Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router

Di artikel sebelumnya saya pernah membahas cara setting radio airgrid m5hp, nah artikel kali ini dapat di bilang lanjutan dari artikel saya sebelumnya, bila biasanya kita setting radio wireless terutama dari keluarga ubiquity hanya sebagai access point, repeater dan station saja yang notabene nya hanya dapat dipakai sebagai media koneksi untuk mendistribusikan jaringan internet atau secara singkat hanya dipakai untuk link utama koneksi internet saja.

Pada kesempatan ini saya akan sharing ihwal cara setting radio ubiquity sebagai mode router, dalam arti kata radio wireless yang terpasang sebagai station yang menangkap sinyal dan tentunya koneksi internet dari Acess Point dapat berfungsi juga sebagai router yang memperlihatkan ip address dhcp ke user yang ada di dalam jaringan lokal.

Saya asumsikan sahabat sudah mengerti cara setting radio wireless ubiquity bila belum mengerti sahabat dapat baca artikel saya sebelumnya ihwal cara Konfigurasi Radio Wireless Ubiquity AirGrid M5HP, di artikel ini saya memakai radio PowerBeam M5 tapi sahabat gak perlu kuatir alasannya cara konfigurasi nya sama saja.

Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router


Langsung saja untuk cara setting nya silahkan masuk ke halaman konfigurasi radio dengan mengkases default IP 192.168.1.20 atau dengan mengakses IP yang sudah sahabat sesuaikan, bila sudah masuk klik tab Network dan isikan parameter berikut :
Network Mode  : Router
WAN Interface  : WLAN0
IP address  : 172.20.1.175
Netmask  : 255.255.252.0
Gateway IP  : 172.20.0.1
Primary DNS I  : 203.128.x.x
Secondary DNS IP  : 103.30.x.x
NAT  : Enable
NAT Protocol  : Select All
Para parameter IP address, Netmask, Gateway IP dan DNS diatas harus diubahsuaikan dengan konfigurasi IP pada jaringan sobat.

 Di artikel sebelumnya saya pernah membahas  Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router

Kalau sudah final mengisi IP address WAN sebaiknya jangan dulu klik tombol Change alasannya kita harus meng-konfigurasi IP address, Netmask, dan DHCP Server untuk user di jaringan lokal kita, silahkan isi parameter berikut untuk jaringan lokalnya
IP address  : 192.168.200.1
Netmask  : 255.255.255.0
DHCP Server  : Enable
Range Start  : 192.168.200.10
Range End  : 192.168.200.254
Netmask  : 255.255.255.0
DNS Proxy  : Enable
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pola menyerupai pada gambar dibawah

 Di artikel sebelumnya saya pernah membahas  Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router

Kalau sudah final konfigurasi IP address WAN dan juga untuk jaringan lokal selanjutnya klik tombol Change dan klik Apply untuk menyimpan perubahan konfigurasi.

 Di artikel sebelumnya saya pernah membahas  Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router

Tunggu hingga proses nya selesai, kini coba sahabat setting pengaturan IP address di laptop atau PC dengan opsi DHCP atau automatic IP kurang lebih karenanya akan menyerupai ini.

 Di artikel sebelumnya saya pernah membahas  Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router

Setelah laptop atau PC sahabat mendapat IP address dari radio wireless yang kita set sebagai mode router, coba test koneksi ke gateway dengan perintah PING, klik Start > Run > ketik CMD bila sahabat pengguna OS windows, atau buka terminal dengan menekan tombol kombinasi CTRL+ALT+T kalau memakai system operasi berbasis linux.

 Di artikel sebelumnya saya pernah membahas  Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router

Dari perintah PING ke gateway yang saya coba menyerupai gambar di atas karenanya laptop saya sudah terkoneksi dengan baik ke router, silahkan sahabat coba lakukan ping ke situs internet dan bila karenanya muncul pesan reply from berarti laptop sahabat sudah terhubung ke internet.

Sampai tahap ini basic konfigurasi radio wireless sebagai mode router sudah selesai, selamat mencoba dan supaya bermanfaat. artikel menarik lain nya ya sob.

:
Cara upgrade firmware radio ubiquity
Cara menjalankan ubnt discovery pada linux ubuntu

0 Response to "Cara Setting Radio Ubiquity Sebagai Mode Router"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel