Cara Forward Port Cctv Di Mikrotik Via Winbox

Sudah sangat sering aku menghadapi client-client yang request supaya CCTV yang ada dirumah, toko, resto, maupun dikantor nya sanggup di kanal dari luar baik itu memakai web browser ataupun aplikasi DVR Viewer ibarat EagleEye, vMeye, Meye, Infinix dll. Karena itulah aku menyadari penting nya bagi seorang yang bekerja sebegai technical support ataupun admin jaringan untuk mengerti konfigurasi port forwarding cctv ini.

Di artikel ini aku akan membahas bagaimana cara konfigurasi supaya CCTV yang ada dalam satu local network sanggup di kanal dari manapun dan kapanpun selama kita mempunyai koneksi internet, aku memakai fitur NAT pada mikrotik untuk melaksanakan port forward supaya dikala ada request dari source address dan source port tertentu sanggup diteruskan oleh router mikrotik ke destination address dan destination port yang ada di local network (IP dan Port DVR).

 Sudah sangat sering aku menghadapi client Cara Forward Port CCTV di Mikrotik via Winbox

Perlu diketahui dikala artikel ini dibentuk kondisi yang ada di jaringan aku ialah sebagai berikut :
  • Topology jaringan aku yaitu Modem > Router Mikrotik  > Switch HUB > PC Client & DVR
  • Modem dari ISP mode bridge dan IP Public pribadi ditanam di router mikrotik
  • IP Public yang aku pakai yaitu static bukan dinamic yang sanggup berubah sewaktu-waktu
Jadi, apabila kondisi di jaringan teman berbeda dengan yang aku jabarkan diatas silahkan disesuaikan.

Cara Setting Port Forward CCTV di Router Mikrotik

Kalau kondisi pada jaringan teman sudah sesuai dengan yang aku jabarkan diatas kini kita lanjut ke tahap konfigurasi nya

Untuk konfigurasi nya silahkan login ke router mikrotik via winbox, lalu klik menu IP > Firewall > NAT dan isikan parameter-paremeter ibarat gambar dibawah.

 Sudah sangat sering aku menghadapi client Cara Forward Port CCTV di Mikrotik via Winbox

Penjelasan gambar diatas :

Pada tab General
Chain = dstnat
Dst. Address = isi dengan ip public sobat
Protocol = 6 (tcp)
Dst. Port = 3080 (port cctv yang digunakan, sanggup di sesuaikan dengan kebutuhan)
Pada tab Action
Action = dst-nat
To. Address = 192.168.1.10 (ip address cctv yang sudah di setting di DVR-nya)
To. Ports = 3080 (port cctv yang digunakan, sanggup diadaptasi dengan kebutuhan)
Kalau sudah final silahkan klik Apply / OK. Selesai, kini kita test konfigurasi diatas memakai aplikasi  nmap atau check pribadi di website http://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/ untuk mengetahui apakah port tersebut sudah sanggup diakses atau belum dari luar jaringan dengan IP Public tersebut.

Cek Port CCTV Menggunakan Aplikasi NMAP

Bagi teman pengguna GNU/Linux yang di PC nya sudah terinstall software network mapper atau nmap sanggup mengecek nya dengan mengetikkan perintah berikut di terminal :

nmap -p <port> <ip address public> , referensi :
nmap -p3080 103.27.28.29

 Sudah sangat sering aku menghadapi client Cara Forward Port CCTV di Mikrotik via Winbox

Cek Port CCTV Menggunakan Open Port Checker

Berikut hasil pengecekan dari website http://www.yougetsignal.com/tools/open-ports/ dengan memasukkan remote address dan port number yang sudah di konfigurasi di router mikrotik tadi, teman sanggup lihat hasil nya port yang sudah di forward sudah open.

 Sudah sangat sering aku menghadapi client Cara Forward Port CCTV di Mikrotik via Winbox

Apabila sudah di cek memakai kedua cara diatas port yang kita forward status nya masih closed, itu artinya port belum tembus dikala diakses dari luar jaringan, silahkan coba langkah - langkah berikut untuk troubleshooting nya :
  • Coba test memakai tool diagnostic PING dari router mikrotik ke IP address DVR nya, jikalau akibatnya timeout 
  • Cek koneksi kabel dari DVR ke Switch HUB pastikan lampu indikator nya menyala di kedua sisi baik di Switch HUB maupun di DVR nya
  • Kalau masih belum open juga port nya, teman sanggup cek settingan di DVR nya dengan mengakses nya pribadi mengunakan monitor dan pastikan settingan IP address dan port nya sudah sesuai.
Port forwarding ini selain sanggup digunakan untuk kanal CCTV juga sanggup digunakan untuk keperluan kanal database, server, finger print dan resource lain yang ada di dalam local network dari public (luar jaringan). Sekian tutorial kali ini, di lain kesempatan akan aku bahas tutorial port forward dari router lain selain mikrotik. Akhir kata semoga tutorial singkat ini sanggup membantu dan bermanfaat bagi teman :-)

0 Response to "Cara Forward Port Cctv Di Mikrotik Via Winbox"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel