Aquarium Di Terminal Linux Dengan Asciiquarium

Sobat pengguna linux sekaligus punya peliharaan ikan hias di aquarium ? jika iya kini teman gak perlu lagi beli aquarium dan merawat ikan hias yang akan menyita waktu, alasannya yaitu dengan linux kita juga tetap dapat melanjutkan hobby kita miara ikan hias di aquarium. Miara ikan di aquarium linux ? apa itu ? aquarium jenis gres brand linux ? Uppsss tentu nya bukan sob !

Aquarium yang dimaksud yaitu ASCIIquarium yaitu aplikasi untuk menampilkan ikan di aquarium dalam bentuk gambar ASCII yang berjalan di terminal linux, lho kok dapat ? dapat sob, alasannya yaitu jika kita membahas mengenai console terminal pada linux maka banyak hal menarik yang dapat kita lakukan baik untuk sekedar hiburan maupun untuk keperluan komputasi.

Di blog kesayangan teman ini juga saya sudah memposting beberapa artikel yang membahas mengenai console terminal pada sistem operasi linux mulai dari tutorial untuk mempercantik console terminal itu sendiri, tutorial unik yang dapat dilakukan pada console terminal, bahkan tutorial penggunaan perintah-perintah dasar pada sistem operasi berbasis GNU/Linux.

: Efek matrix pada console terminal linux

Oh ya balik lagi ke pembahasan bahan artikel, bagi teman yang ingin tau bagaimana cara install ASCIIquarium ini silahkan simak tutorial ini hingga selesai yah sob :-) 

Cara Install ASCIIquarium di Terminal Linux

Langkah pertama, buka terminal linux kesayangan teman dengan menekan tombol kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard, masuk ke mode root atau super user lalu ketikkan atau copy/paste perintah-perintah di bawah ini satu persatu :
# apt-get install libcurses-perl
# cd /tmp
# wget http://search.cpan.org/CPAN/authors/id/K/KB/KBAUCOM/Term-Animation-2.4.tar.gz
# tar -zxvf Term-Animation-2.4.tar.gz
# cd Term-Animation-2.4/
# perl Makefile.PL &&  make &&   make test
# make install
Selanjutnya download dan install dengan mengetikkan perintah-perintah ini :
# cd /tmp
# wget http://www.robobunny.com/projects/asciiquarium/asciiquarium.tar.gz
# tar -zxvf asciiquarium.tar.gz
# cd asciiquarium_1.1/
# cp asciiquarium /usr/local/bin
# chmod 0755 /usr/local/bin/asciiquarium
Setelah proses installasi selesai, jalankan asciiquarium dengan mengetikkan perintah berikut :
$ /usr/local/bin/asciiquarium . atau
$ asciiquarium 
Kalau step by step nya sudah teman lakukan dengan baik dan benar, maka balasannya akan ibarat ini.


Kesimpulan

Masih sangat banyak user yang menganggap bahwa linux itu ribet, linux itu rumit, linux itu susah di operasikan dan stigma-stigma negatif lainnya sehingga masih banyak user yang enggan migrasi dari OS berbayar ke OS yang open source, mereka lebih menentukan melaksanakan pembajakan sehingga enggan migrasi memakai linux dengan alasan akomodasi padahal sebenarnya linux itu sangat gampang dipakai dan hanya faktor kebiasaan saja.

Nah, hal-hal unik ibarat inilah yang biasa saya gunakan untuk mengenalkan sistem operasi berbasis GNU/Linux kepada mitra saya semoga mereka lebih tertarik untuk memakai sistem operasi open source dan migrasi dari OS tetangga.

:
Cara install bash powerline di terminal linux
Cara install dan memakai tmux di ubuntu/linux mint
Mengganti bash dengan zsh sebagai default shell di linux

Karena selain dapat untuk hiburan semoga tidak bosen berkutat dengan console terminal, dengan  adanya jadwal unik yang dapat di install di console terminal ibarat ASCIIquarium ini juga akan menciptakan anggapan bahwa linux itu susah sedikit demi sedikit dapat berkurang sehingga semakin banyak user yang tertarik memakai linux. So, tunggu apalagi sob ? monggo dicoba !


Source references : http://www.tecmint.com/20-funny-commands-of-linux-or-linux-is-fun-in-terminal/

0 Response to "Aquarium Di Terminal Linux Dengan Asciiquarium"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel