Menghilangkan Log Di Mikrotik Via Winbox

Tutorial yang akan saya share kali ini ialah salah satu trik tersembunyi di mikrotik, kenapa saya katakan tersembunyi? sebab memang tidak ada tool di winbox atau command pada console untuk menghilangkan log di mikrotik, sesungguhnya trik ini bukan betul-betul menghilangkan semua log yang ada di router mikrotik tapi dapat di katakan hanya mengurangi log saja sehingga hanya tersisa 1 baris, jadi bukan benar-benar menghilangkan.

Apa itu Log Pada Mikrotik ?


Log ialah history atau catatan yang disimpan pada storage router mikrotik, log akan merekam semua aktifitas yang terjadi didalam router mikrotik itu sendiri, kemudian aktifitas apa saja yang akan di rekam pada log mikrotik ? tanggapan nya ialah semua aktifitas baik itu perubahan konfigurasi yang dilakukan oleh user maupun aktifitas yang terjadi secara otomatis sebab terjadinya proses kemudian lintas data pada jaringan yang melewati router mikrotik.

Apa Manfaat Log Pada Router Mikrotik ?


Karena log akan merekam semua aktifitas yang terjadi baik di dalam router mikrotik maupun kemudian lintas data pada jaringan yang melewati router mikrotik, manfaat nya tentu saja sebagai salah satu materi dokumentasi untuk keperluan analisa apabila suatu ketika terjadi perkara pada jaringan yang kita kelola, dengan log kita akan mengetahui siapa yang melaksanakan perubahan konfigurasi pada router mikrotik, bahkan tidak jarang ada aktifitas dari luar jaringan ibarat percobaan brute force attack oleh attacker yang tidak bertanggung jawab yang akan masuk ke dalam log, tentu saja akan memudahkan kita untuk mencegah atau mengantisipasi tragedi ibarat ini.

Kenapa Log Pada Router Mikrotik Harus di Hilangkan ?


Karena banyak nya log yang tersimpan mungkin akan menciptakan teman risih dan ingin mengurangi log yang ditampilkan semoga tidak terlalu banyak, bila iya silahkan praktekkan tutorial dibawah ini sob.

Cara Menghilangkan atau Mengurangi Log Pada Mikrotik


Disini saya memakai RB750 dari keluarga RouterBoard Series dengan versi OS yaitu v6.15 mipsbe, eksklusif saja ikuti step step di bawah ini sob :

  • Silahkan login ke router mikrotik via Winbox
  • Klik Log untuk melihat history atau log yang sudah tersimpan, selanjutnya buka New Terminal dan ketikan perintah dibawah ini pada Console New Terminal.

/system logging action set memory memory-lines=1
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah.


Kalau sudah diketikan perintah di atas dan menekan Enter di keyboard, maka akhirnya hanya akan tersisa 1 baris log saja. Lihat gambar dibawah !


Untuk mengembalikan nya lagi ibarat semula ketikan perintah yang sama hanya saja parameter angka "1" di ganti dengan angka sesuai jumlah baris yang di inginkan yang nanti nya akan muncul di log mikrotik, sebagai pola saya ketikan perintah berikut :
/system logging action set memory memory-lines=100  
Angka "100" disini berarti log yang akan muncul di log mikrotik nya tidak akan lebih dari 100 baris. Semoga bermanfaat silahkan dicoba !

Kerugian Menghilangkan atau Mengurangi Log di Mikrotik


Sebelum tetapkan untuk mengurangi jumlah baris log yang di tampilkan di menu /log, sebaiknya teman pikirkan lagi baik-baik sebab dengan mengurangi jumlah baris log yang di tampilkan maka teman akan kesulitan menganalisa apabila ada sesuatu yang terjadi pada router mikrotik, baik itu kesalahan konfigurasi yang menjadikan jaringan teman down ataupun terjadinya flooding ssh dan lain sebagainya.

Saya sendiri tidak menyarankan teman mengurangi jumlah baris log yang ditampilkan pada hidangan /log mikrotik sebab nanti akan menyusahkan dalam proses analisa perkara yang terjadi, tutorial ini saya tulis hanya sebatas sebagai pengetahuan saja, semoga bermanfaat.

0 Response to "Menghilangkan Log Di Mikrotik Via Winbox"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel