Cara Install Driver Bcm43142 Di Kali Linux 2.0

Assalamu'alaikum wr.wb, selamat malam sahabat venturaz's blog, mumpung lagi gak ada kerjaan sambil nunggu ngantuk iseng-iseng nulis blog lagi aja deh. 

Baiklah, kali ini saya akan membahas cara install driver Broadcom BCM43142 802.11b/g/n di Kali Linux 2.0 alasannya kebetulan jika sahabat selesai menginstall Kali Linux 2.0 di laptop dengan chipset tersebut maka wifi tidak otomatis aktif yang berarti kita harus install secara manual biar wifi di laptop kita dapat digunakan.

Dari pengalaman saya memakai laptop dengan chipset Broadcom 43142 di beberapa distro linux lain menyerupai Arch Linux, Manjaro, Debian dan tentunya Kali Linux chipset ini memang tidak support , untuk itu sahabat harus mengakali nya biar chipset wifi nya dapat berfungsi normal.

Cara Install Driver BCM43142 di Kali Linux 2.0

Sebelum install driver nya lakukan update dan upgrade terlebih dulu dengan mengetikkan perintah ini di terminal linux sobat
apt-get update && apt-get upgrade
Sekarang install linux-headers dan juga build-essential
apt-get install linux-headers-$(uname -r) build-essential -y
Tunggu hingga selesai, jika sudah selesai install linux-headers nya, kini install synaptic package manager alasannya kita akan install driver nya memakai synaptic
apt-get install synaptic -y
Sudah selesai ? jika iya jalankan aplikasi synaptic nya dengan mengetikkan perintah synaptic di terminal, klik Search kemudian di kolom Search ketikkan BCM43142 sesuai dengan chipset broadcom nya

umpung lagi gak ada kerjaan sambil nunggu ngantuk iseng Cara Install Driver BCM43142 di Kali Linux 2.0

Dari hasil pencarian tadi akan tampil 3 pilihan menyerupai gambar berikut, silahkan sahabat select broadcom-sta-dkms kemudian klik kanan kemudian pilih Mark for installation, klik Apply dan tunggu proses installasi hingga selesai kemudian reboot komputer sobat.

umpung lagi gak ada kerjaan sambil nunggu ngantuk iseng Cara Install Driver BCM43142 di Kali Linux 2.0

Setelah di reboot silahkan login kembali dan kini sahabat sudah dapat memakai wifi di Kali Linux 2.0 yang sahabat pakai. Enjoyed !

Update !!!
Setelah cukup usang saya memakai distro Kali Linux 2.0 di laptop saya yang memakai chipset wireless BCM43142, meskipun wifi dapat digunakan tanpa ada hambatan tetapi ternyata chipset ini mempunyai kekurangan, apa saja kekurangan nya ? kekurangan dari chipset ini yaitu :
  • Tidak support menjalankan mdk3 untuk memutus koneksi user lain yang ada di dalam jaringan
  • Tidak support mode monitor sehingga kita tidak dapat meng-capture handshake saat melaksanakan penetrasi ke jaringan wifi
  • Tidak dapat menjalankan software aircrack-ng, yaitu software yang digunakan untuk penetrasi jaringan wireless
Kesimpulan nya adalah, meskipun sahabat dapat menjalankan wifi di kali linux pada laptop yang mempunyai chipset wireless BCM43142, tapi sahabat tidak dapat memakai nya untuk keperluan penetration and testing yang memerlukan wifi menyerupai memutus koneksi user lain, meng-capture handshake, menjalankan mode monitor, sniffing dan lain-lain.

: Cara install driver wifi Broadcom BCM43142 di KDE Neon

Makara saya menyarankan, jika sahabat membeli laptop dan akan di install OS pentest menyerupai kali linux referensi nya, jangan membeli laptop yang mempunyai chipset wireless BCM43142. Karena chipset keluaran Broadcom ini belum sepenuhnya support dan dapat berjalan dengan baik di beberapa distro linux. Semoga bermanfaat.



Source references :
https://www.youtube.com/watch?v=b6vPbwsPcc4
http://indonesianbacktrack.or.id/forum/thread-6221.html

0 Response to "Cara Install Driver Bcm43142 Di Kali Linux 2.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel