Cara Mengganti Hostname Di Gnu/Linux

Di tutorial ini saya akan membahas bagaimana cara mengganti hostname suatu komputer atau PC pada system operasi komputer berbasis GNU/Linux, tapi sebelum lanjut lebih jauh mungkin ada yang belum tahu apa itu hostname ? bila ada yang belum tahu oke akan saya jelaskan sedikit.

 Di tutorial ini saya akan membahas bagaimana cara mengganti hostname suatu komputer atau  Cara Mengganti Hostname di GNU/Linux

Pengertian Hostname Pada Jaringan Komputer

Menurut wikipedia bahasa indonesia disebutkan bahwa Host atau Hostname ialah nama pada komputer. Pemberian nama ini bersifat spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan dihentikan ada 2 atau lebih hostname yang sama.

Fungsi Hostname Pada Jaringan Komputer

Fungsi hostname ini yaitu sebagai salah satu identitas suatu komputer yang terkoneksi kedalam sebuah jaringan selain IP address dan MAC address. Lalu bagaimana cara mengetahui hostname pada komputer yang sedang kita gunakan ? Apabila sahabat membuka terminal pada OS linux sahabat maka akan terlihat prompt ibarat gambar dibawah.

 Di tutorial ini saya akan membahas bagaimana cara mengganti hostname suatu komputer atau  Cara Mengganti Hostname di GNU/Linux

Berikut klarifikasi gambar diatas :

root = ialah nama user yang sedang saya gunakan
dell-vostro = ialah nama hostname komputer saya
/home/dodiventuraz = ialah directory dimana saya berada

Cara Mengganti Hostname di GNU/Linux

Bagaimana cara mengubah nama hostname sesuai dengan yang kita inginkan ? supaya lebih gampang kita gunakan console terminal saja untuk mengganti hostname nya, silahkan buka console terminal dengan menekan tombol kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard dan ketikkan perintah berikut pada terminal linux sahabat untuk membuka file hostname memakai teks editor nano  :
sudo nano /etc/hostname
Selanjutnya tinggal ubah saja hostname sesuai dengan yang sahabat kehendaki, sebagai referensi disini saya mengganti nama hostname yang sebelum nya dell-vostro menjadi kali-linux, bila sudah tekan CTRL + X dan tekan lagi Y untuk menyimpan perubahan. Apakah sudah final ?

Tentu saja belum sebab di beberapa distro linux dikala final mengganti nama hostname dan mengeksekusi perintah dengan sudo sering kali terjadi pesan error sudo: unable to resolve host hostname, untuk menghindari hal ibarat itu sahabat juga perlu untuk mengganti nama hostname yang ada di file /etc/hosts lakukan perintah berikut di terminal untuk mengedit nya :
sudo nano /etc/hosts
Kemudian ubahlah nama hostname yang saya block warna putih ibarat gambar dibawah sesuai dengan nama hostname yang sudah sahabat ganti di /etc/hostname.

 Di tutorial ini saya akan membahas bagaimana cara mengganti hostname suatu komputer atau  Cara Mengganti Hostname di GNU/Linux

Tekan tombol CTRL + X dan tekan lagi Y di keyboard untuk menyimpan perubahan, tutup terminal linux sahabat lalu buka lagi untuk melihat perubahan nya, gimana simple kan ? silahkan dicoba ;-)

Note : Bagi sahabat yang ingin copas semua artikel yang ada di blog ini boleh saja, asalkan menyertakan credit link ke blog ini sebagai bentuk apresiasi kepada penulis yang sudah susah payah menciptakan artikel ini, sebab orang yang baik ialah orang yang dapat menghargai semua karya orang lain :-)

0 Response to "Cara Mengganti Hostname Di Gnu/Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel