How To Configure Wireless Router Asus Rt-N12

Selamat siang sahabat Venturaz's Blog !! :)

Di artikel sebelumnya aku sudah posting tutorial Konfigurasi Router Wifi Cisco Linksys E1200, nah pada kesempatan kali ini aku akan membagikan tutorial yang sama hanya saja wireless router yang di gunakan pada tutorial ini berbeda bukan dari keluarga cisco linksys, melainkan dari keluarga Asus, yaitu ASUS RT-N12. Sama halnya dengan wireless router yang lain router asus pun mempunyai default IP yang sudah terpasang di dalam nya untuk memudahkan proses konfigurasi.

Kelebihan Router ASUS RT-N12

Router wifi ini termasuk kedalam kategori entry level alasannya yaitu harga nya yang terjangkau, sahabat sanggup membeli nya di online shop dengan kisaran harga IDR 500K, dengan harga segitu sahabat akan mendapatkan router wifi yang sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan rumahan, secara umum kelebihan dari router wifi ASUS RT-N12 ini yaitu sebagai berikut :

  • 3-in-1 multi wireless mode : Router/Access Point /Range Extender
  • Dua antena 5 dBi yang sanggup dilepas untuk jangkauan yang lebih luas 
  • 4 SSID membantu mengatur alokasi bandwidth dan kontrol akses
  • Multitasking online yang lebih baik sampai 30,000 sesi data

Untuk spesifikasi lengkap nya sahabat sanggup melihat nya di website resmi ASUS Indonesia, atau klik link berikut Spesifikasi Lengkap Router ASUS RT-N12.

Cara Setting Router Wifi ASUS RT-N12

Langsung saja kita bahas bagaimana cara konfigurasi router ini semoga user di jaringan kita sanggup terkoneksi dengan internet, alasannya yaitu default IP nya 192.168.1.1 sahabat sanggup eksklusif dial IP tersebut di URL kafe browser dan login dengan username & password "admin" tanpa tanda petik.


Jika sudah login dengan usarname dan password tersebut sahabat akan di arahkan ke halaman ibarat di bawah ini, Klik GO kemudian klik Manual Setting.



Tahap selanjutnya sahabat harus mengisikan Password untuk login ke halaman config nya dan klik Next bila sudah,  dan klik Next  lagi, dihalaman ini sahabat hanya sanggup merubah password nya saja sedangkan username nya tidak sanggup diubah.

Karena username nya tetap default admin, usahakan untuk menginput password dengan kombinasi abjad dan angka yang tidak gampang ditebak semoga lebih aman.


Setelah klik Next maka sahabat akan diarahkan ke halaman ibarat gambar dibawah ini, pada tahap ini sahabat sanggup menentukan wireless mode nya, wireless mode yang sanggup di dipilih yaitu :

Wireless router mode (default)
Apabila sahabat menentukan mode ini berarti perangkat di setup sebagai router yang berarti Wan Connection Type pada  ASUS RT-N12 ini sanggup ditentukan apakah memakai pppoe, ip statik maupun dhcp. Selain itu, pada mode ini fitur ibarat NAT, Firewall dan DHCP Server sudah aktif secara otomatis.

Repeater mode
Modem ini dipilih apabila router ASUS RT-N12 akan sahabat fungsikan sebagai repeater atau range extender.

Access Point (AP) mode
Pada mode ini router ASUS RT-N12 berfungsi sebagai bridge yang berarti pada mode ini router asus tidak sanggup memperlihatkan IP DHCP kepada client dibawah router, pada mode ini juga router asus hanya berfungsi sebagai pemancar sinyal wifi dan broadcast SSID.


Selanjutnya pilih WAN Connection Type nya sesuai info yang di berikan oleh pihak ISP sahabat apakah untuk Type koneksi nya memakai dhcp, pppoe atau static ip, pada pola di bawah ini aku memakai static ip selanjutnya klik Next.


Isikan IP address, Netmask, Default Gateway dan DNS yang sahabat dapatkan dari ISP sahabat dan klik Next, untuk lebih terang nya sanggup lihat pola gambar di bawah ini.


Ganti SSID dan Password Wifi sesuai impian dan klik Apply untuk menerapkan perubahan konfigurasinya.

NB : SSID (Service Set Identifier) yaitu nama wifi yang akan muncul bila sahabat scan memakai smartphone atau laptop.


Akan muncul status info konfigurasi apa saja yang sudah sahabat ubah, klik Next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.


Di bawah ini yaitu tampilan (User Interface) dari router wifi ASUS RT-N12 yang sudah sahabat konfigurasi klik tab LAN untuk menyesuaikan segment IP pada jaringan lokal.


Pada Tab DHCP Server sahabat sanggup menentukan Start dan End Pool Address, sedikit klarifikasi mengenai Pooling IP Address ini yaitu Range IP yang akan otomatis di berikan kepada device user yang terkoneksi dengan jaringan wifi sobat. klik Apply bila sudah.


Karena aku menginginkan semoga router wifi aku sanggup mendapatkan respons ICMP packet ibarat Ping dan Traceroute dari luar jaringan lokal maka aku mengaktifkan Respon Ping Request from WAN dan men-disable Firewall-nya.


Sampai tahap ini wireless router sahabat sudah tamat di konfigurasi dan user di jaringan lokal sahabat sudah sanggup terkoneksi dengan internet.

Cukup sekian tutorial kali ini, untuk tutorial lainnya ibarat Port Forwarding dan lain-lain akan aku posting pada kesempatan yang lain, jangan lupa terus mengunjungi Venturaz's Blog untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya, semoga bermanfaat.

:

Cara konfigurasi AP EnGenius EAP600
Cara setting wifi access point di mikrotik
Cara konfigurasi router cisco linksys smart wifi EA6200

0 Response to "How To Configure Wireless Router Asus Rt-N12"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel