Menggunakan Vim Editor Di Terminal Linux

Vim atau Vi IMproved yaitu sebuah vi clone, yaitu merupakan sebuah agenda yang ibarat dengan editor teks "vi". Vim bekerja dengan mode teks pada semua console terminal.

Teks editor Vim juga tersedia pada banyak sistem operasi diantara nya : AmigaOS, Atari MiNT, NextStep, OS/2, RiscOS, OSF, SGI, DOS, MacOS, UNIX, VMS, Win32 Win16 (Windows95/98/00/NT) - terutama FreeBSD dan Linux.

Kalau di lingkungan desktop linux berbasis GUI (Graphical User Interface) kita dapat menjumpai teks editor ibarat Gedit, Leapfad, Mousepad, Notepadqq dan yang lain nya yang tentu nya menyuguhkan graphic yang user friendly alasannya yaitu sudah support penggunaan mouse tentu kita tidak akan kesulitan saat kita harus mengedit atau menciptakan file konfigurasi untuk keperluan web-server, proxy server ataupun firewall yang membutuhkan teks editor.

Lalu, pertanyaan nya yaitu bagaimana jika kita bekerja memakai linux server yang tidak mempunyai graphic dan segala macam pekerjaan yang kita lakukan harus melalui console (command line) ? sebenarnya ada beberapa teks editor berbasis CLI yang dapat kita gunakan ibarat nano atau vim teks editor, tapi di artikel ini saya hanya akan membahas penggunaan VIM editor saja.

 yaitu merupakan sebuah agenda yang ibarat dengan editor teks  Menggunakan VIM Editor di Terminal Linux



Perintah penggunaan VIM teks editor :

Berikut perintah - perintah dasar dalam penggunaan Vim teks editor :

vim file-name  yaitu perintah untuk menciptakan file gres atau mengedit file, apabila file belum dibentuk dengan perintah tersebut berarti kita menciptakan file gres tapi apabila file sudah ada dengan perintah tersebut berarti kita mengedit file yang sudah dibuat.

  setelah kita mengetikkan vim file-name kita tidak akan dapat mengetik isi file kecuali kita menekan tombol i di keyboard hingga muncul -- INSERT -- di baris paling bawah.

:w  perintah ini dipakai untuk save, perlu di ingat teman harus menekan tombol ESC di keyboard untuk berpindah dari mode write ke mode read sebelum mengetikkan command ini.

:w new-file-name  dipakai untuk menyimpan file dengan nama berbeda atau Save As.

:help version7 gunakan perintah ini untuk mengetahui versi teks editor vim yang teman gunakan

:help untuk menampilkan opsi atau petunjuk penggunaan teks editor vim

:wq  write and quite, yaitu perintah yang dipakai untuk menyimpan file yang sudah di buat dan keluar dari vim teks editor.

:q!  keluar dari vim teks editor tanpa menyimpan perubahan.

Itulah beberapa perintah - perintah dasar penggunaan Vim teks editor yang biasa digunakan.  Semoga bermanfaat & selamat mencoba :-)

: Kamus Inggris - Indonesia Berbasis CLI di Linux


Source references : http://www.vim.org/6k/features.in.txt

0 Response to "Menggunakan Vim Editor Di Terminal Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel