Mengenal Cloud Computing

Pengertian Cloud Computing


Bagi sebagian orang mungkin akan bertanya-tanya apa itu Cloud Computing ? Cloud Computing yang dalam bahasa indonesia di kenal dengan istilah Komputasi Awan yakni suatu penggabungan pemanfaatan tekologi komputer (komputasi) dan layanan berbasis internet (awan).

Kaprikornus secara ringkas nya cloud computing / komputasi awan yakni suatu layanan dari penyedia cloud computing yang memungkinkan kita untuk dapat menyimpan data atau file di internet (awan), dengan penyimpanan berbasis awan kita dapat mengakses file kita dimanapun dan kapanpun selama kita terkoneksi dengan jaringan internet.

 Bagi sebagian orang mungkin akan bertanya Mengenal Cloud Computing
Image taken from : www.pixabay.com


Manfaat Cloud Computing

Dari klarifikasi perihal cloud computing diatas, ada banyak manfaat yang dapat kita ambil dari cloud computing, yaitu :

Skalabilitas, yaitu dengan cloud computing kita dapat menambah kapasitas penyimpanan data kita tanpa harus membeli peralatan tambahan, contohnya hardisk dll. Kita cukup menambah kapasitas yang disediakan oleh penyedia layanan cloud computing.

Aksesibilitas, yaitu kita dapat mengakses data kapanpun dan dimanapun kita berada, asal kita terkoneksi dengan internet, sehingga memudahkan kita mengakses data disaat yang penting.

Keamanan, yaitu data kita dapat terjamin keamanan nya oleh penyedia layanan cloud computing, sehingga bagi perusahaan yang berbasis IT, data dapat disimpan secara kondusif di penyedia cloud computing. Itu juga mengurangi biaya yang diharapkan untuk mengamankan data perusahaan.

Kreasi, yaitu para user dapat melakukan/mengembangkan kreasi atau project mereka tanpa harus mengirimkan project mereka secara eksklusif ke perusahaan, tapi user dapat mengirimkan nya lewat penyedia layanan cloud computing.

Kecemasan, ketika terjadi musibah data milik kita tersimpan kondusif di cloud meskipun hardisk atau gadget kita rusak.

Cloud storage


 Bagi sebagian orang mungkin akan bertanya Mengenal Cloud Computing

Saat ini banyak perusahaan yang mengatakan aplikasi Cloud Storage, dengan banyaknya aplikasi cloud storage memungkinkan kita untuk menentukan jenis aplikasi cloud storage yang cocok untuk kita, untuk itu akan saya jelaskan jenis - jenis aplikasi cloud storage yang saya kutip dari website www.cloudindonesia.or.id  yang ada ketika ini :

  • Dropbox, dengan menginstall aplikasi dropbox di PC atau smartphone, teman sudah dapat menikmati layanan penyimpanan awan gratis sebesar 2GB dengan register account teman terlebih dahulu tentunya di situs www.dropbox.com

  • Google Drive, jikalau sudah punya account google sebelumnya, maka tidak perlu lagi signup untuk menikmati layanan yang satu ini alasannya account google teman sudah dapat tersinkronisasi dengan Google Drive, teman hanya perlu menginsatall aplikasi di smartphone atau PC saja, atau dapat juga mengakses nya eksklusif via browser www.google.com/drive.

  • Microsoft SkyDrive, merupakan aplikasi cloud storage besutan microsoft cara kerja nya sama dengan aplikasi cloud storage yang lain hanya saja ada kelebihan pada cloud storage milik microsoft ini, yaitu dapat membaca file microsoft office secara online dan sudah tersedia kapasitas penyimpanan sebesar 7GB.

  • Apple iCloud, bagi teman pengguna handset milik apple baik itu ePad, iPhone, dll. Sobat sudah dapat memakai aplikasi ini tanpa harus menginsatall nya, dan semua file yang di download menyerupai music dari iTunes sudah otomatis tersinkronisasi denga iCloud.

Cukup sekian artikel kali ini, biar dapat menambah wawasan  mengenai cloud computing. 

Sumber rujukan : 
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://www.cloudindonesia.or.id/aplikasi-media-penyimpanan-cloud.html#comment-6758

0 Response to "Mengenal Cloud Computing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel