi LinSSID

Fungsi dari software ini yaitu untuk mengetahui frequency, channel, mac address, mode, signal, dan chipper atau jenis otentikasi dari semua SSID yang ada di lingkungan kita. Software ini dapat kita gunakan untuk optimalisasi jaringan wifi kita alasannya ialah biasa nya semakin banyak signal wifi di lingkungan kita maka semakin besar potensi jaringan wifi kita mengalami interferensi, sehingga dengan memakai software wireless scanner ini kita dapat mengetahui frequency dan channel yang dipakai oleh SSID wifi lain biar tidak mengalami interferensi dengan SSID wifi kita.

Cara Kerja LinSSID

Cara kerja LinSSID ini cukup simple, kita tidak perlu connect ke wifi nya terlebih dahulu dan kita hanya perlu membuka nya kemudian mulai scanning SSID wifi yang ada di lingkungan kita dan secara otomatis software ini akan bekerja dan menampilkan semua warta dari SSID kita dan juga SSID wifi yang lain.

Cara Instalasi LinSSID di Linux

Buka terminal linux sahabat dengan menekan tombol CTRL + ALT + T kemudian ketikkan perintah ini di terminal :
$ sudo add-apt-repository ppa:wseverin/ppa
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install linssid
Sekarang silahkan buka software nya, untuk membukanya kita harus memasukan password root terlebih dulu.

 LinSSID ialah tool wireless scanner yang dapat di install di system operasi berbasis GNU Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Elementary OS

Klik tombol scanning dan akhirnya akan terlihat menyerupai gambar di bawah ini.

 LinSSID ialah tool wireless scanner yang dapat di install di system operasi berbasis GNU Install LinSSID Graphical Wireless Tool Scanner di Elementary OS

Sekian tutorialnya sob, untuk tutorial penggunaan dan implementasi nya akan aku posting lagi di lain waktu, semoga bermanfaat.

Kesimpulan

Dari pola diatas dikala kita menjalankan LinSSID Graphical Wirelesss Tool Scanner maka kita dapat mengetahui warta berupa SSID (nama wifi), MAC address dari AP yang memancarkan SSID, Channel yang digunakan, Mode, Privacy, Cipher, Frequency dan lain-lain.

Software ini sangat bermanfaat alasannya ialah merupakan salah satu software yang biasa aku pakai dikala proses troubleshooting jaringan.

Makara jikalau sahabat mengalami dilema koneksi internet tidak stabil, wifi lemot aku sarankan coba di scan memakai software ini alasannya ialah di khawatirkan jaringan wifi sahabat mengalami interferensi dengan jaringan wifi orang lain.

Oh ya, jikalau sahabat kebetulan pengguna smartphone android sahabat dapat menginstall aplikasi wireless scanner biar proses scanning wifi memakai smartphone lebih gampang dan simple, sahabat dapat mendownload nya melalui google play store, semoga bermanfaat.


Source references : http://ubuntuhandbook.org/index.php/2013/08/linssid-wifi-scanner-for-ubuntu-linux-mint/

0 Response to "Install Linssid Graphical Wireless Tool Scanner Di Elementary Os"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel