Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Ada seorang sobat yang pernah bertanya, gimana sih kalau kita mau upgrade firmware radio ubiquity ? bagi sebagian orang yang memang punya basic di jaringan apalagi punya perjuangan RT/RW Net atau kerja di ISP mungkin sudah tidak abnormal lagi dengan konfigurasi radio ubiquity termasuk cara upgrade firmware radio produk ubiquity, tapi bagaimana kalau kita orang yang gres berguru dan ingin memperdalam ilmu di bidang jaringan internet yang berbasis wireless ?

Kenapa Firmware Radio Harus di Upgrade ?


Apakah upgrade firmware radio ubiquity ini susah ? kemudian untuk apa kita mengupgrade firmware pada perangkat wireless radio ubiquity ? untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut akan aku jawab dengan klarifikasi yang ringkas biar gampang dipahami.

Pertama apakah meng-upgrade firmware pada perangkat radio ubiquity susah ? hening sob .. mengupgrade firmware pada perangkat radio ubiquity ini sangat gampang kok, kemudian kenapa harus di upgrade dan apa pengaruh nya sehabis firmware nya kita upgrade ? wireless radio yang kita pakai baik sebagai access point maupun station client apabila sudah digunakan dalam waktu yang usang biasa nya mengalami penurunan performa yg menjadikan kualitas koneksi nya kurang optimal.

Dengan upgrade firmware ini sedikit banyak nya akan menunjukkan pengaruh yang baik terutama dalam hal performa, selain itu pada versi-versi airOS yg terbaru tentu nya ada patch bug dan perbaikan perbaikan bahkan penambahan fitur yang sangat berguna, sebagai pola pada airOS versi 6.x yang terbaru ketika ini ada penambahan fitur menyerupai gosip penggunaan CPU Load dan Memory Usage di hidangan main.

Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity


Untuk alasan itulah aku posting artikel ini, artikel ini ditujukan untuk sobat yang sedikitnya sudah pernah melaksanakan konfigurasi radio ubiquity atau kalau belum tahu caranya silahkan baca artikel aku sebelumnya perihal cara Konfigurasi Radio Wireless Ubiquiti AirGrid M5HP. Kembali ke topik awal, bagaimana cara upgrade firmware radio ubiquity ? silahkan simak tutorial ini hingga tanggapan yah sobat.

Pertama sobat harus login dulu dengan mengakses ip address default 192.168.1.20 atau dengan ip yang sudah sobat sesuaikan dan kalau sudah masuk klik tab System, di pola ini sobat dapat lihat versi firmware yang di pakai yaitu XM.v5.5.6, perlu di ketahui juga kalau ubiquity mempunyai dua versi yaitu XM dan XW, silahkan download firmware nya di https://www.ubnt.com/download/ dan sesuaikan dengan versi firmware yang ada di radio ubiquity nya.

gimana sih kalau kita mau upgrade firmware radio ubiquity Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Kalau firmware nya sudah sobat download dan tersimpan di komputer tahap selanjutnya masih di tab system kemudian klik tombol Choose File dan arahkan di folder mana sobat menyimpan firmware hasil donwload tadi.

gimana sih kalau kita mau upgrade firmware radio ubiquity Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Klik tombol Upload menyerupai gambar diatas dan akan muncul popup proses update firmware menyerupai gambar dibawah ini, selama proses upgrade ini jangan hingga koneksi PC kita ke perangkat radio terputus atau adaptor power mati alasannya yaitu kalau proses upgrade ini gagal dapat merusak perangkat radio nya.

gimana sih kalau kita mau upgrade firmware radio ubiquity Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Setelah proses upgrade tanggapan sobat dapat check apakah versi firmware nya sudah memakai versi yang gres atau belum.

gimana sih kalau kita mau upgrade firmware radio ubiquity Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity

Sampai tahap ini radio ubiquity sobat sudah berhasi di upgrade ke firmware versi terbaru. Upgrade firmware ini cukup penting selain biar performance perangkat radio kita lebih baik dan juga dengan proses upgrade ke firmware versi terbaru biasanya ada perbaikan bug dan pembaruan fitur.

Oh ya, ketika artikel ini pertama kali aku publikasikan versi airOS terbaru yaitu v5.5.10. Sedangkan airOS terbaru yang sudah ada ketika ini yaitu versi v6.0 yang menyertakan penambahan fitur CPU Load dan Memory Usage pada hidangan main, tentu fitur menyerupai ini sangat mempunyai kegunaan alasannya yaitu dengan indikator penggunaan CPU dan Memory kita akan dapat menyimpulkan sejauh mana performa radio yang kita pakai.

Semoga goresan pena ini dapat bermanfaat, baca juga artikel menarik lain nya ya sob :

Cara menjalankan ubnt discovery pada ubuntu
Cara setting radio ubiquity sebagai mode router
Cara konfigurasi wireless radio ubiquity airgrid m5hp

0 Response to "Cara Upgrade Firmware Radio Ubiquity"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel