Konfigurasi Router Wifi Cisco Linksys E1200

Router wifi Cisco Linksys E1200 yakni salah satu produk router wifi entry level dari cisco, router wifi ini mempunyai design yang simple tanpa antena external dan cocok untuk penggunaan SOHO (small office home office), harga nya pun cukup terjangkau. Sobat sanggup membeli nya di online shop dengan harga kurang dari IDR 500K.

Dari segi spesifikasi router ini bukan varian router wifi yang terbaik di range harga tersebut alasannya masih banyak router wifi yang mempunyai spesifikasi dan performa networking yang lebih baik namun harga nya jauh lebih murah. Balik lagi, sesuai judul artikel kali ini aku akan share tutorial cara konfigurasi router wifi cisco linksys e1200.

:
Basic setting router cisco linksys smart wifi
Cara blok jalan masuk internet client dengan MAC Filter di router Linksys E1200

Pada dasar nya semua jenis router wifi cara konfigurasi nya sama hanya saja interface (tampilan) nya yang berbeda dan terkadang menciptakan kita bingung. Nah, kini aku akan share cara konfigurasi salah satu router wifi dari keluarga linksys yaitu Linksys E1200.

Cara Setting Router Wifi Cisco Linksys E1200


Ketika laptop atau PC teman terhubung baik via kabel maupun via wifi ke router, maka secara otomatis PC atau laptop teman akan mendapat IP address dari dhcp yang di berikan oleh router. Default IP dari semua produk cisco linksys yaitu 192.168.1.1, teman sanggup mengetikan IP tersebut di browser dan akan muncul tampilan menyerupai gambar di bawah ini, centang "i understand that network is currently . . . " kemudian klik Continue.


Setelah itu akan di arahkan ke halaman login, ketikan Username dan Password "admin" tanpa tanda petik dan klik Login.


Kalau sudah masuk ke halaman konfigurasi, pada bagian Internet Connection Type nya pilih Static IP, alasannya kali ini aku memakai IP static yang aku dapatkan dari penyedia internet, selanjutnya klik Save Setting.

Oh ya, pada sajian Setup ini selain sanggup memilih internet connection type dan men-setup konfigurasi untuk WAN nya, teman juga sanggup merubah konfigurasi IP untuk lokal jaringan nya menyerupai IP, Netmask, Range IP DHCP dan DNS (domain name system) yang akan diberikan ke user di jaringan lokal.


Untuk mengganti SSID (nama wifi) klik tab Wireless, untuk opsi Network mode dan SSID nya sanggup teman ganti sesuai keinginan, Channel Width nya pilih Auto (20/40 MHz). Channel nya sanggup juga di tentukan, dan jikalau sudah simpulan klik Save Setting.

Agar lebih terperinci silahkan lihat teladan menyerupai pada gambar dibawah ini.

Setelah simpulan men-setup konfigurasi menyerupai SSID, Network Mode, Channel Width dan Frequency pada sub-tab Basic Wireless Settings, selanjutnya kita harus men-setup password pada sub-tab Wireless Security semoga jaringan wifi kita lebih kondusif dan orang lain tidak sanggup sembarangan memakai jaringan wifi kita.

Karena tidak lengkap kalau jaringan wifi tidak di perlindungan dengan password, alasannya semua orang nantinya sanggup terkoneksi dengan gampang ke jaringan wifi, linksys e1200 sendiri sudah mendukung security mode baik itu WEP, WPA, maupun WPA2. Untuk perlindungan maksimal teman sanggup pilih WP2 Personal kemudian tentukan password yang di inginkan selanjutnya klik Save Setting.

Jika teman tidak ingin router wifi sanggup di Ping ataupun di Traceroute dari luar jaringan teman sanggup mengaktifkan opsi firewall, masuk ke tab Security dan pilih disable.

Tapi alasannya aku menginginkan semoga router aku sanggup merespon paket ICMP dari jaringan internet maka aku pilih Disable, dan terkahir klik Save Setting untuk menyimpan perubahan.


Jika teman ingin merubah Username dan Password untuk login ke halaman konfiruasi router dan ingin mengaktifkan Remote Management, teman sanggup masuk ke tab Administration, sebelumnya teman harus merubah password nya terlebih dahulu, barulah sanggup mengkatifkan remote menagement dengan mengklik Enable dan memilih port nya kalau sudah klik Save Setting, untuk lebih jelasnya sanggup lihat gambar di bawah ini.


Sampai tahap ini konfigurasi nya sudah simpulan dan laptop teman sanggup terhubung ke internet, cukup sekian tutorial kali ini dan jangan lupa untuk tetap mengunjungi Blog sederhana ini semoga pengetahuan teman ihwal networking semakin bertambah, semoga bermanfaat.

artikel menarik lain-nya :

Basic setting AP EnGenius EAP600
How to Configure Wireless Router ASUS RT-N12
Basic setting wireless range extender Linksys RE2000

0 Response to "Konfigurasi Router Wifi Cisco Linksys E1200"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel